Riset Produk dan Market Online

  • 0

Riset Produk dan Market Online

Sboplaza.com – Riset Produk dan Market Online

Banyak yang mau memulai bisnis tetapi masih ragu, masih bingung apa ya, gimana ya, mau jualan apa ya, produk apa nih bagusnya. Bisa melakukan reset terlebih dahulu agar bisa mendapatkan gambaran tentang bagaimana tanggapan atau respon dari orang-orang. Riset produk pun bisa dibilang bagian terpenting.

Salah satu cara meriset produk yang laris bisa dilakukan di Facebook? Kenapa Facebook? Karena setiap pemilik toko online memasang iklan melalui Facebook. Lihat dan telusuri bagaimana hasil iklannya, produknya seperti apa atau mungkin bisa mendapatkan info tentang supplier produk tersebut.

Bisa memanfaatkan fitur Facebook Graph Search. Graph Search merupakan fitur pencarian Facebook. Posisinya berada di ujung kiri atas. Bisa cari menggunakan hastag.

Lalu apa tujuan dari riset market atau pasar online untuk olshop kita? Tujuan dari riset pasar online yaitu untuk mengetahui apakah produk yang nanti akan kita jual akan laku dan ada peminatnya di internet? Lalu kalau ada berapa banyak yang akan mencari produk kita? Intinya riset pasar itu bertujuan untuk mengetahui seberapa potensinya keuntungan yang kita dapat dari produk tersebut.

Kenapa harus melakukan riset? Agar bisa meminimalisir kerugian dan juga memaksimalkan keuntungan. Hehe bingung ya Mak?

Ini ada beberapa cara untuk meriset pasar online:

1. Riset Keyword

Riset keyword atau kata kunci bisa dilakukan dimana saja mau itu google, facebook atau instagram. Gunakanlah kata kunci yang umum digunakan untuk hal ini. Karena sistem mereka itu mencatat semua ketikan atau pencarian-pencarian mau apapun itu so pasti ketika kita mencari sudah muncul beberapa pilihan untuk Mak telusuri.

2. Riset Trend

Mak bisa riset produk yang sedang trend atau popular, Riset ini paling cocok untuk Mak yang masih bingun atau gak tahu harus jualan apa.

Baca: Cara Menggali Keinginan dan Kebutuhan Konsumen

3. Riset Competitor

Riset ini untuk mengetahui tingak persaingan bisnis di dunia maya. Hal ini penting bagi tolak ukur daya saing yang akan terjadi dan cara mengatasinya.

Ketiga point diatas bisa Mak praktekan terlebih dahulu, semoga berhasil dan bermanfaat ^_^

 


Leave a Reply