Tantangan Yang Perlu Dihadapi Para Pemilik E-commerce Di Indonesia

  • 0

Tantangan Yang Perlu Dihadapi Para Pemilik E-commerce Di Indonesia

Sboplaza.com – Saat ini bisnis e-commerce mengalami perkembangan yang terbilang cukup pesat. Rasanya menjadi trend kekinian untuk berbelanja via online. Terlebih lagi, potensi pasar di Indonesia juga cukup menggiurkan dengan kepadatan penduduk yang begitu banyak disertai sikap masyarakat Indonesia yang senang berbelanja.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa terdapat tantangan sekaligus hambatan yang perlu dihadapi oleh para pemilik e-commerce yang menargetkan target pasarnya di Indonesia. Berikut ini tantangan yang perlu dihadapi oleh para pemilik e-commerce di Indonesia.

1. Koneksi internet yang terbilang kurang cepat atau lambat

Koneksi internet di Indonesia ternyata sangat lambat bila harus dibandingkan dengan Negara di belahan bumi lainnya. Tak hanya lambat, biaya untuk memanfaatkan koneksi internet sendiri terbilang cukup mahal. Padahal koneksi internet menjadi hal penting yang diperlukan karena akan mempengaruhi perkembangan dunia e-commerce di Indonesia.

Selain diperlukannya upaya untuk mengatasi koneksi internet yang lambat, dibutuhkan pula pemerataan internet di berbagai kawasan yang belum terjamah jaringan internet. Dengan memperbaiki kedua hal itu, dapat dipastikan bahwa perkembangan e-commerce di Indonesia akan mengalami percepatan yang luar biasa.

2. Metode pembayaran bukan cash

Metode pembayaran seringkali menjadi alasan mengapa banyak orang yang memutuskan untuk berbelanja di toko tersebut ataupun sebaliknya. Untuk itu, konsumen kerap kali diwajibkan untuk memiliki rekening bank, internet banking, mobile banking maupun kartu kredit.

Hambatannya justru hadir dari realitas masyarakat Indonesia yang belum memanfaatkan fasilitas bank. Maka dari itu, ke depannya e-commerce dapat menerapkan metode pembayaran yang mampu menjamah seluruh lapisan masyarakat Indonesia agar dapat berbelanja online dengan mudah.

3. Tantangan jasa ekspedisi atau pengiriman barang

Tantangan lain yang perlu dihadapi para pemilik e-commerce diantaranya adalah permasalahan terkait jasa pengiriman. Selama ini seringkali terdengar permasalahan yang terjadi di dalam dunia bisnis e-commerce karena faktor jasa ekspedisi. Untuk itu, diperlukan standarisasi untuk masalah pengiriman barang.

Dalam hal ini, konsumen seringkali mengeluh akan kerugian yang dialami seperti keterlambatan pengiriman, terjadi kerusakan pada barang yang dikirim hingga barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang diminta.

Demikianlah tantangan yang perlu dihadapi oleh para pemilik e-commerce di Indonesia. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat serta pencerahan bagi khsusunya para pebisnis online di Indonesia.

Baca : Inilah Gaya Bahasa Tubuh Pemimpin Berkharisma Yang Mempesona

Bahwa sejatinya diperlukan solusi serta penanganan yang baik untuk menghadapi tantangan – tantangan tersebut. Dan tentu semua ini juga membutuhkan peran pemerintah agar dapat terealisasi solusi penyelesaian yang baik untuk mengatasi hambatan – hambatan yang telah dipaparkan pada point – point diatas.


Leave a Reply