Waspada ! Ini Dia 5 Faktor Penyebab Meledaknya Baterai Smartphone

  • 0
Waspada ! Ini Dia 5 Faktor Penyebab Meledaknya Baterai Smartphone

Waspada ! Ini Dia 5 Faktor Penyebab Meledaknya Baterai Smartphone

Sboplaza.com – Belum lama ini ita mendengar adanya prahara terkait meledaknya phablet keluaran terbaru. Hal ini tentu cukup mengherankan walau sebenarnya hal ini bukanlah insiden pertama yang pernah terjadi di dunia vendor smartphone. Namun, sejak insiden meledaknya phablet tersebut mencuat ke ranah publik. Hal ini tentu menimbulkan tanya, apa sebenarnya yang menjadi penyebab meledaknya baterai smartphone? Berikut ini ulasannya

1. Menggunakan baterai yang tidak original

Untuk menghemat anggaran biaya layanan perbaikan smartphone. Tak jarang banyak pemilik smartphone yang memilih untuk menggunakan baterai smartphone yang tidak original. Pasalnya, hal itu ternyata dapat mengundang bahaya yang tidak diinginkan.

Waspada ! Ini Dia 5 Faktor Penyebab Meledaknya Baterai Smartphone

Baterai original tentu berbeda dengan baterai yang tidak original karena baterai yang original memang didesain secara khusus untuk smartphone tersebut. Lain halnya dengan baterai non original yang memiliki ketidakjelasan dalam proses pembuatannya.

2. Menggunakan smartphone dalam kondisi sedang di charge

Dalam kondisi charge, hendaknya smartphone tidak digunakan untuk aktivitas apapun. Meskipun sebenarnya peringatan ini seringkali diabaikan. Faktanya aktivitas ini dapat memicu resiko terjadinya ledakan baterai smartphone. Telah banyak kasus meledaknya smartphone yang dipicu oleh aktivitas menggunakan smartphone saat sedang di charge.

3. Beraktivitas menggunakan smartphone yang ada hingga baterainya habis

Sebenarnya proses charging dimulai saat baterai smartphone menunjukan angka 0 % namun sebenarnya melakukan charging smartphone saat baterai benar – benar habis sangat tidak dianjurkan. Karena hal ini rupanya dapat mengurangi masa pemakaian baterai. Selain itu juga dapat menyebabkan meledaknya baterai smartphone.

Tak hanya itu, menggunakan smartphone hingga permukaannya terasa panas juga menjadi faktor meledaknya baterai smartphone. Tentu Anda tak ingin smartphone Anda meledak bukan? Untuk itu, Anda juga disarankan untuk tidak menjalankan berbagai macam aplikasi smartphone. Pastikan Anda menginstall aplikasi di smartphone Anda secukupnya dan juga sesuaikan dengan spesifikasi smartphone Anda.

4. Melakukan charge dengan charger yang tidak asli atau non-original

Selain tidak diperkenankannya menggunakan baterai yang non-original. Anda juga tidak diperkenankan untuk menggunakan charger yang tidak original. Pasalnya, charger yang tidak original juga memberikan resiko pada meledaknya baterai smartphone.

5. Masa pakai baterai

Ternyata setiap baterai smartphone memiliki masa pemakaiannya tersendiri. Untuk masa pakai baterai smartphone biasanya berkisar antara 2-3 tahun. Tapi hal itu tidak mutlak, karena masa pakai baterai juga disesuaikan dengan aktivitas penggunaan dan spesifikasi yang dimiliki baterai tersebut. Saat usia baterai mulai menurun tentu akan ditandai dengan kondisi yang mudah drop.

Baca : 4 Cara Memperbaiki Memory Card Yang Enggan Membaca Data Di Dalamnya

Kondisi baterai yang telah lama digunakan juga rentan menjadi penyebab kerusakan baterai. Untuk menghindari ledakan yang bisa saja terjadi secara tiba – tiba akibat baterai smartphone yang telah lama digunakan. Alangkah baiknya Anda mengganti baterai smartphone Anda apabila baterai smartphone yang Anda miliki telah kembung atau drop.

Demikianlah 5 faktor penyebab meledaknya baterai smartphone. Semoga ulasan yang kami paparkan untuk Anda dapat memberikan pencerahan sehingga Anda dapat menghindari hal – hal berbahaya yang tidak diinginkan. Dan tetap menjaga keselamatan diri Anda dengan baik.


Leave a Reply