Menggali Pelajaran Kehidupan yang Berharga Dari Utisah, Pemilik Brand Rifara Kids yang Sukses

  • 0
Utisah Pemilik Brand Rifara Kids

Menggali Pelajaran Kehidupan yang Berharga Dari Utisah, Pemilik Brand Rifara Kids yang Sukses

Sboplaza.com – Utisah, seorang ibu rumah tangga dari tiga orang anak yang kini menggeluti bisnis jilbab dengan brand Rifara Kids. Di tahun 2007, mencoba berbisnis dengan menjual barang dagangan teman sambil membuat kerajinan dari flannel. Namun, dikarenakan produk yang tidak terfokus. Di tahun 2012, Utisah memutuskan untuk fokus berjualan jilbab topping.

Dikarenakan minim ilmu tentang berbisnis, jilbab yang dipesan Utisah ke penjahit tidak sesuai harapan. Padahal, ia telah memaparkan keinginannya dengan sangat jelas pada penjahit. Mulai dari bahan hingga model jilbab tersebut. Akan tetapi, semua jilbab yang diproduksi mengalami kegagalan. Padahal, saat itu jilbab yang diproduksi mencapai 500 pcs.

Mengetahui hal tersebut, Utisah sempat merasa down. Namun, dikarenakan rasa penasarannya untuk berbisnis jilbab belum terpecahkan. Akhirnya Utisah kembali mencoba memproduksi jilbab lagi. Dan lagi – lagi, kegiatan produksi jilbab yang dipercayakannya pada penjahit mengalami 6 kali kegagalan. Padahal, untuk mencari penjahit yang mampu menyanggupi produksi jilbabnya. Utisah harus rela berjelajah keluar kota.

Utisah Pemilik Brand Rifara Kids

Utisah ( Kanan )

Utisah merenungi penyebab yang menjadi kegagalannya dalam memproduksi jilbab. Hingga akhirnya ia menyadari bahwa minimnya ilmu menjadi salah satu alasan mengapa kegagalan memproduksi jilbab selalu menghampirinya. Dan Utisah kembali memutuskan untuk mengikuti seminar bisnis. Setelah mendapat ilmu berbisnis, Utisah mencoba untuk mempraktekannya. Alhasil, Utisah dapat meminimalisir kegagalan dalam produksi jilbabnya. Setidaknya tidak mengenaskan seperti sebelumnya.

Sepak terjang bisnisnya tentu tidak berhenti sampai disini, Utisah kembali menawarkan jilbab ke beberapa temannya dengan sistem keagenan. Dan distributor pertama Utisah adalah seorang reseller yang juga berjualan di Gasibu, Bandung. Selain itu, 4 orang temannya menerima tawarannya untuk menjadi agen.

Hal itu tentu membuat Utisah merasa senang, hingga akhirnya ia langsung mempersiapkan semuanya dengan membeli 8 roll bahan kerudung yang akan dipercayakannya pada penjahit untuk menjadi 1200 pcs jilbab.

Menurut kesepakatan, setelah jilbab selesai diproduksi barulah Utisah akan membayar biaya produksi keseluruhan pada penjahit. Namun, tanpa disangka. 4 teman dari Utisah yang katanya akan menjadi agen tiba – tiba membatalkan keinginannya untuk menjadi agen dengan alasan yang tidak masuk akal. Selidik punya selidik akhirnya Utisah mengetahui bahwa mereka memilih brand yang sudah terbukti laris di pasaran dibanding brand hijab milik Utisah.

Utisah mengaku bahwa memasarkan brand baru bukanlah pekerjaan yang mudah. Dan hal itu, cukup membuat Utisah tidak tidur semalaman karena memikirkan cara untuk membayar biaya produksi pada penjahit. Terlebih lagi, Utisah juga memikirkan 1200 pcs jilbab miliknya nanti akan dijual kemana.

Agar mendapatkan solusi dari permasalahannya, Utisah mencoba untuk berkonsultasi pada teman – temannya yang pernah menjalankan bisnis di bidang yang sama. Ternyata hal demikian juga pernah dialami teman – temannya. Utisah merasa sedih dengan kenyataan yang dialaminya, ia pun akhirnya memasrahkan semuanya pada Allah.

Alhasil, 1200 pcs jilbab yang diproduksinya dapat laku terjual hanya dalam waktu sebulan. Beberapa konsumen bahkan mengutarakan keinginannya untuk menjadi agen setelah melihat anak dari temannya menggunakan jilbab rifara. Di tengah hiruk pikuk Utisah dalam mempersiapkan stock jilbab untuk agen rifara. Utisah juga tak henti – hentinya diterpa masalah besar seperti tertipu teman, tertipu online shop, kegagalan bisnis lain dan kehilangan kepercayaan dari teman dekat.

Namun lagi – lagi, Utisah yang juga alumni Sekolah Bisnis Online ( SBO ) hanya bisa pasrah dan meyakini apa yang telah menjadi kehendak sang pencipta. Dalam kondisi tersebut, Utisah mengalihkan perhatiannya pada Instagram dan bergabung menjadi bagian dari Sekolah Bisnis Online ( SBO ).

Baca Juga : Belajar Dari Titi Limanjaya, Pemilik Baju Lucu 39000 yang Sukses

Akhirnya, semua ujian dapat terlewati dan kini omsetnya dapat meroket dengan cepat. Bahkan semua hutang yang dimiliki Utisah juga dapat terbayar. Kini Utisah telah memiliki sub agen, agen dan distributor rifara yang telah tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia.


Leave a Reply