Category Archives: Inspirasi Dari Muri Handayani

  • 0

Ngeriiii.. Dilibas Pesaing Tanpa Ampun!

Sboplaza.com – Ngeriiii.. Dilibas Pesaing Tanpa Ampun!

Mak aku sakit hati deh, masa tetanggaku bikin produk yang sama plek dengan yang udah aku launching.

Sebel deh sama sodaraku itu, aku bikin ini, dia ikut, aku jualan ini, dia ikut. Hadeeeeh..


Kalem Mak… Okey anggaplah sang tetangga dan sodara gak following kita lagi. Apakah artinya bisnis kita aman? Ya gak lah! Puluhan bahkan ratusan orang di luar sana bisa jadi following Mak juga. Brand A launching gamis terbaru, eh seminggu kemudian udah ada KW nya di tanah abang hihihiiii… Baru beberapa hari upload foto terbaru, eh udah ada orang yang buka PO dengan foto kita tapi barangnya mereka bikin sendiri. preeeet… Sebel ya Mak.

Kita memang gak bisa membendung yang seperti itu. Namun kalo mau iseng, langsung aja japri orang yang jualnya. Ngomong blak-blakan namun elegan ya Mak, tetep cantiiik. Bilang “Mba/Mas itu pake foto saya untuk jualan produk Anda, ini namanya pembohongan publik. Haram tuh duitnya. Karena produk Anda tidak sama dengan yang difoto. Bikin foto sendiri donk! Modal! Preeeet…” Wakakakaa… Ya jangan gitu juga ya Mak. Itu mah boleh dalam hati aja unek-uneknya.

Cukup kita nasehati sesama manusia. Selanjutnya biar Allah yang balas. Balasan Allah lebih pedih (sambil melirik sadis :p )

Rugi Mak energi kita dihabiskan untuk ngurus yang seperti itu. Karena yang ngebajak ya gak sedikit. Itu yang ketahuan, yang kita gak tau, jauh lebih banyak mungkin. Justru seharusnya kita gunakan energi untuk BERINOVASI TANPA HENTI. Konsumen tuh cerdas, mereka tahu mana yang baik. Kecuali pembelinya di kelas bawah yang bukan target market Mak.


Saya lagi buka bukunya Coach Imam ElfahmiSukses Membangun Bisnis dengan Grounded Strategy, halaman 283. Ngeri Mak isinya 😂

Mulailah merasakan dunia Anda dikepung dan dikuasai oleh siapa saja. Anda harus tahu semua pesaing Anda, Anda harus tahu berada di dunia seperti apa, itulah Grounded.

Ada 5 kompetitor yang harus Anda kenali yaitu:


1. Kompetitor Terlama. Dari pesaing terlama kita belajar tentang daya tahan. Ada perusahaan yang usianya ratusan tahun dan tetap hidup bahkan memimpin market. Bisnis bisa belajar bagaimana pesaing bisnis tersebut mampu bertahan di tengah pasar yang luar biasa kompetitif dan luar biasa dinamis. Bagaimana bisnis menghadapi krisis, melewati semua fase pertumbuhan dan eksis melayani pelanggan setianya dalam jangka waktu yang lama. Siapa saja kompetitor terlama kita, apa yang membuat dia masih eksis, apa yang membuat dia masih terus bisa bersaing, APA YANG BELUM KITA LAKUKAN UNTUK BISA SEPERTI MEREKA.

Bersambung…

Hihihiiii.. Saya gak akan langsung jabarin 5 kompetitornya sekarang ya Mak. Saya mau Mak praktekin dulu point 1 ini. Temukan KOMPETITOR TERLAMA lalu analisa seperti penjabaran di atas ya.

 

Baca: SEO For Instagram


Supaya gampang cari tulisan sambungannya kita gunakan #Pelajari5Kompetitor

Mari kita kibaskan jilbab  Ucapkan bismillah lalu ACTION!
Ketika action, jangan pake daster butut Mak :pfeelnya beda gitu loh. Walaupun kerja di rumah, tetep kudu cantik donk, secantik aku pake Khimarnya Finesya Hijab karya Mak Nia Pasya 😍Jangan ngiri ya :p

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”


  • 0

Cara Sederhana Ini Bisa Memperbesar KEUNTUNGAN

Cara Sederhana Ini Bisa Memperbesar KEUNTUNGAN

Lagi musim sepi penjualan.
Kondisi ekonomi sedang menurun.
Daya beli masyarakat menjadi lemah.

Ada sebagian orang yang mengatakan hal tersebut adalah penyebab anjloknya omset mereka. Sehingga dengan alasan itu, merekapun ikut lemes proses beriklannya.

Ah percuma ngiklan, konsumennya gak mampu beli.

Yakin? Masa sih? Emangnya Allah kasih rejeki pake musim? 😀

Tugas kita ikhtiar ya, bukan ngedumel heheheee… Terus saja mencoba dan berusaha meningkatkan penjualan. Marketing langit dan marketing buminya dipraktekin tanpa henti.

