Inilah 4 Keuntungan Menyiapkan Dana Darurat

  • 0

Inilah 4 Keuntungan Menyiapkan Dana Darurat

Sboplaza.com – Hidup berkecukupan tentu tak dapat menjadi alasan bagi kita untuk tidak menyisihkan dana darurat. Pasalnya, kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Termasuk bila mungkin di masa depan akan datang musibah yang bisa menimpa siapa saja.

Dan bagi yang memiliki pendapatan dengan nilai pas-pasan. Anda dapat mengelola keuangan Anda dengan cara membaginya ke dalam beberapa bagian. Tak lupa, kewajiban untuk mengelola keuangan juga diperuntukkan untuk Anda yang memiliki penghasilan besar sekalipun.

Salah satu bagian yang tak boleh terlupakan dalam mengelola keuangan adalah menyisihkan uang Anda untuk keperluan darurat. Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi hal buruk yang mungkin bisa saja terjadi di kemudian hari. Berikut ini keuntungan dari menyiapkan dana darurat.

1. Kepentingan biaya hidup yang mendesak

Ada kalanya kita dipertemukan dengan kondisi mendesak yang sulit dihindari. Terlebih lagi gejolak kehidupan saat ini serba tak menentu seperti perekonomian yang tak dapat diprediksi, terjadinya kenaikan harga yang membuat biaya hidup semakin mahal, terjadinya pemutusan hubungan kerja ( PHK ) dimana – mana.

Bila Anda seorang karyawan yang bekerja di pabrik atau sebuah instansi, dana darurat dapat Anda manfaatkan untuk keperluan biaya hidup yang mendesak. Setidaknya, dengan adanya dana darurat, Anda dapat bertahan hidup hingga mendapatkan kembali penghasilan Anda.

2. Dapat mengantisipasi musibah

Keberadaan musibah seringkali tak bisa diprediksi dan datang tiba – tiba. Musibah bisa dalam bentuk apapun. Misalnya tertipu rekan bisnis, pencurian, bencana alam, kecelakaan, sakit dan sebagainya. Dan saat musibah terjadi, Anda dapat memanfaatkan dana darurat yang Anda miliki untuk mengantisipasi musibah yang datang.

3. Upaya mempertahankan kelanggengan bisnis

Akan selalu ada resiko yang tak bisa dihindari dalam berbisnis. Resiko bisa dalam bentuk penurunan harga, kerugian dan sebagainya. Nah, bila bisnis Anda kerap kali dihadapkan dengan situasi yang cukup sulit dan mencekik.

Anda dapat mempergunakan dana darurat yang Anda miliki untuk mempertahankan kelanggengan bisnis Anda agar tidak terjadi kebangkrutan. Bila Anda memanfaatkan dana darurat dengan tepat, bisnis Anda tentu akan tertolong.

4. Terhindar dari berhutang

Berhutang tentu menjadi sesuatu yang dianggap biasa bagi kebanyakan para pebisnis. Namun, hal ini tentu tidak baik dijadikan kebiasaan. Keadaan yang mendesak tentu bisa membuat kita terpaksa berhutang.

Namun, kehadiran dana darurat membantu Anda untuk terhindar dari keinginan berhutang. Daripada Anda harus berhutang kesana kemari, tentu mempersiapkan dana darurat adalah sesuatu yang lebih baik Anda lakukan jauh – jauh hari.

Baca : Mengungkap 5 Kebiasaan Wanita Indonesia Saat Berbelanja

Demikianlah 4 keuntungan menyiapkan dana darurat. Semoga ulasan yang kami paparkan dapat memberikan pencerahan serta manfaat luar biasa bagi kehidupan Anda. Mulai sekarang, jangan lupa untuk selalu menyiapkan dana darurat. Karena dana darurat tentu akan membantu meringankan beban Anda dalam kondisi yang terdesak.


Leave a Reply