Tips Jitu Membeli Barang Di Instagram Tanpa Perlu Khawatir Kena Tipu

  • 0

Tips Jitu Membeli Barang Di Instagram Tanpa Perlu Khawatir Kena Tipu

Sboplaza.com – Keberadaan sosial media bernama instagram saat ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk berbagi keseharian di dalam foto. Lebih dari itu, instagram kini juga dapat dimanfaatkan untuk berbisnis dan menjual produk yang dimiliki. Sehingga tak heran bila pada akhirnya banyak orang yang memutuskan untuk berbelanja online di Instagram.

Biasanya konsumen mencari penjual dengan cara mengetikkan kata kunci barang atau dapat juga mengetikkannya dalam bentuk hashtag. Akan tetapi, berbelanja di instagram sebenarnya memiliki kekurangan. Seperti tidak adanya system add to chart atau keranjang belanja. Hal ini sudah terlihat jelas, mengingat bahwa instagram adalah sosial media bukanlah marketplace.

Akan tetapi Instagram hanya dimanfaatkan untuk keperluan promosi semata. Untuk transaksi jual belinya sendiri, biasanya konsumen langsung menghubungi nomor kontak penjual yang tertera di bio instagram. Selain itu, tingkat keamanan berbelanja online di instagram seringkali dinilai kurang aman. Pasalnya, akun instagram sangat mudah untuk dibuat. Terlebih lagi, siapapun dapat membuatnya tanpa perlu khawatir dipungut biaya.

Namun, perlu dipahami bahwa aktivitas belanja baik online maupun offline bisa saja tidak aman. Akan tetapi, ada tips jitu membeli barang di instagram tanpa perlu khawatir kena tipu.

1. Lihat bio penjual tersebut

Lihat apakah terdapat alamat dari penjual online shop tersebut. Selain itu, lihat apakah nomor kontak yang tertera hanya Pin blackberry messenger ( BBM ) saja. Karena PIN BBM lebih mudah diubah dan diperbaharui tanpa perlu khawatir diketahui identitasnya.

2. Perhatikan followers dan following nya

Anda perlu waspada apabila akun instagram tersebut memiliki followers yang sedikit sedangkan memiliki following yang banyak. Bahkan perbandingan tersebut terlihat sangat kontras. Selain itu, lihat juga followers dari akun instagram tersebut.

Apakah akun instagram itu memiliki followers yang isinya terdiri dari bule yang terlihat tidak aktif menggunakan instagramnya atau bahkan terdiri dari pengguna akun instagram yang belum menggunakan profile picture. Bila ternyata followers instagramnya terdiri dari akun instagram bule yang tidak aktif atau bahkan akun instagram yang tidak memiliki profile picture. Maka Anda perlu waspada.

3. Menerapkan harga yang terlalu murah dan tidak masuk akal

Akun IG yang suka menipu biasanya memberikan harga yang tidak masuk akal karena terlalu murah. Selain itu, ia juga memberikan begitu banyak bonus yang sifatnya untuk menjaring konsumen agar tergoda akan jeratannya.

4. Tidak ingin bila diajak COD

Menggunakan beragam alasan, pemilik akun IG palsu biasanya enggan menerima ajakan COD. Alasannya karena selain tidak memiliki barang yang dijualnya, ia juga memiliki kekhawatiran dikenali identitasnya. Bila Anda mendapati hal ini, Anda dapat mencari toko online yang lain.

Baca : Lakukan 4 Uji Coba Berikut Ini Untuk Menarik Perhatian Pengguna Instagram

Demikianlah tips jitu membeli barang di instagram tanpa perlu khawatir kena tipu. Sebenarnya banyak sekali indikator yang dapat digunakan untuk mengenali akun instagram penipu. Untuk meningkatkan kewaspadaan, Anda juga dapat melakukan pencarian nama instagram tersebut di google. Untu mengetahui track record online shop tersebut.


Leave a Reply