Tips Mengatasi Karyawan Yang Malas Bekerja

  • 0

Tips Mengatasi Karyawan Yang Malas Bekerja

Sboplaza.com Kemalasan bisa terjadi karena karyawan sedang memiliki masalah pribadi dengan keluarga, sedang mengalami gangguan kesehatan, tidak memiliki kemampuan untuk bekerja, beban kerja yang bukan merupakan tanggung jawabnya, konflik di kantor, minimnya fasilitas kerja, dan kekecewaan terhadap perusahaan.

Anda tentu tidak akan membiarkan karyawan yang malas karena akan menjadi pengaruh yang buruk bagi karyawan lainnya dan juga menurunkan kinerja perusahaan. Anda berhak menindak tegas, tapi sebelum itu cari tahu terlebih dahulu penyebab karyawan menjadi malas.

1. Sering Mengontrol Ruang Kerja Karyawan

Ada karyawan yang suka bermalas-malasan karena merasa tidak diawasi. Apalagi jika Anda dan karyawan tidak berada di satu ruangan yang sama, karyawan yang malas akan pura-pura sibuk bekerja hanya pada saat Anda melewati ruang kerjanya.

Untuk itu, Anda perlu mengawasi karyawan. Sempatkan waktu untuk mengunjungi ruang kerja karyawan dan bahkan menghampiri meja karyawan satu per satu. Ini bukan berarti Anda tidak percaya pada karyawan, tapi ini bisa menjadi tanda bahwa Anda mengamati cara kerja karyawan di kantor.

2. Menegur Secara Langsung

Jika Anda menemukan karyawan yang sering tidak fokus dan bersemangat, Anda bisa langsung menegurnya. Ajak karyawan tersebut bicara di ruangan Anda agar Anda tahu penyebab kemalasannya dan memberikan teguran serta solusi padanya.

3. Memberikan Sanksi Sesuai Peraturan

Jika Anda sudah menegur karyawan berulang kali, tapi karyawan tersebut tidak menunjukkan perubahan, maka Anda berhak menindak tegas karyawan sesuai dengan peraturan perusahaan.

Sanksi itu harus berlaku di tengah perusahaan agar karyawan bisa bekerja secara profesional dan tidak mengabaikan kewajibannya. Jangan biarkan karyawan malas tidak mendapatkan sanksi, karena tidak akan membuatnya berubah.

5. Menciptakan Rasa Kekeluargaan Di Kantor

Rasa kekeluargaan dapat membuat suasana di lingkungan kerja menjadi lebih nyaman. Kedekatan karyawan antara satu sama lain akan membuat setiap karyawan merasa senang berada di kantor.

Komunikasi juga akan terjalin lebih baik, sehingga tim kerja bisa lebih kompak. Kemalasan pun bisa dikurangi karena setiap karyawan mau saling mendukung dan berkembang bersama-sama.

6. Menyediakan Fasilitas Yang Memadai

Karyawan bisa menjadi malas bekerja karena perusahaan tidak menyediakan fasilitas yang memadai. Seperti koneksi internet yang lambat, komputer yang sudah lemot, dan ruangan di kantor yang panas.

Dengan banyaknya tanggung jawab yang ada, karyawan butuh fasilitas yang baik. Untuk itu, sediakan berbagai kebutuhan yang dapat menunjang pekerjaan demi terciptanya kenyamanan karyawan dalam bekerja.

 

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Rumahan


Leave a Reply