Tips Menentukan Target Market Yang Tepat

  • 0

Tips Menentukan Target Market Yang Tepat

Sboplaza.com Seorang wirausaha harus dapat memahami kebutuhan pelanggannya. Ketika Anda memulai bisnis baru, Anda harus mencari tahu siapa yang akan menjadi target market Anda. Semakin Anda memahami kebutuhan mereka, maka semakin cepat bisnis Anda akan berkembang.

Berikut ini ada 4 tips yang perlu Anda ketahui untuk membantu Anda dalam menentukan target market dengan tepat, yaitu sebagai berikut.

1. Siapa Yang Akan Membeli Produk Anda?

 

Apa saja produk yang Anda tawarkan kepada pelanggan? Untuk mencari tahu kebutuhan pelanggan, Anda harus tahu produk apa saja yang saat ini sedang trend atau keinginan apa yang mereka butuhkan. Karena ini akan menentukan target market usaha Anda.

Anda juga harus memikirkan apakah ada orang yang mau membeli produk Anda dan adakah orang yang mau membayar untuk itu? Jika ada, siapa orangnya. Jika tidak ada, Anda harus menerima keadaan tersebut karena mungkin ide bisnis Anda belum dapat diterima untuk saat ini.

2. Jangan Berasumsi Sendiri

 

Mungkin Anda merasa telah mengenal kebutuhan calon pelanggan Anda. Tetapi sebaiknya jangan menentukan target market Anda berdasarkan asumsi pribadi saja. Apa yang Anda pikirkan belum tentu sama dengan pemikiran mereka. Sebaiknya Anda bertanya langsung kepada pelanggan agar Anda dapat benar-benar memahami kebutuhan mereka.

3. Tanyakan Pada Orang Sekitar

 

Anda bisa menanyakan pendapat orang-orang di sekitar Anda yang sudah Anda kenal. Minta saran dan kritik mereka tentang produk dan layanan Anda. Mereka bisa berkata jujur tentang bisnis Anda untuk menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan target market Anda. Hal ini tidak memerlukan biaya karena Anda bisa melakukannya sendiri dengan cara menemui mereka.

4. Uji Coba Pemasaran

 

Sebelum Anda meluncurkan bisnis Anda secara resmi, sebaiknya Anda melakukan uji coba pemasaran. Caranya dengan menawarkan produk Anda kepada pelanggan. Anda akan melihat siapa saja orang yang tertarik dan orang yang tidak tertarik dengan bisnis Anda. Ini akan membuka wawasan Anda untuk mengevaluasi target market dan harga jual produk Anda.

 

Baca Juga : Cara Sukses Mengajak Kerjasama Dalam Usaha


Leave a Reply