Tips Memulai Bisnis Kuliner

  • 0

Tips Memulai Bisnis Kuliner

Sboplaza.com – Tips Memulai Bisnis Kuliner

Seperti kita ketahui kuliner adalah salah satu hal yang paling disukai dan paling banyak peminatnya. Setiap ada acara mau itu acara keluarga, arisan, reunian atau acara pengajian sekalipun pasti tak luput dari yang namanya hidangan makanan.

 
Saya selalu berfikir kalau seorang chef itu tidak akan pernah kehilangan pekerjaannya selama manusia ada di muka bumi ini. Kenapa tidak, karena setiap manusia butuh makan. Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis dibidang ini merupakan bisnis jangka panjang di banding dengan bisnis lainnya.

Tidak semua bisnis kuliner bisa bertahan jika dilihat dari competitor dan persaingannya saat ini. Hal ini tergantung pada sistem operasi bisnis dan cara menjalankan bisnisnya. Hanya orang-orang yang bekerja keras yang akan bertahan dan hanya orang-orang yang berinovasi yang akan terus maju.

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam menggeluti bisnis kuliner ini terutama untuk pemula.

1. Target Market
Sebelum memulai membuka bisnis, lakukanlah perencanaan target market terlebih dahulu.
Kenapa harus target market diawal? Agar kita punya tujuan kemana makanan kita akan dipasarkan, kepada siapa saja makanan ini akan dijual.

Contoh: Jika target market kita anak kampus dan anak sekolahan maka buatlah menu makanan yang harganya terjangkau dan pas untuk kantong anak sekolahan, Bisa membuat menu sederhana tapi disajikan dengan temapt yang nyaman untuk dipakai nongkrong atau mengerjakan tugas.

2. Lokasi
Bagi pebisnis online mungkin hal ini tidak begitu diperlukan tapi bagi pebisnis offline lokasi amat sangat penting, setelah membuat perencanaan carilah lokasi yang strategis, lokasi yang ramai dikunjungi dan lokasi yang mudah ditemukan bagi pendatang baru.

3. Cita Rasa
Banyak pesaing diluar sana menjual menu sama tetapi ada yang ramai pengunjung dan tidak. Hal ini bisa disebabkan dari cita rasa yang berberda. Buatlah makanan dengan cita rasa yang ngangenin tidak hanya enak. Semua orang bisa membuat makanan yang enak hehe

4. Kalkulasi Harga Bahan
Kalkulasi harga bahan perlu dilakukan untuk menentukan harga jual dan juga perlu dilakukan dengan teliti untuk menghindari kerugian kedepannya.

5. Keahlian
Menjalani binsis kuliner diperlukan keahlian, bertujuan untuk menciptakan inovasi baru dalam makanan sehingga bisa menyajikan makanan yang beda dari yang lainya dan juga keahlian ini untuk melatih karyawan agar menghasilkan hidangan makanan dengan cita rasa yang sama.

 

Baca: Manajemen Stok Untuk Optimalisasi Omset.

 
6. Sosial Media
Manfaatkan social media yang dimiliki untuk melakukan promosi, iklan dan mendatangkan customer serta untuk membuat orang-orang aware kita mempunya bisnis kuliner.
 

Inilah tips sederhana bagi pemula yang ingin membuka bisnis kuliner, semoga bermanfaat ^_^


Leave a Reply