Kita Bisa Loh Ngalahin Kompetitor Besar

  • 0

Kita Bisa Loh Ngalahin Kompetitor Besar

Sboplaza.com – Kita Bisa Loh Ngalahin Kompetitor Besar

Edisi ke 3 dari rangkaian #Pelajari5Kompetitor yang bersumber dari bukunya Coach Fahmi halaman 284. Hari ini point ke 3: Kompetitor Terbesar.

Kompetitor yang memiliki size bisnis sangat besar dan sangat luas penguasaan wilayah marketnya. Bisa belajar dari para pesaing bisnis yang bisa tumbuh dan membesarkan size-nya dan menjangkau wilayah yang sangat luas. Amati gerak pesaing terbesar bisnis Anda.

Coba kita cari di sekitar bisnis kita sekitar 2-5 kompetitor terbesar, siapa saja mereka, apa yang mereka lakukan, seluas apa pengaruhnya, seperti apa tanggapan konsumen yang menggunakan produk/jasa mereka. Bagaimana sejauh ini mereka mengambangkan produk barang/jasa mereka, bagaimana mereka mampu mengendalikan orang-orang yang berhubungan dengan bisnis mereka termasuk bagaimana mereka mengendalikan para supplier mereka. Bagaimana proses bisa dilakukan dengan cepat dan biaya yang lebih hemat. Bagaimana hubungan mereka dengan para partner dan seterusnya.

Okey Mak, sekarang PR kita berikutnya adalah temukan kompetitor. Kompetitor itu harus dalam Target Market yang sama ya Mak. Untuk saat ini cukup dalam batasan itu yang kita riset. Nanti kalo kita sudah naik kelas baru boleh riset seluruh kelas pasar.

– Cari 2-5 Kompetitor Besar.
– Seluas apa pengaruhnya.
– Pelajari tanggapan konsumen mereka terhadap jasa/produknya.
– Temukan kekuatan dan kelemahan.
– Apa keunggulan tiap kompetitor dibanding pesaing lain.
– Perkembangan produk mereka.
– Bisnis lain yang berkaitan dengan mereka termasuk supplier. Bagaimana sistem kerjasamanya dll.
– Proses produksi hingga proses pemasaran.
– Sistem pembayaran, platform yang digunakan dll.
– Pelayanan purna jual.
– dll

Tidaaaaaak banyak banget ini PR nya wakakakaaa…
Makanya Mak, kalo jualan online gampang baper cuma karena di PHP in konsumen, artinya bisnis kita masih mental recehan. Yuk ah semangat NAIK KELAS. Orang besar pasti ujiannya juga besar. Jadi… kalo menghadapi ujian kecil, kalem aja…

 

Baca: Ternyata Kita Kalah Saing Karena Ini (Bagian ke-2)

 

Saya doain Mak naik kelas bisnisnya, bertumbuh dan bertambah teruuuussss…. aamiin..

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”


  • 0

Jurus Ampuh Mengalahkan Kompetitor Bisnis dengan 9T

Sboplaza.com – Tanpa sadar kalimat itu terlontar saat rumpi dengan Mba Enden Nina dan Mba Maria Ulfah Fathimah di rumahku, eh rumah mertua deng hehhehee… Maklum belom punya rumah sendiri, masih numpang. Target 5 bulan lagi rumah mungilku jadi Mak, bismillah… bantuin doa ya teman-teman.

Kembali ke hasil rumpi Mak. Disadari atau tidak, kompetitor itu lahir setiap hari. Gak cuma satu, puluhan, mungkin ratusan. Kalo kita BAPER karena ada orang yang ngikutin bikin/jualin produk yang sama dengan kita, maka dijamin, tiap hari nangis di pojokan Mak ahahhahaa…

CAPEK Maaaaak, habis energi kita untuk BAPERin kompetitor. Kita pikirin atau enggak, kompetitor tetap akan lahir dan bertumbuhkan. Jadi buat apa buang waktumu yang sangat berharga itu?

TUGAS kita adalah:

1. Terus belajar

Tidak perlu semua hal dipelajari Mak. KIta fokus mempelajari ILMU yang bisa mendekatkan kita untuk mewujudkan IMPIAN. Fokus..fokus..fokus.. belajar..praktek..belajar..praktek..

2. Terus berinovasi

Dan ternyata inovasi itu bukan hanya di urusan PRODUK Mak. Setelah ikut workshopnya Pak Indrawan Nugroho tentang Rise Above The Crowd, disana saya terbuka wawasannya.

