Anda Pebisnis Online? Ini Dia Trend atau Kebiasaan Konsumen Di Bulan Ramadhan

  • 0
Trend atau Kebiasaan Konsumen Di Bulan Ramadhan

Anda Pebisnis Online? Ini Dia Trend atau Kebiasaan Konsumen Di Bulan Ramadhan

Sboplaza.com – Nuansa di bulan Ramadhan memang terbukti memiliki atmosfir tersendiri yang mempengaruhi trend atau kebiasaan konsumen. Terlebih lagi, saat bulan Ramadhan. Terdapat sejumlah aktivitas yang tiba – tiba menjadi kebiasaan. Padahal aktivitas tersebut tidak dilakukan selain di bulan Ramadhan.

Hal ini sebenarnya terjadi karena perubahaan waktu dan jam dari kehidupan seseorang. Seperti tuntutan untuk melakuka aktivitas sahur, mempersiapkan berbagai hal di bulan Ramadhan. Maka tak heran bila daya beli konsumen mengalami peningkatan dibandingkan hari – hari biasanya.

Dengan adanya tren konsumen ini, hendaknya Anda selaku pebisnis dapat memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya. Berikut ini ulasan mengenai trend atau kebiasaan konsumen di bulan Ramadhan.

1. Mengincar tiket mudik via online

Tiket mudik menjadi salah satu kebutuhan yang banyak diincar masyarakat. Karena tentunya aktivitas mudik atau pulang ke kampong halaman telah menjadi suatu tradisi yang berkembang di Indonesia. Bahkan, tak jarang masyarakat yang telah melakukan pembelian tiket mudik 3 bulan sebelum datangnya bulan Ramadhan.

2. Banyak orang yang melakukan transaksi online saat sahur

Khususnya bagi Anda para pebisnis online, Anda perlu mengetahui bahwa saat sahur adalah waktu yang efektif untuk melakukan promosi. Karena pada waktu ini, banyak orang yang melakukan transaksi online. Dan puncak daripada peningkatan transaksi online terjadi pada jam 4 pagi. Lain halnya diluar bulan Ramadhan, yang biasanya masyarakat banya melakukan transaksi online pada siang atau sore hari.

Trend atau Kebiasaan Konsumen Di Bulan Ramadhan

3. Melakukan aktivitas zakat dan sedekah via online

Berkat kecanggihan teknologi yang kini berkembang pesat. Banyak orang yang mendapatkan kemudahan untuk melakukan aktivitas sedekah dan zakat secara online. Selain itu, di bulan Ramadhan ini juga marak sekali marketplace yang menawarkan kemudahan untuk bersedekah sambil berbelanja online.

4. Belanja menggunakan voucher diskon

Voucher diskon berupa kupon online memang terjamin mampu menarik minat konsumen untuk berbelanja online. Buktinya, pencarian kupon online di mesin pencari mengalami peningkatan luar biasa. Menurut Flipit Indonesia, kenaikan tersebut mencapai angka 35% hingga 242% saat menghadapi lebaran.

5. Banyak konsumen berburu fashion hijab

Bulan Ramadhan memang identik dengan nuansa religi. Maka dari itu, banyak orang yang berbondong – bondong mengincar produk fashion muslim dan muslimah. MMaka dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa konsumen memburu perlengkapan fashion muslim dan muslimah seperti baju koko, peci, hijab, gamis, mukena dsb.

Baca juga : 5 Langkah Jitu Mempromosikan Suatu Produk di Bulan Ramadhan

Demikianlah trend atau kebiasaan konsumen di bulan Ramadhan. Semoga informasi yang kami paparkan ini dapat memberikan manfaat terbaik untuk Anda. Sehingga Anda dapat memanfaatkan peluang terbaik Anda sebagai pebisnis online untuk meningkatkan penjualan produk Anda.


Leave a Reply