Okey.. sudah dicoba tapi masih belum mencapai target yang diinginkan. Jika seperti ini bisa jadi buntung, bukan untung. Sudah coba iklan sana sini, tapi belum ada hasilnya.


Kalem Mak.. ambil kertas dan pensil.
– Evaluasi konten iklan
– Evaluasi target audience
– Evaluasi waktu tayang
– Evaluasi dana iklan
– Evaluasi media iklan

Evaluasi hanya bisa dilakukan jika kita beriklan lebih dari 1 kali. Sehingga ada pembanding untuk dianalisa. Terkadang bukan salah iklannya, tetapi salah target audience yang kita sasar. Bisa jadi karena salah waktu tayang. Atau bahkan salah media iklannya.

Selama proses iklan berjalan, Mak bisa lakukan hal sederhana ini untuk meningkatkan jumlah keuntungan. Saya sedang bedah buku “Instant Cashflow” by Bradley J. Sugars.

Halaman 188: Kurangi Semua Biaya Sebesar 10 Persen

Hal ini tidak mudah dilakukan tetapi dengan sedikit usaha, Anda dapat mengurangi semua biaya paling tidak sebesar 10%. Langkah pertama adalah mengetahui biaya apa saja yang ada. Sebagian biaya lebih mudah dikurangi daripada yang lain. Tetapi biaya tetap yang lebih rendah berarti KEUNTUNGAN YANG LEBIH BESAR.

Jadi Anda perlu meluangkan waktu untuk hal ini. Mendapatkan penawaran harga dari sejumlah pemasok, subkontraktor, atau layanan penjualan adalah beberapa cara mengurangi biaya.

Petunjuk dan Kiat:
1. Lakukan selangkah demi selangkah. 1 persen perpekan, lalu dalam waktu 10 pekan Anda berhasil melakukannya.
2. Pilah setiap area bisnis Anda dan perhatikan secara individu.
3. Terus Audit setiap aspek operasi Anda.
4. Coba sertakan orang luar yang objektif dalam hal ini.

Saya yakin Mak udah mulai kebayang nih apa yang harus dilakukan sekarang. Bayangkan keuntungan Mak akan bertambah, maka proses pengerjaannya pasti dinikmati 😉 Fokus pada hasil ya Mak.

Baca : Perlahan Tapi Pasti


Seperti saat kita ngajarin anak belajar, gemes ya Mak kalo anak gak ngerti-ngerti heheheee… Tetapi dengan kita fokus pada hasilnya yaitu anak menjadi pintar, bermanfaat untuk ummat dan mendapat ridho Allah, maka kita jadi semangat mendidiknya. Kadang ya Anak ada malesnya untuk belajar. Untung dapet meja lipat yang super lucu dari Mak Nury Bunda Fahiem owner Grosir Meja. Naziya jadi semangat belajarnya ^_^ Recommended!

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”


  • 0

Dengan Cara Ini Terhindar Rugi Tiap Bulan

Sboplaza.com – Dengan Cara Ini Terhindar Rugi Tiap Bulan

Gimana sih Mak cara nentuin berapa omset minimal yang harus kita dapat tiap bulannya?

Angka minimal yang ketika kita dapatkan, maka semua tim bisa gajian dan biaya lainnya pun tercukupi. Kita gak bisa tebak-tebakan ya Mak berapa angkanya :p Semua harus berdasarkan data. Mak gak akan menemukan data akurat selama belum pernah mencatat  Hayooo sudah padapraktek buku #MBLKBO Mudahnya Bikin Laporan Keuangan Bisnis Online?

Saya doain Mak dapet hidayah untuk mau mulai merapihkan keuangannya ya 😉 aamiin… Karena bisnis online itu bisa jadi bisnis besar jika memang kita mau serius jalaninnya. Salah satu indikator seriusnya adalah punya pencatatan dan laporan keuangan.

Hari ini saya masih ngulik bukunya Bradley J. Sugars yang berjudul “Instant Cashflow”. Di halaman 186 ada pembahasan “Biaya kerja sebagai persentase penjualan”.

Semua biaya yang muncul di dalam bisnis Anda perlu dihitung sebagai presentase penjualan. Ini memberi Anda ide berapa banyak penjualan yang harus Anda lakukan sebelum Anda mulai mendapat keuntungan. Untuk melakukan ini, cari tahu berapa banyak biaya yang Anda tanggung untuk menjalankan bisnis Anda setiap minggu.

Anda perlu menyertakan semua pengeluaran, dari gaji sampai alat tulis, tagihan listrik sampai yang sewa. Apapun yang perlu Anda bayar untuk terus berbisnis. Lalu tentukan berapa banyak penjualan yang dibutuhkan untuk menutup biaya tersebut sebelum Anda mulai mendapatkan keuntungan.

Setelah Anda mengidentifikasi angka ini, jelaskan kepada anggota tim Anda apa yang dibutuhkan untuk menjaga keuntungan yang didapat bisnis. Ini akan memotivasi mereka untuk meningkatkan penjualan dan mencapai gol mereka.

