Ria Agustin Sutrisno, Pebisnis Tangguh Pemilik Brand Lonara Yang Mengawali Bisnisnya Karena Rasa Kecewa

  • 0

Ria Agustin Sutrisno, Pebisnis Tangguh Pemilik Brand Lonara Yang Mengawali Bisnisnya Karena Rasa Kecewa

Sboplaza.com – Ria Agustin Sutrisno, seorang ibu rumah tangga yang menggeluti bisnis online di bidang penjualan sepatu dengan brand Lonara. Sebelum memulai bisnisnya sebagai supplier sepatu berkualitas, Ria Agustin Sutrisno pernah membuka toko yang menjual aneka produk fashion yang disuplai dari Surabaya.

Seiring berjalannya waktu, Ria Agustin Sutrisno dihadapkan dengan suatu keputusan yang mengharuskannya untuk pindah ke kota lain. Mengingat sang suami berprofesi sebagai seorang tentara yang dipindahkan tugasnya ke Jawa Timur.

Akhirnya Ria Agustin Sutrisno memutuskan untuk mempercayakan bisnisnya pada temannya untuk dikelola. Saat itu Ria Agustin Sutrisno harus meninggalkan kota Makassar dan kembali ke Mojokerto dengan resiko meninggalkan beberapa toko di pasar yang belum melunasi pembayaran kepadanya. Namun, Ria Agustin Sutrisno mencoba ikhlas.

Selama 2 tahun di Mojokerto, Ria Agustin Sutrisno memutuskan untuk tidak melakukan bisnis terlebih dahulu. Hingga suatu ketika, Ria Agustin Sutrisno membeli sepasang sepatu via online.

Saat itu sepatu yang dibeli Ria Agustin Sutrisno dibandrol dengan harga 160 ribu. Setelah sepatu sampai di tujuan, Ria Agustin Sutrisno merasa kecewa karena sepatu yang diterimanya tidak seperti yang dibayangkannya. Padahal didaerahnya, sepatu sejenis bisa dibandrol dengan harga kurang dari 50 ribu.

Semenjak kejadian itu, Ria Agustin Sutrisno mulai berfikir untuk memanfaatkan keahlian terpendamnya. Ayah dari Ria Agustin Sutrisno adalah seorang pengrajin sepatu di era tahun 70 – 80 an. Akan tetapi, Ria Agustin Sutrisno tak ingin dirumitkan dengan pemasaran dan penjualan. Hingga diputuskanlah bahwa Ria Agustin Sutrisno akan berjualan secara online.

Ria Agustin Sutrisno mulai mencari berbagai jenis model sepatu yang sesuai. Selain itu, Ria Agustin Sutrisno juga mulai belanja bahan untuk kebutuhan pembuatan sepatu. Dimulai dari 1 kodi alas sepatu, Ria Agustin Sutrisno mencoba peruntungan bisnisnya di bidang pembuatan sepatu. Namun, yang terjadi sepatu yang berhasil dibuat hanya 12pcs sisanya termasuk ke dalam reject.

Ria Agustin Sutrisno benar – benar memulai bisnisnya dari nol. Ria Agustin Sutrisno hanya asal memposting produk jualannya di akun facebook pribadinya. Saat itu, Ria Agustin Sutrisno belum mengenal instagram, google plus, line dan berbagai media jualan lainnya. Tak hanya itu, Ria Agustin Sutrisno mencoba mengundang banyak pertemanan dan mengirimi pesan satu per satu.

Terkadang, suami dari Ria Agustin Sutrisno membantunya berjualan. Bagi Ria Agustin Sutrisno, dukungan dari suami adalah motivasi yang luar biasa bagi dirinya. Setelah mengirimi pesan serta mempromosikan produknya via inbox di facebook ke ratusan orang. Ria Agustin Sutrisno mendapati kenyataan bahwa tak satupun yang berakhir dengan closing.

Tak ingin menyerah, Ria Agustin Sutrisno pun mengikuti kelas di Sekolah Bisnis Online ( SBO ) yang didirikan Muri Handayani. Awalnya, Ria Agustin Sutrisno mengetahui Sekolah Bisnis Online ( SBO ) saat salah satu temannya di facebook membagikan postingan mengenai sosok Muri Handayani. Karena penasaran, Ria Agustin Sutrisno pun akhirnya mencari tahu sosok Muri Handayani tersebut.

Setelah mengetahui sosok Muri Handayani, Ria Agustin Sutrisno pun memutuskan untuk mengikuti kelas utama di Sekolah Bisnis Online ( SBO ) Selanjutnya, Ria Agustin Sutrisno mengikuti kelas offline Muri Handayani yang saat itu tengah diadakan di Surabaya. Itulah yang pada akhirnya menjadi jalan pertemuan tatap muka secara langsung antara Muri Handayani dan Ria Agustin Sutrisno.

Sebagai alumni Sekolah Bisnis Online (SBO), Ria Agustin Sutrisno mendapatkan banyak pengalaman berharga selama menjalankan bisnis online. Ia menyadari bahwa meyakinkan pelanggan bukanlah hal yang mudah. Ria Agustin Sutrisno pernah dikomplain karena barang sampai dalam wkatu yang lama padahal hal itu murni karena pihak ekspedisinya.

Selain itu, pernah juga mendapat complain barang yang rusak. Tak hanya itu, produk Ria Agustin Sutrisno juga pernah dijiplak bahkan pernah juga dipakai replika foto sandal namun bukan merk lonara. Dan dibandrol dengan harga 100 ribu dapat 3.

Baca : Dian Hapsari, Rela Resign Dari Perusahaan BUMN Demi Menjalankan Bisnis Online

Namun, Ria Agustin Sutrisno bersyukur memiliki banyak teman di dunia online yang baik dan solid. Selain itu, Ria Agustin Sutrisno juga bersyukur karena Sekolah Bisnis Online ( SBO ) telah memberikan banyak pencerahan bagi bisnis onlinenya. Berawal dari 20pcs dengan modal 1,5 jt kini Lonara berhasil terjual lebih dari 500 pcs setiap bulannya.

Berawal dari kerja sendirian, packing sendiri, kirim sendiri. Kini Ria Agustin Sutrisno telah dibantu oleh 2 karyawan packing, 1 admin dan pengrajin serta penjahit 6 orang. Kemudian Ria Agustin Sutrisno juga telah memiliki agen sebanyak 25 orang. Sungguh luar biasa!


Leave a Reply