Bahaya! Ini Dia 6 Jenis Modus Penipuan Di Internet yang Wajib Diwaspadai

  • 0
modus kejahatan penipuan di internet

Bahaya! Ini Dia 6 Jenis Modus Penipuan Di Internet yang Wajib Diwaspadai

Sboplaza.com – Dalam setiap harinya, pengguna internet di berbagai daerah di belahan dunia terus bertambah. Hal ini terjadi karena internet menawarkan kemudahan untuk melakukan berbagai macam aktivitas penting.

Seperti saat melakukan transaksi jual beli secara online maupun berkomunikasi dengan teman juga kerabat. Terlebih lagi, peningkatan jumlah pengguna internet tentunya menjadi peluang emas bagi setiap orang yang ingin mendulang penghasilan melalui internet. Maka tak heran bila saat ini begitu banyak pelaku bisnis online yang menawarkan produk maupun jasa nya secara online.

Akan tetapi, seiring maraknya bisnis online saat ini. Tak jarang, banyak pula oknum tak bertanggungjawab untuk meraup keuntungan dengan cara yang tidak baik. Yakni dengan melakukan penipuan. Dan saat ini, modus kejahatan pun sifatnya sangat beragam. Berikut ini ragam jenis modus penipuan di internet.

1. Malware

Jenis penipuan yang satu ini dikenal dengan istilah malware. Yaitu dengan memanfaatkan suatu program komputer tertentu untuk menemukan kelemahan dari suatu perangkat lunak. Kemudian malware ini akan membobol sistem operasi mapun perangkat lunak yang diincarnya. Biasanya malware ini berupa adware, virus, hijacker, Trojan, worm, horse dsb.

2. Carding

Modus penipuan yang satu ini dilakukan dengan cara melakukan transaksi menggunakan nomor maupun identitas orang lain yang didapat secara illegal. Contohnya dengan memanfaatkan identitas kartu kredit seseorang. Kemudian membelanjakannya, sehingga nanti yang akan mendapatkan dampak tagihannya adalah si pemilik kartu kredit tersebut.

modus kejahatan penipuan di internet

3. Spamming

Modus kejahatan yang satu ini adalah dengan mengirimkan iklan maupun berita ke surat elektronik yang tidak diinginkan konsumen. Dan isi dari email ini berisi segala jenis penipuan undian berhadiah maupun curahan hati seseorang yang mengaku membutuhkan ahli waris atau membutuhkan seorang netters agar dapat mencairkan uang mereka.

4. Cracking

Tindak kejahatan ini memang tidak memiliki perbedaan yang jauh dengan hacking. Hanya saja penipuan yang satu ini dijalankan dengan motif untuk mendapatkan informasi simpanan data para nasabah maupun pusat demi keuntungan pribadi.

5. Phising

Kejahatan yang satu ini dilakukan dengan cara mengumpan para pengguna internet untuk memasukkan informasi penting beserta kata sandinya. Kebanyakan sasaran empuk dari penipuan dengan modus phising adalah para pengguna internet banking. Karena setelah mendapatkan kata sandi dan username pengguna internet banking, pelaku dapat memanfaatkannya untuk berbelanja sepuasnya menggunkan rekening milik korban.

6. Defacing

Biasanya modus ini dilakukan dengan cara menyalin halaman situs milik orang lain. Sehingga orang lain yang tidak mengetahuinya, tanpa sengaja bisa saja login dan memasukkan data – data pribadinya. Setelah korban memasukkan data – data pribadinya, pelaku dapat menjual data penting tersebut pada seseorang yang sangat membutuhkannya atau juga dapat melakukan pencurian dengan menggunakan data tersebut.

Baca juga : 4 Tantangan yang Perlu Diwaspadai Saat Menjalankan Bisnis Online

Demikianlah jenis – jenis kejahatan di internet. Semoga artikel yang kami sampaikan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi Anda yang ingin terhindar dari bahaya kejahatan internet yang kian hari perlu diwaspadai.


Leave a Reply