Tips Menghadapi Pelanggan Yang Komplain

  • 0

Tips Menghadapi Pelanggan Yang Komplain

Sboplaza.com Komplain dari pelanggan merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap bisnis. Yang terpenting adalah kesungguhan anda dalam menangani komplain tersebut dan memastikan bahwa komplain tersebut tidak akan terjadi lagi.

Untuk menghadapi ketidakpuasan dari pelanggan, sebagai pelaku bisnis anda harus mempunyai kemampuan dalam menghadapi komplain pelanggan yaitu sebagai berikut.

1. Dengarkan Keluhan Pelanggan Dengan Baik

Dengarkan semua keluhan pelanggan anda, beri mereka waktu untuk mengutarakannya hingga selesai. Jangan pernah menyerang balik pelanggan anda. Karena situasinya disini adalah pelanggan anda memiliki permasalahan dan merasa kecewa. Berikan tanggapan yang baik kepada pelanggan anda agar dia tahu bahwa permasalahannya didengar.

2. Ajukan Pertanyaan Dengan Sopan

Untuk mendapatkan informasi lebih banyak dari pelanggan anda, anda harus mengajukan pertanyaan agar anda mengetahui apa keluhan pelanggan anda. Karena dengan bertanya akan lebih mudah untuk menemukan solusinya.

3. Tempatkan Diri Anda Berada Diposisi Mereka

Sebagai pelaku bisnis, tujuan anda ialah menyelesaikan masalah, tanpa berdebat. Sebagai pelanggan mereka ingin anda dapat ikut merasakan permasalahan mereka dan menunjukkan rasa empati anda dengan situasinya.

4. Memohon Maaf Dan Berjanji Tidak Akan Mengulanginya Lagi

Saat anda memohon maaf dengan sungguh-sungguh, biasanya ini akan lebih menetralkan situasi. Jangan menyalahkan pihak lain. Yang perlu anda lakukan hanya meminta maaf, tunjukkan bahwa anda benar-benar menyesal atas ketidakpuasan yang mereka alami.

Baca Juga : 6 Cara Sukses Memulai Bisnis Dari Nol


Leave a Reply