Tips Cara Menyusun Daftar Pekerjaan Dengan Mudah

  • 0

Tips Cara Menyusun Daftar Pekerjaan Dengan Mudah

Sboplaza.com – Demi memaksimalkan pekerjaan Anda, tentunya sangat penting untuk menjabarkannya dalam sebuah daftar. Dengan begitu, pekerjaan Anda menjadi lebih tertata serta meminimalisir hal yang mungkin bisa saja Anda lewatkan bila tidak dijabarkan secara terperinci.

Selain itu, memaparkan pekerjaan dalam bentuk daftar akan memberikan kemudahan dalam melakukan pekerjaan. Berikut ini cara memaparkan pekerjaan Anda dalam bentuk daftar secara efektif.

1. Selalu memaparkan pekerjaan pada hari sebelumnya

Pastikan Anda membuat daftar pekerjaan pada hari sebelumnya. Ini mencegah Anda untuk melakukannya secara mendadak yang berakibat dari banyaknya daftar pekerjaan yang terlewatkan. Anda bisa membuatnya di malam hari atau bahkan pada waktu yang tepat dan nyaman untuk Anda membuatnya. Tepatnya setelah semua aktivitas Anda telah selesai dilakukan.

2. Tulis semua intinya dengan bahasa yang jelas

Saat Anda menyusun daftar pekerjaan, pastikan Anda mencatat intinya dengan baik dan menggunakan bahasa yang jelas. Tidak perlu menggunakan bahasa yang bertele-tele.

Karena yang terpenting adalah menggunakan bahasa yang mudah Anda pahami. Hal ini juga penting agar Anda memiliki target pencapaian yang jelas. Bila Anda menuliskan daftar yang panjang, Anda justru akan merasa malas atau bahkan merasa keberatan untuk menyelesaikannya.

3. Pastikan Anda menuliskan pertimbangan waktu dalam daftar pekerjaan Anda

Dalam upaya penyusunan daftar pekerjaan, Anda perlu membuat pertimbangan waktu yang matang. Jangan sampai pertimbangan waktu tersebut malah menyulitkan Anda. Lakukan pekerjaan Anda sesuai dengan pertimbangan waktu yang tepat. Terapkan deadline atau batas waktu yang tepat.

4. Buatlah daftar terpisah antara tanggung jawab tim dan tanggung jawab Anda

Tidak semua pekerjaan harus Anda kerjakan seluruhnya. Ada pekerjaan yang merupakan tanggung jawab tim yang Anda miliki. Jangan lupa untuk mengkomunikasi tanggung jawab yang harus dilakukan oleh tim.

Dengan membuat pemetaan terhadap tanggung jawab kerja, hal ini akan membantu pekerjaan menjadi lebih efektif karena dikerjakan oleh ahlinya sesuai kapasitasnya masing – masing.

5. Perhatikan pekerjaan jangka panjang maupun pekerjaan jangka pendek

Selain memisahkan antara tanggung jawab pribadi dan tim. Anda juga perlu membuat daftar mengenai pekerjaan yang akan dilakukan dalam jangka panjang maupun pekerjaan untuk jangka pendek. Dengan begitu, apabila semuanya telah terpaparkan dengan jelas.

Baca : Tips Cara Melakukan Komunikasi Dengan Karyawan Pertama Yang Anda Rekrut

Setiap Anda menyelesaikan pekerjaan jangka pendek Anda. Anda dapat langsung melakukan pekerjaan jangka panjang Anda. Meskipun pekerjaan jangka panjang tersebut Anda kerjakan sedikit demi sedikit. Namun, hal itu mampu membuat Anda terbebas dari beban pekerjaan yang menumpuk.


Leave a Reply