Jurus Jitu Poles Kelemahan Jadi Kekuatan

  • 2

Jurus Jitu Poles Kelemahan Jadi Kekuatan

Sboplaza.com – Suami saya itu dari nenek moyangnya keturunan fotografer eheheheee.. Lebay ya.. Jadi suami saya itu memang dari kecil sudah akrab dengan dunia fotografi Mak. Kakek fotografer, Om fotografer, Adik fotografer dan yang lainnya juga ada yang di dunia fotografi. Jadi gak aneh kalo suami saya menekuni dunia fotografi.

Tapi… persaingan bisnis fotografi saat ini sadis Mak menurutku. Apalagi kami yang cuma modal seonggok kamera DSLR standar. Jika dibandingan Darwis Triadi, kamera kami ya cupu lah ahahahaa… Ditambah lagi, kami gak punya studio.

Pernah cobain ambil segmen “tarkam”. Apaan tuh tarkam? “Antar Kampung” :p Jadi terima job foto pernikahan yang rumahan, sesekali pernah yang gedung sih. Tapi menurut saya marginnya kecil Mak, jika dibanding proses pengerjaannya.

Karena banyak fotografer amatir yang berani kasih harga rendah. Akhirnya konsumen juga milih kan yang murce. Ah kalo main di segmen ini terus, kapan kayanya :p Kelamaan nabung untuk punya rumah dan pergi haji.

Untuk main di segmen kelas atas, fasilitas kami tidak mendukung. Kami pun tidak punya studio. Boro-boro studio ya, rumah juga masih kontrak sana kontrak sini :p rumah petakan pula hihihiiii.. Hmmm puter otak lagi. Gimana cara bersaing di dunia foto.

Hingga akhirnya Allah kasih petunjuk Mak.. Dengan kondisi kami tidak memiliki studio, justru itu menjadi keunggulan kami. Loh kok bisa? Ya.. karena kami adalah “Spesialis Fotografi Outdoor” ^_^

Kalau studio di ruangan nggak punya, kenapa nggak menjadikan alam sebagai studio kita? Menarik! Akhirnya kami membranding bisnis yang dijalankan dengan kalimat โ€œSpesialis Foto Outdoorโ€.

Setelah menemukan feel tagline ini, Saya dan suami mulai gerilya mencari customer yang ingin menggunakan jasa kami. Dan tahukah Mak, dalam satu bulan itu kami mendapatkan 30-an klien yang menggunakan jasa yang kami tawarkan.

Dapet dari mana? Online Mak… yes.. 100% online! Saya hanya memanfaatkan iklan gratis. Dari melek mata sampe merem mata saya nguplek didepan komputer untuk ngiklan.

Saya dan suami membuktikan bahwa bisnis nggak perlu modal besar. Lalu yang diperlukan apa? ILMU dan KERJA CERDAS. Nah kemudian muncul lagi masalah baru. Setelah klien menghubungi mau menggunakan jasa kami, mereka mau main ke kantor kami.

Waduuuh gimana ini? Malu donk kalo mereka dateng ke kontrakan petakan kami ahahahaa.. Dengan sigap saya bilang gini Mak: Mba rumahnya dimana? Kita ketemuan di tengah aja yuk, biar Mba gak kejauhan kalo kesini. ๐Ÿ˜€

Alhasil resto/cafe menjadi titik pertemuan kami ^_^ Disanalah terjadi transaksi yang menggiurkan heheheee… Jadi jaman sekarang mah gak wajib kok punya kantor di pinggir jalan :p

Oh iya, ada lagi nih Mak. Sebagai nilai tambahnya, saya menyediakan jasa Make Up gratis untuk pemotretan. Lalu menjadi biaya tambahan donk untuk kami? oh tentu tidak, kan yang Make Up in saya hihihiii.. belajar kilat dari adik dan juga teman saya yang memang bisa Tata Rias.

Ya modal dikit lah untuk peralatannya, tp yg biasa aja. Nanti gimana kalo diprotes hasil Make Up nya gak bagus atau mereka mau yang super duper Make Up nya? Tenang Mak.. saya punya jurus untuk yang satu ini.

