Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Online.

  • 0

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Online.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Online.

Bisnis Online di Indonesia semakin meningkat dan peminatnya pun ikut meningkat. Belanja Online itu sangat praktis bila dibandingkan dengan belanja langsung ke toko. Kenapa? Karna kita gak perlu ribet macet-macetan dijalan lah, desek-desekan lah terus biayanya pun jadi dua kali.

Iya dua kali lipat. Coba bayangkan kita mau membeli baju di Mall atau di tanah abang misalkan.
Harga Baju kisaran 150.000 belum ditambah ongkos dari rumah ke toko sampai balik lagi kerumah.

Kalau bawa kendaraan sendiri kadang suka malas terjebak kemacetan penggunaan Ojek Online menjadi pilihan meski macet-macet pun kita tinggal duduk santai. Belum lagi sudah cape memilih-milih baju perut keroncongan dan akhirnya harus jajan beli makanan.. Alhasil tekor deh dompet hihihi

 

Inilah alasannya kenapa belanja online semakin meningkat peminatnya di Indonesia. Nah pasti sebagian dari pebisnis offline mulai berfikiran untuk membuka usaha online bahkan orang awampun sekarang banyak yang mulai terjun untuk buka usaha online.

Tapi perlu kalian tahu berjualan online itu susah-susah gampang 😀 Bisa perhatikan hal ini sebelum memulai bisnis online.

1. Target Market
Tantukan Target Market yang jelas sebelum Mak memutuskan untuk produk yang akan dijual. Tujuannya agar jelas kemana dan kepada siapa produk tersebut akan di promosikan atau dijualkan.

2. Promosi
Langkah awal bagi pemula bisnis online harus sering-sering melakukan promosi. Agar orang-orang mengenai dan mengetahui apa yang kita jual dan siapa kita. Tapi jangan terlalu hardselling dalam promosi karena bisa bikin orang-orang yang belum tahu usaha kita akan rishi diiklani terus.

3. Kejelasan Produk
Maksud dari kelesanan produk adalah jangan apalugada (Apa yang lo mau gue ada) hehe karena hal ini kurang begitu jelas dan membuat konsumen bingung “sebenernya nih olshop jual apa sih”

 

Baca: Tips Mengelola Inbox Fanpage.

 

4. Freelance Marketer
Sebagai pemula tentu penghasilan atau omset belum besar tetapi merekrut freelance marketer yang lebih faham dalam segi digital marketing itu lebih baik. Tapi kan bisnis saya belum besar terus ngegajinya gimana?

Freelance itu tidak seperti karyawan tetap Mak, bisa kita panggil ketika kita butuhkan jadi biaya tidak terlalu besar. Tujuannya untuk meningkatkan penjualan.

5. Ramah
Ini yang paling penting dari semua point-point diatas. Percuma kita sudah promise, rekrut marketer, promosi sana sini tetapi pelayanan kurang baik. Pembeli pun akan merasa tidak nyaman dan membuat mereka tidak jadi belanja di olshop kita.

Jangan sampai hal ini terjadi ya Mak apalagi ada yang cuman Tanya-tanya tapi gak jadi beli, baper. Ada yang hit and run, ngedumel. Ada yang PHP udah booking banyak tapi tiba-tiba menghilang, kesel.

Senyumin aja Mak, gak usah dibaperi hal-hal seperti itu karna jika memang rejeki kita meraka semua akan kembali. Ketika hati dan pikiran lebih positif pasti akan membawa hal positif juga pada bisnis kita.

Coba Mak pelajari semua point-point diatas InshaAllah bisnis Online Mak akan selesaaat dengan omset tinggi.

Semoga Bermanfaat ^_^


Leave a Reply