Delly Oktaviani, Pebisnis Tangguh yang Berhasil Lejitkan Omset Hingga Milyaran

  • 0

Delly Oktaviani, Pebisnis Tangguh yang Berhasil Lejitkan Omset Hingga Milyaran

Sboplaza.com – Delly Oktaviani, seorang personal assistant sekaligus corporate secretary di sebuah perusahaan minyak wangi yang dimiliki oleh seorang warga negara Prancis. Selama bekerja di perusahaan tersebut, Delly Oktaviani mendapat banyak pengalaman berharga.

Seperti bagaimana caranya bekerja secara cepat dan tanggap, lalu belajar untuk menjadi sosok yang penuh alternative serta solutif dalam menangani berbagai masalah. Yang tak kalah penting, Delly Oktaviani juga belajar untuk berempati dalam pandangan seorang pemimpin dan karyawan.

Setelah bekerja cukup lama disana, akhirnya Delly Oktaviani memutuskan untuk resign dari pekerjaannya sebagai seorang personal assistant dan memulai bisnis supplier Alat Tulis Kantor ( ATK ). Dalam bisnisnya tersebut, Delly Oktaviani berkolaborasi dengan 2 orang partner. Dimana seorang partner bisnis Delly Oktaviani bergerak di bidang outbound atau team building dan yang satunya belum memiliki pengalaman bisnis.

Dari bisnis supplier ATK dan bisnis outbound training and consulting yang dijalaninya, Delly Oktaviani berhasil memiliki 5 customer regular setiap bulannya. Meskipun begitu, Delly Oktaviani masih harus berjuang karena beban operasionalnya cukup berat dan margin keuntungannya kecil.

Delly Oktaviani, Pebisnis Tangguh yang Berhasil Lejitkan Omset Hingga Milyaran

Akhirnya pada bulan April 2009, salah satu dari dua partner bisnis Delly Oktaviani yang bergerak di bidang outbound atau team building memutuskan untuk pergi tanpa pamit. Hingga yang tersisa hanyalah Delly Oktaviani dan seorang partnernya yang notabene tidak memiliki pengalaman di bidang ATK ( Alat Tulis Kantor ) apalagi di bidang outbound sebelumnya.

Menghadapi kenyataan tersebut, Delly Oktaviani sempat berfikir untuk pension dalam bisnis di bidang outbound atau team building. Namun, akhirnya Delly Oktaviani mengubah alur bisnisnya menjadi event organizer. Sehingga insani outbound training and consulting pun resmi berubah menjadi insani outbound and event organizer sambil tetap menjalankan bisnis ATK ( Alat Tulis Kantor )

Kantor yang awalnya bertempat di rumah berukuran cukup besar dengan 3 kamar di dalamnya harus berpindahan ke tempat yang lebih sederhana. Selama 1 tahun, Delly Oktaviani, seorang partner dan 1 orang karyawannya bertahan di rumah sederhana yang terletak di Lebak Bulus tersebut.

Tak jarang, demi mempertahankan bisnisnya. Delly Oktaviani harus rela merogoh kocek pribadinya untuk memenuhi kebutuhan operasional di kantor. Dan pada pertengahan tahun 2010, partner bisnis Delly Oktaviani telah berhasi menemukan peluang lain di bidang konveksi bersama sepupunya. Sehingga Delly Oktaviani pun akhirnya harus bertahan seorang diri dan berpisah dengan partnernya tersebut.

Pada tahun 2010, Delly Oktaviani memutuskan untuk pindah kantor ke sebuah tempat baru yang berlokasi di Warung Jati, Kalibata dengan modal yang dipinjam dari sang suami. Dan masih di tahun yang sama, Delly Oktaviani kembali meneguhkan cita-citanya untuk dapat memiliki usaha yang ramah untuk ibu – ibu dan perempuan. Perlahan namun pasti, Delly Oktaviani berhasil menambah staff karyawannya yang semula hanya berjumlah 1 orang kini menjadi 4 orang dengan berbagai amanahnya masing – masing.

Dalam perjalanan bisnisnya di tahun 2010 – 2012, Delly Oktaviani sempat merasakan omset 1,1 Milyar per tahun. Hal itulah yang kemudian menginspirasi Delly Oktaviani untuk tetap positif pada bisnis yang dijalankannya. Namun, dibalik omset yang mencapai angka milyaran tersebut. Delly Oktaviani tetap merasakan sesuatu hal yang mengganjal hatinya yaitu perkembangan cashflow yang terhambat.

Selanjutnya, di tahun 2014. Delly Oktaviani dihadapkan dengan permasalahan keuangan yang tak menentu. Terlebih lagi, pad tahun tersebut adalah tahun pemilu. Sehingga proyek yang didapat tidak sebanyak proyek di tahun lalu. Terlebih lagi, di tahun tersebut, Delly Oktaviani sempat terlilit hutang riba.

Akhirnya Delly Oktaviani terpaksa menurunkan status karyawannya yang asalnya fulltime menjadi part time. Hal tersebut berujung pada resign nya 2 orang karyawan Delly Oktaviani. Lalu pada tahun 2015, terjadi peningkatan harga sewa kantor sehingga Delly Oktaviani memutuskan untuk kembali pindah kantor ke coworking space.

Saat pindahan kantor tersebut, Delly Oktavianihanya membawa 1 meja meeting berkapasitas 8 orang dan 1 kabinet untuk menyimpan printer dan alat tulis kantor. Sementara asset kantor dan property lannya di simpan di gudang.

Baca juga : Menurut Novita Ariestanty, Ini Dia Latihan Penting yang Perlu Dijalani Para Pebisnis Demi Tercapainya Kesuksesan

Bagi Delly Oktaviani, tahun 2015 adalah tahun penggugur hutang. Saat itu Delly Oktaviani tidak berfikir mengenai target omset karena fokus dari Delly Oktaviani adalah untuk melunasi semua hutang yang dimilikinya. Akan tetapi, Delly Oktaviani lagi – lagi ditempa dengan cobaan yang tak pernah ia duga sebelumnya. Yaitu ia tanpa sengaja memberikan ruang bagi 2 kliennya untuk melakukan korupsi melalui proyek event di tahun tersebut.

Dari pengalaman tersebut, Delly Oktaviani selaku alumni Sekolah Bisnis Online ( SBO ) melakukan renungan diri tentang bisnis yang sebenarnya. Bahwa ternyata bisnis tidak selalu bicara tentang materi yang didapat namun tentang bagaimana bisnis yang dijalankan dapat bernilai ibadah di mata Allah swt.


Leave a Reply