Kembali fokus kita adalah Kelemahan Menjadi Kekuatan. Disaat kami meeting dengan klien, kami pun membahas mengenai si Make Up ini. Saya menjelaskan, Make Up yang bagus itu yang natural. Supaya orang yang melihat foto bisa fokus ke si object foto, bukan ke make up yang aneh-aneh.

Lagi pula kita ini konsepnya outdoor, jadi lebih cocok makeup natural. Dan yang lebih pentingnya lagi, kalo motret outdoor, kita dikejar waktu. Kalo kelamaan ngurus makeup, nanti keburu siang, cahaya mataharinya terlalu keras, fotonya jadi kurang bagus.

Apakah klien setuju? Ya tentu saja heheheee….

Tapi lama-lama bosen juga main di segmen ini. Hingga akhirnya 2012 kalo gak salah. Kami punya ide lagi untuk bisnis foto. Kalo dulu kita cari klien 1-1. Sekarang saya mau dikerubutin klien sekaligus ๐Ÿ˜€ Saya membuat Lomba Foto dengan tema “Make Over Me”.

Jadi peserta datang ke studio, kami Make Up, ada pilihan pakaian dan aksesoris, ada pengarah gaya. Dijamin mereka akan beda dibanding kesehariannya. Dan jangan lupa, wajahnya di edit di Photoshop supaya lebih kinclong. Perempuan mana sih yang gak suka terlihat cantik ๐Ÿ˜€

Lalu bagaimana dengan hadiahnya? Apakah saya keluar modal? Hampir tidak Mak. Karena hadiah saya dapatkan dari para sponsor ๐Ÿ˜€ Yang merupakan teman-teman saya di Facebook sesama Olshop. Profit saya dimana? Dari biaya pendaftaran peserta ^_^

Ternyata dari 1 bisnis, ketika di ulik, ada banyak sumber income. Tidak sampai disitu, suami saya pun pernah saya sarankan untuk membuat proposal “Ekstrakulikuler Fotografi untuk SLTA” dan ditawarkan ke beberapa sekolah. Alhamdulillah nyangkut di sekolah internasional, beberapa tahun suami saya ngajar disana. Enaknya ekstrakulikuler, pelajarannya basic, ngajarnya sebentar. Waktu kosong, bisa tetap ngurus bisnis.

Ternyata suami saya ini ada bakat di dunia pendidikan. Pola dan cara ngajarnya bagus menurut saya. Karena saya matre :p maka saya cari ide lagi gimana supaya suami saya ngajar dengan bayaran lebih besar. Akhirnya saya membuka Wokrshop Photography untuk Online Shop. Alhamdulillah banyak peminat dan banyak income bagi saya heheheheee.. Kan jadi istri kudu matre ya Mak, soalnya biaya hidup sekarang mahal ๐Ÿ˜€ Apalagi biaya ke salon wakakkakaaa…

Baca :ย GAWAAAAT!! Jangan โ€“ Jangan Nasib Kita Akan Berakhir Seperti Ini ๐Ÿ™

Ada lagi ide baru saya untuk suami di bidang fotografi. Tapi saya belum bisa bocorin sekarang.. karena ini masih coming soon ๐Ÿ˜€ Mulai sekarang, berhenti mengeluh ya Mak. Buka mata dan hati, Allah maunya apa?

Allah maunya kita terus belajar dan bertumbuh, agar semakin banyak manfaat kita di muka bumi untuk bekal nanti di kehidupan yang sebenarnya. Dan waspada Mak, sifat kita yang suka mengeluh, nanti dicontoh anak-anak looh..

Saya doakan Mak menjadi Emak Setrooong kebanggan dan tauladan anak-anaknya. aamiin..

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”


2 Comments

parti

February 10, 2017 at 3:58 pm

Mantap bangettt

    sboplaza

    July 7, 2017 at 2:04 pm

    Terima kasih Mba Parti atas kunjungannya ke laman website kami. Salam sukses selalu

Leave a Reply