Tips Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Bagi Pemula

  • 0

Tips Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Bagi Pemula

Sboplaza.com – Seringkali tantangan terberat dalam merintis bisnis justru adalah memulainya. Ada situasi dimana seseorang memiliki beragam ide bisnis yang cemerlang dan menjanjikan.

Namun sayangnya, ide tersebut hanya terkubur dalam ingatan tanpa diwujudkan menjadi yang nyata. Padahal, ide yang tak pernah diwujudkan hanya akan menjadi angan – angan belaka.

Tapi, disisi lain ada juga yang ingin mewujudkan impian bisnisnya, namun sayangnya terkendala modal usaha. Apalagi bila yang diinginkan adalah bisnis di bidang property. Telah banyak yang mengira bahwa bisnis di bidang property adalah bisnis dengan modal yang luar biasa besarnya.

Padahal bisnis property dapat dijalankan dengan modal minimal atau bahkan tanpa modal sama sekali apabila Anda tahu bagaimana cara memulainya. Berikut ini tips memulai bisnis properti tanpa modal bagi pemula khususnya.

1. Biasakan untuk selalu mengupdate informasi iklan properti

Sebagai permulaan, Anda dapat menjadi perantara transaksi jual – beli properti. Untuk itu, pastikan Anda selalu up-to-date terhadap informasi iklan properti terkini. Anda dapat menawarkan diri Anda untuk menjadi perantara jual beli properti pada para pemilik properti.

Dengan begitu, akan terjadi hubungan bisnis yang saling menguntungkan antara Anda dengan pemilik properti. Anda akan mendapatkan penghasilan, sedangkan pemilik properti akan mendapatkan pembeli serta properti yang dimilikinya dapat terjual dengan baik.

2. Memulai bisnis dari lingkungan terdekat

Anda dapat menjalankan bisnis properti dari lingkungan terdekat Anda. Mulai dari kerabat, sahabat, tetangga, keluarga dan sebagainya. Sehingga Anda dapat menambah pengalaman Anda dalam berbisnis properti. Karena pastinya akan lebih mudah menjadi perantara properti bagi orang – orang terdekat Anda. Pasalnya, mereka telah lebih dulu mengenal Anda sebelumnya.

3. Membangun jaringan yang lebih luas

Jaringan bisnis yang luas tentu akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk menjalankan bisnis properti. Sebenarnya tidak hanya bisnis properti saja, bila Anda menjalankan bisnis apapun juga tentunya membutuhkan jaringan pertemanan yang luas.

4. Memastikan agar segala sesuatunya memiliki bukti hitam diatas putih

Dalam berbisnis, khususnya bisnis di bidang properti. Tentu dibutuhkan kejelasan bagi masing – masing pihak yang terlibat didalamnya. Agar tidak terjadi kendala dalam berbisnis, sangat disarankan agar segala sesuatunya tertulis dengan jelas di atas kertas memakai materai. Hal ini tentu membantu agar bisnis menjadi lebih transparan dan terhindar dari hal buruk yang tak diinginkan.

5. Berdayakan sosial media

Di zaman yang canggih saat ini, rasanya akan kurang apabila menjalankan bisnis tanpa memberdayakan sosial media. Pasalnya, semua bisnis kini dapat go online. Bahkan bisnis yang sepertinya tidak mungkin juga kini dapat go online.

Baca : Cara Sukses Berbisnis Di Bidang Kuliner Khas Daerah

Contohnya adalah bisnis transportasi gojek. Rasanya tak pernah terfikirkan bahwa kita dapat memasan gojek secara online. Tapi hal itu akhirnya benar – benar terwujud. Maka dari itu, tak ada salahnya bila Anda juga mulai membawa bisnis Anda ke ranah dunia maya dengan memanfaatkan sosial media.

Demikian tips memulai bisnis property tanpa modal bagi pemula. Semoga ulasan ini dapat memberikan pencerahan dan pemahaman untuk Anda khususnya yang kini hendak menggeluti bisnis di bidang properti. Bidang bisnis yang cukup menjanjikan dan memberikan keuntungan yang cukup besar.


Leave a Reply