Tips Membuat Merek Untuk Bisnis Online Anda

  • 0

Tips Membuat Merek Untuk Bisnis Online Anda

Tips Membuat  Merek Untuk Bisnis Online Anda–  Merek adalah hal yang paling penting jika Anda ingin membuat sebuah produk dengan berbasis bisnis online. Merek ini yang akan menjadikan produk Anda mudah diingat oleh konsumen, dan juga menjadikan produk Anda dikenal banyak orang. Dalam membuat sebuah merek ini, Anda memerlukan waktu yang tidak sebentar. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari nama yang bagus hingga bebas hak paten. Jadi, Kumpulkan terlebih dahulu ide – ide yang ada, kemudian tulis daftar nama merek tersebut. Lakukan analisa secara mendalam untuk memilih nama merek terbaik yang cocok untuk bisnis online Anda.  Agar Anda berhasil membuat merek yang pas dihati, berikut akan dijelaskan beberapa tips  membuat sebuah merek untuk bisnis online Anda.

 

Sesuai dengan produk yang ditawarkan

Dalam membuat sebuah merek ini tentunya merek harus sesuai dengan produk yang akan kita jual. berikut ini ada referensi yang mungkin bisa Anda pelajari saat akan memilih sebuah merek.

Nama Deskriptif :  Yaitu nama merek yang menjelaskan produk atau jasa yang di jual. Contohnya : Burger King  nama merek tersebut langsung dengan mudah dimengerti oleh konsumen tentang produk yang di jual.

Nama Akronim – Yaitu membuat nama merek  dengan singkatan dari nama perusahaan. Sebagai contoh :  LG (lucky Goldstar Korean Corp)

Nama merek yang  kreatif – Anda bisa saja membuat nama merek yang tidak ada hubungan dengan produk atau jasa yang di jual, tetapi harus melewati pemikiran yang dalam terlebih dahulu. contohnya :  Acer yang berarti tajam dan tepat sasaran dalam bahasa latin.

 

Nama merek yang mudah diingat

Membuat nama merek harus memikirkan tentang kemudahan nama tersebut untuk diingat oleh konsumen. Karena dengan nama yang mudah diingat membuat produk Anda selalu menjadi pilihan saat konsumen mencari produk yang berkaitan.

Untuk memilih nama brand yang mudah diingat bisa Anda lakukan dengan cara mencari kata – kata simple atau Anda bisa mencari perkataan yang lazim diucapkan oleh masyarakat. Anda bisa saja menciptakan nama merek  baru yang berisi perkataan yang belum pernah ada, dengan catatan tetap harus memperhatikan kemudahan untuk diingat dan mewakili produk yang Anda jual yaa.

 

Buat nama merek yang singkat 

Agar merek Anda mudah diingat oleh konsumen, biuatlah merek yang tidak terlalu panjang. Maksimal 3 suku kata, sebagai contoh merek-merek terkenal seperti Canon, Nikon, Google, Apple, Samsung,  mereka hanya menggunakan 2 suku kata saja. Selain nama merek yang singkat, buatlah nama merek yang mudah diucapakan ya, agar konsumen tidak merasa kesulitan saat mengucapakan nama merek produk Anda.

 

Memiliki keunikan 

Agar merek produk Anda memiliki image tersendiri, sebaiknya buatlah nama merek yang unik dan berbeda dari   yang lain. Atau anda bisa membuat nama merek yang lebih menonjol dari kompetitor Anda. Nama merek yang berbeda dan unik akan membuat konsumen merasa penasaran dengan produk yang Anda jual.

Baca : Manfaatkan Instagram Stories Dan Instagram Live Untuk Mengiklankan Produk Anda

 

Cek nama merek Anda di search engine

Untuk menghindari nama merek yang sama dengan produk yang dijual oleh yang lain, Anda bisa search nama merek Anda melalui search engine di google, jika sudah ada nama merek yang sama, mau tidak mau Anda harus menggantinya. Maka, sebelum memilih nama merek coba list terlebih dahulu dan lakukan riset di google agar terhindar dari nama merek yang sama.


Leave a Reply