Ratna Rafaya, Produsen Kemasan Tile Dengan Brand Rafaya Yang Sukses Menjalankan Bisnisnya

  • 0
Ratna Rafaya, Produsen Kemasan Tile Dengan Brand Rafaya Yang Sukses Menjalankan Bisnisnya

Ratna Rafaya, Produsen Kemasan Tile Dengan Brand Rafaya Yang Sukses Menjalankan Bisnisnya

Sboplaza.com – Perjalanan bisnis Ratna Rafaya diawali pada tahun 2007. Kala itu Ratna Rafaya mulai menggeluti berbagai jenis usaha mulai dari usaha warung makan, pulsa elektrik, repacking snack hingga kerajinan tangan. Akan tetapi sukses yang digelutinya tersebut belum menuntunnya ke jalan kesuksesan.

Lalu pada tahun 2014, Ratna Rafaya kembali menggeluti usaha kerajinan tangan lagi. Kali ini Ratna Rafaya tidak hanya melayani pesanan yang bersifat Pre-Order ( PO ) tapi juga memproduksi kerajinan tangan massal untuk dititipkan di toko dan warung.

Untuk menitipkan produknya ke toko dan warung, Ratna Rafaya mempercayakannya pada sales keliling yang telah dipercayainya. Namun sayangnya, tiba – tiba saja sales keliling tersebut menghilang dan sulit untuk dihubungi. Hingga akhirnya Ratna Rafaya tersadar bahwa dirinya baru saja tertipu.

Ratna Rafaya menyadari bahwa ia terlalu percaya pada orang yang melamar pekerjaan tanpa berusaha melakukan investigasi terlebih dahulu. Dari pengalaman tersebut, Ratna Rafaya berhenti melakukan aktivitas produksi dalam jumlah banyak dan hanya melayani konsumen dengan sistem Pre-Order ( PO )

Ratna Rafaya, Produsen Kemasan Tile Dengan Brand Rafaya Yang Sukses Menjalankan Bisnisnya

Seiring berjalannya waktu, jumlah pengrajin semakin banyak. Hal itu menimbulkan kegalauan di hati Ratna Rafaya apakah ia akan bertahan di dunia craft atau sebaliknya. Di tengah kegamangan yang melanda, seorang teman meminta Ratna Rafaya untuk membuatkan kemasan dari tile untuk keperluan souvenir. Akhirnya Ratna Rafaya memproduksi kemasan tersebut.

Secara tak terduga, Ratna Rafaya mulai memikirkan betapa meningkatnya jumlah pengrajin, namun sedikit orang yang memproduksi kemasannya. Dari sana Ratna Rafaya melihat peluang dan akhirnya mengambil peluang itu dengan memproduksi tile untuk keperluan kemasan.

Selain memproduksi kemasan dalam bentuk tile, Ratna Rafaya juga memproduksi jilbab. Akan tetapi usaha jilbabnya tidak dijual secara online melainkan disuplai ke sekolah – sekolah setiap tahun ajaran baru. Menyadari bahwa ilmu bisnis onlinenya masih terbatas, Ratna Rafaya pun akhirnya mengikuti program di Sekolah Bisnis Online ( SBO ).

Semenjak mengikuti Sekolah Bisnis Online ( SBO ), Ratna Rafaya mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat untuk diterapkan pada bisnisnya. Ia juga beruntung mendapatkan kesempatan untuk dapat berjejaring, mengenal banyak orang – orang hebat dan belajar memanfaatkan sosial media sebagai media untuk berbisnis.

Baca juga : Lika – Liku Perjalanan Bisnis Desaulia Hanandita yang Mempertemukannya Dengan Sekolah Bisnis Online ( SBO ) Muri Handayani

Selama ini Ratna Rafaya memanfaatkan Instagram sebagai media promosi kemasan tile yang ia produksi. Ratna Rafaya dengan seksama mempelajari seluk beluk Instagram dan menerapkan ilmu yang didapatnya dari Sekolah Bisnis Online ( SBO ). Sangat bersyukur bahwa bisnisnya mengalami peningkatan dari segi pendapatan.

Tak hanya berbisnis di bidang tile saja, Ratna Rafaya juga menjadi distributor fashion brand Inaraya. Bahkan Ratna Rafaya juga turun langsung memberikan arahan pada reseller yang bergabung. Menyadari bahwa bisnis itu bersifat dinamis, membuat Ratna Rafaya tak ingin berhenti untuk selalu mengupgrade ilmu yang dimilikinya karena bisnis yang dijalankan tanpa ilmu tak akan pernah mengalami kemajuan.


Leave a Reply