Terungkap! Cara Emoji Mempengaruhi Peningkatan Promosi Konten Sosial Media

  • 0
Terungkap! Cara Emoji Mempengaruhi Peningkatan Promosi Konten Sosial Media

Terungkap! Cara Emoji Mempengaruhi Peningkatan Promosi Konten Sosial Media

Sboplaza.com – Bagi masyarakat modern, tentu menggunakan media sosial bukan lagi menjadi sesuatu yang aneh untuk dilakukan. Hampir setiap hari, mayoritas dari masyarakat memanfaatkan media sosial untuk beragam jenis keperluan seperti mengupdate keseharian, mendapatkan informasi terbaru bahkan chatting bersama rekan maupun teman.

Dan bagi khususnya Anda yang gemar berinteraksi di sosial media. Tentu Anda tak asing lagi dengan istilah emoji yang menjadi bagian dari sosial media itu sendiri. Ya, emoji sendiri seringkali digunakan untuk mengekspresikan ekspresi dari pengguna sosial media itu sendiri. Bahkan, seringkali emoji sudah lebih cukup untuk mengekpresikan perasaan tanpa harus menambahkan sepatah kalimat apapun.

Nampaknya, penggunaan emoji ini juga dapat berpengaruh terhadap efektivitas pemakaian sosial media dalam aktivitas marketing. Terbukti, menurut pakar internet marketing yakni Larry Kim menyebutkan bahwa emoji dapat memberikan kekuatan dan mempengaruhi emosi pembaca itu sendiri.

Ternyata konten sosial media yang menggunakan emoji terungkap memiliki peningkatan engagement hingga 25,4% di banding konten sosial media yang tidak menambahkan emoji. Maka dari itu, penggunaan emoji pada sosial media tentu tak bisa diremehkan. Berikut ini 3 cara yang baik untuk menggunakan emoji dalam strategi marketing di sosial media.

  1. Menggunakan emoji untuk memaparkan sebuah topic

Penggunaan emoji tentu dapat memaparkan topik yang hendak dibahas. Misalnya, bila Anda hendak memaparkan konten topik mengenai makanan. Anda dapat menyematkan emoji makanan agar pembaca lebih memahami konten yang Anda paparkan. Atau bila Anda hendak memaparkan konten bertemakan fotografi.

Anda dapat menambahkan emoji kamera dsb. Bahkan emoji ini dapat memaparkan topik menjadi lebih praktis ketimbang Anda harus merangkai kalimat. Namun, perlu diketahui bahwa kehadiran emoji ini hanya bersifat pendukun pada konten sosial media yang hendak Anda bagikan.

Terungkap! Cara Emoji Mempengaruhi Peningkatan Promosi Konten Sosial Media

  1. Memanfaatkan emoji untuk memberikan tanggapan

Saat Anda ingin memberikan respon berupa tanggapan terhadap suatu konten sosial media. Umumnya, sosial media seringkali memberikan fasilitas like atau favorite. Tapi ternyata, untuk memaparkan ketertarikan terhadap suatu hal di sosial media. Anda juga dapat memanfaatkan emoji untuk memberikan tanggapan. Misalnya saja, apabila Anda membagikan konten humor di sosial media, Anda dapat membubuhkan emoji tertawa pada bagian caption untuk menjelaskan bahwa konten tersebut dapat membuat siapapun tertawa.

  1. Mempersingkat status di sosial media

Faktanya, konten yang Anda bagikan di sosial media dapat mempengaruhi keterikatan Anda dengan konsumen Anda tersebut. Untuk itu, upayakan untuk tidak memberikan konten sosial media yang tidak berpotensi menarik minat konsumen Anda.

Terkadang, penggunaan kata – kata sering terasa monoton dan lebih kaku saat menuliskan status di sosial media. Agar lebih berinovasi, Anda dapat berinovasi dengan rangkaian emoji yang ada di sosial media Anda. Contohnya, bila Anda hendak membuat status dengan kalimat bertuliskan waktu adalah uang.

Baca : 4 Contoh Strategi Promosi Efektif yang Sukses Bikin Konsumen Penasaran

Maka, Anda dapat mempersingkatnya dengan menggunakan emoji jam diikuti dengan simbol (=) lalu emoji bergambar tumpukkan uang atau dollar. Bermodalkan kreatifitas seperti itu, tentu Anda dapat mempersingkat status Anda menjadi lebih singkat namun tetap menarik.

Demikian 3 cara yang baik untuk menggunakan emoji dalam strategi marketing di sosial media. Semoga ulasan artikel yang kami paparkan untuk Anda dapat memberikan manfaat nyata serta pencerahan bagi strategi marketing Anda di sosial media.


Leave a Reply