Konsumen Anda Kecewa? Ini Dia Cara Jitu Mengembalikan Kepercayaan Konsumen Anda

  • 0
Cara Mengembalikan Kepercayaan Konsumen

Konsumen Anda Kecewa? Ini Dia Cara Jitu Mengembalikan Kepercayaan Konsumen Anda

Sboplaza.com – Bagian terpenting yang cukup sulit dilakukan saat menjalankan bisnis adalah mempertahankan konsistensi di dalamnya. Faktanya, di dalam dunia bisnis, seringkali kita tak hanya mendapatkan kebahagiaan atas apa yang berhasil dicapai.

Tak jarang kita pun dihadapkan dengan resiko yang ada diluar dari dugaan kita sendiri. Dan salah satu resiko tak terduga itu seperti saat konsumen memutuskan untuk berpaling dari jasa maupun produk yang telah kita tawarkan pada mereka.

Dengan kondisi seperti itu, tentu Anda dituntut untuk berfikir kreatif dalam mencari solusi menyikapinya. Perlu dicamkan dalam diri setiap pebisnis bahwa konsumen bisa datang kapan saja begitupun pergi kapan saja. Terlebih lagi saat usaha Anda dijalani via online. Tentu Anda harus lebih cepat tanggap dalam memahami keinginan konsumen.

Cara Mengembalikan Kepercayaan Konsumen

Namun, apabila konsumen kita terlanjur pergi dan memutuskan untuk berhenti mempercayakan produk maupun jasa yang dibutuhkannya pada kita. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengembalikan kepercayaan konsumen tersebut diantaranya :

1. Tanyakan alasan berpalingnya konsumen tersebut secara santun

Saat konsumen Anda memutuskan untuk pergi dan berpaling dari Anda. Pastinya terdapat alasan pasti yang menyertainya. Maka dari itu, Anda perlu menanyakannya pada konsumen tersebut secara langsung dan santun.

Tanyakan apakah Anda telah melakukan kesalahan dalam memberikan pelayanan yang mungkin tidak Anda sadari. Selain itu, tanyakan pula alasan sebenarnya terkait berpalingnya konsumen tersebut dari produk maupun jasa yang Anda miliki.

Setelah Anda mengetahui alasan yang sebenarnya, jadikan alasan yang dikemukakan konsumen tersebut sebagai bahan instropeksi untuk perkembangan bisnis online Anda yang lebih baik.

2. Kenali seluk beluk tingkah laku konsumen selanjutnya

Saat Anda mendapati konsumen Anda berpaling dari produk maupun jasa yang Anda miliki. Anda dapat mengenali dan mempelajari tingkah laku konsumen tersebut selanjutnya. Apakah justru konsumen Anda berpindah pada kompetitor Anda.

Bila hal itu yang terjadi, mulailah membandingkan produk kompetitor dengan barang yang kita miliki. Ketahui keunggulan apa saja yang dimiliki produk competitor. Dan jangan sungkan untuk memberikan inovasi terhadap produk maupun jasa yang Anda miliki.

Setelah itu, Anda hanya perlu menawarkan kembali produk yang Anda miliki pada konsumen yang pernah merasa kecewa tersebut. Gunakan teknik promosi dan cara yang lebih menarik agar konsumen yang Anda incar tersebut bersedia untuk mempercayai produk maupun jasa Anda kembali.

3. Berikan tester atau uji coba produk Anda

Kehadiran tester untuk produk yang Anda miliki tentu akan membantu memberikan solusi dalam upaya menguatkan bisnis online yang Anda tekuni. Kemudian berikan form berupa kuisioner yang dapat konsumen Anda isi usai mencoba produk Anda.

Dengan begitu, konsumen Anda akan dengan mudah mengungkapkan kesan terbaiknya saat menggunakan produk Anda. Hal ini penting untuk bahan evalusi Anda selaku pelaku bisnis online.

4. Jangan lupakan kolom kritik dan saran

Memang tidak banyak orang yang senang mendapatkan kritik. Padahal, kritik yang membangun tentu akan semakin menguatkan produk bisnis Anda. Maka dari itu, sediakan kolom kritik dan saran. Agar konsumen Anda dapat dengan mudah mengirimkan kritik dan saran demi perkembangan bisnis Anda yang lebih baik.

Baca juga : Inilah Penyebab Konsumen Anda Berpaling Ke Tempat Lain

Demikianlah cara mengembalikan kepercayaan konsumen terbaik Anda. Semoga artikel yang kami paparkan ini dapat memberikan manfaat nyata. Khususnya bagi Anda yang sangat menginginkan kepercayaan konsumen Anda. Karena bagaimanapun juga, kepercayaan dari konsumen adalah modal terpenting untuk perkembangan bisnis Anda yang lebih baik.


Leave a Reply