Tips Jitu Memilih Kemasan Makanan yang Aman Digunakan

  • 0
Tips Memilih Kemasan Produk

Tips Jitu Memilih Kemasan Makanan yang Aman Digunakan

Sboplaza.com – Dalam berbisnis, kemasan produk tentu menjadi salah satu daya tarik bagi konsumen. Karena bagaimanapun juga, kemasan produk akan menentukan apakah produk tersebut layak bagi konsumen atau sebaliknya.

Melihat dari ukuran layak sendiri, sebenarnya kelayakan tidak selalu berbicara tentang seberapa unik kah kemasan tersebut. Lebih dari itu, kemasan yang layak hendaknya harus mampu memberikan jaminan kesehatan pada konsumen. Maka dari itu, berikut ini kriteria kemasan yang aman dan menjamin kesehatan konsumen yang perlu Anda terapkan.

1. Upayakan untuk menghindari kemasan berbahan logam

Sebenarnya, penggunaan logam dalam kemasan makanan dapat memberikan pengaruh buruk untuk kesehatan. Terlebih lagi, logam dengan kualitas rendah dapat dengan mudah berkarat dan mengelupas. Dan hal ini tentu tidak baik untuk konsumen.

Faktanya, beberapa jenis makanan memiliki jangka waktu kadaluarsa yang cukup lama sehingga apabila bisnis Anda bergerak di bidang kuliner. Pastikan Anda memiliki alternatif kemasan lain yang dapat Anda gunakan.

Tips Memilih Kemasan Produk

2. Pastikan kemasan kedap udara

Syarat terpenting untuk kemasan makanan adalah apakah kemasan tersebut kedap udara atau sebaliknya. Karena dengan kemasan yang kedap udara, tentu makanan yang berada dalam kemasan tersebut akan bertahan lebih lama. Selain itu, kemasan yang kedap udara juga membantu makanan yang ada di dalamnya agar tetap terjaga dari udara yang mengandung banyak bakteri, virus dan berbagai partikel jahat lainnya.

3. Berhenti menggunakan bahan Styrofoam

Kemasan makanan menggunakan bahan Styrofoam tentu masih sering ditemui. Padahal kemasan yang satu ini ternyata tidak baik digunakan karena dapat mengancam kesehatan. Meskipun bahan ini relative memiliki harga terjangkau dan tahan terhadap panas.

Nyatanya, bahan ini memiliki kandungan material kimia yang tidak baik untuk kesehatan. Meskipun kita melapisi bagian Styrofoam dengan sesuatu diatasnya. Namun, tidak mustahil bahwa partikel kimia di dalam Styrofoam ikut menyatu dengan makanan yang Anda santap.

4. Kedap air

Alasan mengapa kemasan yang baik harus tahan terhadap air adalah karena beberapa jenis makanan akan lebih mudah basi bahkan kualitasnya menurun apabila terkena air. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih atau membuat kemasan yang tahan terhadap air.

Baca juga : Alasan Mengejutkan Mengapa Produk yang Anda tawarkan Tidak Memikat Hati Konsumen

Demikianlah ulasan mengenai kriteria kemasan yang aman dan menjamin kesehatan konsumen yang perlu Anda terapkan. Semoga ulasan lengkap yang kami berikan untuk Anda dapat memberikan manfaat nyata khususnya untuk kemajuan dan perkembangan bisnis Anda yang lebih baik.


Leave a Reply