Tips Memaksimalkan Asisten Google

  • 0

Tips Memaksimalkan Asisten Google

Sboplaza.com – Sejak Kemunculannya, Google Assistant atau Asisten Google semakin canggih.

Layaknya Asisten pribadi, Asisten Google bisa membantu mencarikan informasi seperti Waktu penerbangan, reservasi restoran, jadwal rapat, menerjemahkan kalimat, membaca berita, memutar musik atau video, dan masih banyak lagi.

Namun belum semua pengguna memaksimalkan fitur ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa memaksimalkan dari Asisten Google.  seperti dipaparkan Vice President of Product Google Assistant Manuel Bronstein.

Mengoperasikan Aplikasi Mobile 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan Asisten Google untuk membantu aplikasi yang kita gunakan setiap harinya. Misalnya Integrasi dengan Google Maps.

Dengan Integrasi ini, Pengemudi mendapatkan petunjuk arah dengan mengetik atau bicara Misalnya ‘Arahkan ke Mona’. Maka Asisten Google akan mengoperasikan Maps untuk mencari arah menuju ke tempat tersebut.

Mengakses informasi

Dengan begitu banyak aplikasi dan situs yang ada, terkadang kita kesulitan untuk memilih yang mana.

Nah, Asisten Google ini akan membantu mengkurasi informasi tersebut atas perintah kita. Misalnya ketika akan memasak pepes ayam, kita bisa bertanya pada asisten Google “resep pepes ayam”, atau pertanyaan lain seperti “kandungan kalori pada buah jambu?” dan lain-lain.

Gunakan Asisten Google lewat ‘Messages’

Cukup sentuh dan tahan tombol Home dengan aplikasi ‘Messages’ , Asisten Google akan muncul untuk membantu.

Dalam beberapa bulan kedepan, Asisten Google menyempurnakan fungsi ini untuk pengguna berbahasa Indonesia.

Aplikasi ‘Messages’ akan memberikan saran sehingga kita bisa mendapatkan berbagai informasi dari Asisten Google tentang restoran, film, dan cuaca.

Kita bisa mulai dengan bicara atau mengetik pada Asisten Google misalnya, “cari restoran pizza terdekat disini” atau ” Cafe terdekat sekitar sini”.

Menggunakan Suara

Dalam beberapa bahasa yang berbeda, atau pesan teks sederhana, sulit bagi kita untuk mengetiknya. Beberapa kondisi juga tidak memungkinkan menggunakan ponsel, contoh saat sedang berkendara.

Nah, Asisten Google bisa menolong lewat perintah suara. Dia bisa membantu menerjemahkan ucapan kedalam teks dengan cara yang terdengar alami.

Baca artikel sebelumnya : Tren Dark Mode di WhatsApp, Apa Sih Manfaatnya ?

Asisten Google juga bisa membuatkan jadwal rapat hingga mengingatkan kita untuk melakukan pekerjaan rutin di rumah. Misalnya, kita bisa bilang ‘ada agenda apa hari ini’ atau ‘ingatkan untuk buang sampah satu jam lagi’.

Kalau kamu belum menggunakan Asisten Google di ponsel, sekarang bisa mulai dicoba untuk memanfatkannya.

Selamat Mencoba 🙂

 

 


Leave a Reply