Etika di Media Sosial Sebagai Tempat Menjalin Relasi yang Lebih Baik

  • 0

Etika di Media Sosial Sebagai Tempat Menjalin Relasi yang Lebih Baik

Etika di Media Sosial Sebagai Tempat Menjalin Relasi yang Lebih Baik – Keberadaan media sosial kerap kali dimanfaatkan sebagai ajang untuk berkomunikasi hingga berjualan. Ada banyak sosial media yang dapat digunakan namun saat ini media sosial yang cukup memiliki banyak pengguna diantaranya facebook, Instagram dan twitter.

Lain halnya dengan dunia nyata, ada sejumlah etika yang perlu dimengerti agar dapat menjalin relasi yang baik dengan orang – orang di media sosial. Berikut ini etika media sosial untuk menjalin relasi dengan baik di media sosial.

  1. Hati – hati sebelum update status di media sosial

Dalam menggunakan media sosial, Anda tentu tidak terlepas dari pengendalian diri. Pastikan Anda tidak sembarangan mengumbar hal – hal yang termasuk ke dalam kategori pribadi. Karena selain untuk menjaga privasi Anda, tentunya hal ini juga penting untuk menjaga citra Anda. Faktanya, calon relasi akan melihat apa yang Anda bagikan di media sosial untuk menilai kepribadian Anda.

  1. Memperkenalkan diri dengan baik

Ungkapan mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang dan hal itupun berlaku bagi siapapun yang ingin menjalin komunikasi. Untuk dapat berkomunikasi dengan baik, akan sangat baik apabila Anda memperkenalkan terlebih dahulu. Jangan langsung berbicara panjang lebar, mengingat kita pun tidak mengetahui secara detail siapa calon relasi kita.

  1. Memutus jalur komunikasi sembarangan

Cara berkomunikasi di dunia online tentu berbeda dengan cara berkomunikasi di media sosial. Ada kalanya Anda tidak mendapatkan jawaban secara langsung dari calon relasi Anda. Bisa jadi karena terlupakan atau memang sedang tidak aktif dalam bermedia sosial.

Meski begitu, jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk memutuskan jalinan komunikasi. Seraya menunggu jawaban dari calon relasi yang sebelumnya telah Anda hubungi, Anda bisa mulai berupaya untuk menjalin relasi melalui sosial media dengan yang lainnya.

  1. Ungkapkan motif atau kepentingan Anda

Setelah sebelumnya Anda memperkenalkan diri, maka selanjutnya Anda dapat memaparkan keinginan Anda secara detail. Tentunya dengan cara yang baik. Jangan sampai terdapat penyesalan di kemudian hari karena kurang mendetailnya apa yang Anda paparkan.

Baca: 5 Barang Paling Laris di Dunia Online yang Bisa Anda Perjualbelikan

Demikianlah etika di media sosial sebagai tempat menjalin relasi yang lebih baik. Semoga ulasan ini dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang ingin menjalin relasi dengan baik pada relasi Anda di sosial media.

Intinya, berkomunikasi secara nyata maupun dunia maya memang terbukti memiliki perbedaan diantara keduanya. Maka, pandai – pandailah memahami situasi dalam berkomunikasi dengan relasi agar relasi Anda merasa nyaman saat berkomunikasi dengan Anda.

 


Leave a Reply