Ternyata ada 10 tipe inovasi dalam bisnis. Doain ya semoga saya bisa kupas nanti 1-1. Saya bocorin dulu pointnya: Profit Model, Network, Structure, Process, Product Performance, Product System, Service, Channel, Brand, Customer Engagement.

3. Terus evaluasi

Dikritik itu bikin nyesek dada ya Mak. Tapi sesungguhnya dari kritik dan pendapat orang lain, kita bisa terus memperbaiki diri dan bertumbuh. Evaluasi dari berbagai bidang dan dilakukan secara berkala. Jangan duduk manis di zona nyaman. Jangan ngerasa udah paling hebat, paling laku, paling bagus. Tanpa disadari..kompetitor nyalip 1.000 langkah Mak!

4. Terus bangun tim

Alhamdulillah kemarin baru gese-geser lagi tim di SBO dan RAZHA. Tim itu dinamis, harus terus bertumbuh dan bertambah. Dari segi jumlah dan kemampuan. Untuk mendapatkan hasil yang berbeda (lebih banyak dan lebih baik) tentunya tidak bisa jika kita tidak tumbuhkan kemampuan dan kapasitas tim ya Mak.

5. Terus besarkan mimpi

Jika diawal mimpinya hanya untuk perut sendiri. Sekarang harus tobat hahahaaa… Ternyata Allah ciptakan kita dimuka bumi pasti ada Misi yang harus kita tuntaskan sebelum kita mati Mak. Tentunya Misi tersebut adalah untuk kesejahteraan ummat.

Namun tiap orang ada bidang yang berbeda. Apakah di bidang kesehatan, kelestarian lingkungan, pendidikan, agama, perdamaian dll. Nah kita sebagai Emak-Emak yang suka jualan.

Kita bisa memilih satu diantara bidang tersebut yang kita sokong melalui DONASI yang kita ambil dari hasil penjualan di bisnis kita Mak. Kalo memang gak mampu pergi ke hutan untuk nanam pohon, kita bisa salurkan dana ke tim relawan untuk pelaksanaannya.

6. Terus perbaiki sistem

Terkadang yang bikin kusut di bisnis itu bukan soal barang gak laku. Produk bagus, penjualan banyak tapi lama-lama kenapa makin banyak kekacauan. Salah kirim, terlambat, tidak terdeteksi orderan siapa, uang ditilep karyawan, karyawan saling iri kerjaan, barang hilang dll.

Nah disini tugas kita sebagai pemimpin untuk membuat sistem yang mampu dijalankan dengan baik dan benar. Sehingga bisa bikin kita tidur nyenyak ahahhahaa… puyeng Mak tidur sambil mikirin kerjaan :p

7. Terus tambah jaringan

Dalam Islam kan diajarkan silaturahim ya, banyak sekali manfaatnya. Ikut komunitas, banyak diskusi, sering mendengar, namun hindari debat gak jelas wakkakakaa..

8. Terus putar modal + profit

Kedewasaan seseorang dinilai dari seberapa mampu dia MENUNDA KESENANGAN. Makin besar penghasilan, makin besar pengeluaran aahhahaaa.. gw banget ini :p bismillah 2017 saya mau tobat. Makanya lagi benahi pencatatan keuangan niih Mak.. doain ya Mak saya bisa istiqomah 😉

9. Terus tingkatkan pelayanan

Saya rela bayar lebih mahal tapi pelayannya senyum, Dibanding toko sebelah yang ngasih harga murah tapi jutek wakakkaka.. Katanya karayawan/tim itu gambaran dari pemimpinnya. Nah kita ajak jutek ke karyawan, gimana mereka bisa ramah ke konsumen ya Mak? heheheee.. Secara berkesinambungan kita terus perbaiki diri dan tularkan ke karyawan.

Kompetitor jual lebih murah, gimana donk?

Biarin aja, liat deh nanti dia bisa bertahan hidup ga? ahahhaa… Dengan profit yang kecil, dijamin mereka ga bisa survive karena ga cukup memiliki dana untuk memperbesar tim, ikut pelatihan, biaya iklan, biaya branding, bonus untuk mitra, penyusutan perangkat kerja, dll.

Baca : Cara Mendapatkan Pertolongan Allah

Bisnis itu bukan hanya soal PRODUK & HARGA. Jauh lebih rumit, pusing deh hihihihiiii… Kalo ga siap pusing, jangan bisnis, dirumah aja main sama anak-anak. Jalan-jalan cantik pake bajunya Demeunaf by Dewi Sri jangan lupa mampir ke salon heheheee

Semangat berjuang Emak Setrooong, aku selalu ada untukmu #eeeaaaa
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”