Petunjuk dan kiat:
1. Komunikasikan angka kepada semua anggota tim. Mereka perlu tahu apa yang harus dilakukan untuk terus berbisnis.
2. Buat sistem imbalan yang berfungsi setelah Anda mencapai titik impas.


Nah…gimana Mak, sudah mulai ada gambaran. Seperti ini contoh sederhananya versi saya.

Misal total biaya sebulan Rp.10 juta
Margin (selisih dari harga jual dengan HPP) yang didapat dari penjualan sebesar 20%.
Maka 10 juta adalah 20%-nya dari omset.

Catatan: Biaya tersebut tidak masuk biaya produksi. Karena biaya produksi masuk dalam HPP.

Baca : Alumni SBO Kena Imbas Banjir Closing Karna Baca EEJJ


Sehingga angka minimal penjualan yang harus Mak dapatkan tiap bulannya adalah Rp.50 juta. Silahkan ambil kalkulator hihihiiii… Jadi ketika angka 50 juta tercapai, hati tenang karena semua bisa gajian, bisa bayar listrik, bisa sewa ini itu dll. Namun kita belum ada keuntungan. Nah semangat deh kejar sisa penjualannya untuk jumlah keuntungan. Semoga Mak dapet keuntungan besar sehingga bisa bayar zakat dan sedekahnya besar. Bisa bayarin keluarga haji. Bisa beli rumah cash. Bisa lunasin hutang-hutang aamiiin…

Semoga Allah mudahkan semua urusan Mak. aamiin..

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”


  • 0

Strategi Melipatgandakan OMSET dan PROFIT

Strategi Melipatgandakan OMSET dan PROFIT – Gak hanya bisnisnya yang makin melesat, jaringan juga makin luas. Jadi kenal banyak produsen. Nambah teman yang hobinya jualan, dan akhirnya mau jadi reseller kita. Temen beli produk temen, ssssst…pada gak nawar, bahkan kadang transfer dilebihin, ini baru temen sejati hehehee…

September 2013 lahir cikal bakal SBO. Dulu sempet namanya Klak-Klik Online 😀 trus ganti lagi jadi apa gitu.. hingga akhirnya sudah dipatenkan SBO (Sekolah Bisnis Online) dengan slogan “Gaptek Hilang, Rejeki Datang”.

Duh Mba Muri, kok malah ngajarin orang jualan online, nanti mereka jadi lebih pinter, kan jadi banyak saingan loh.

Eh beneran Mak, pesertanya sekarang udah pada lebih canggih dari saya hihihiii.. omsetnya juga udah pada meroket, gedean mereka dari pada RAZHA :p

Tapi anehnya.. omset saya juga terus naik ya. Padahal banyak saingan, gak berkurang sedikitpun. Jadi, saingan banyak bukan berarti omset kita jadi turun. Alhamdulillah… Rejekinya gak ketuker, gak nyasar, gak diambil orang. Karena Allah sudah kasih jatahnya masing-masing.

Barusan cek, ternyata sudah ada lebih dari 3.000 Alumni SBO yang tersebar di 15 negara. Coba bayangin kalo semuanya kumpul, dan tiap orang bawa anak, uuuhhhh seru banget ya. heboooh pastinya.

Kalo Emak SBO kumpul pasti pada bawa anak, trus pas acara rumpi (belajar), para Ayah setia mendampingi sambil gendong/jagain anak di Kids Corner 😉 so sweet kaaaan…

Ibu itu harus pintar, berwawasan luas dan memiliki relasi sebanyak-banyaknya. Tujuannya? Supaya bisa mendampingi anak menjadi generasi yang lebih baik. aamiin.. Jadi kalo cari pengasuh anak, cari yang minimal S1, gak gaptek, relasi luas. Lah mana ada? Ya udah kalo gak ada, kita aja yang ngurusin sendiri 😀

Tapi kan harus kerja, gak cukup gaji suami.

– Boleh kerja, tapi dirumah aja, bisa dapet duit juga kan sama kaya di kantor.
Udah coba jualan online, tapi sedikit dapetnya, mentok segini aja. Soalnya susah bagi waktu sambil ngurus anak dan rumah.

– Bangun Tim donk Mak, biar kita jadi bos, mereka yang kerja. Kita jadi bisa ngurus anak sepuasnya.

Nah itu dia, gak ngerti caranya. Udah pernah ada karyawan tapi susah diatur. Jadi sekarang jalanin sendiri aja, sebisanya.

– Kira-kira OMSET BISA NAIK gak Mak kalo dikerjain sesempetnya?

Maaaak.. yuk ah kita NAIK KELAS. Masa bisnis gini-gini aja. Waktunya punya OMSET MILYARAN PER BULAN. Mau apa Mau?

Tinggi amat mimpinya :p

Berarti Mak menganggap Allah itu gak sanggup kasih kita milyaran per bulan?

Nah loh!

Ahad, 23 Juli 2017
Hotel Amaris Padjajaran Bogor

Saya ajak Mak belajar langsung dari sahabat-sahabat saya yang omsetnya ratusan juta hingga milyaran. Mau?

Mereka bergerak di bidang:
– Baju Anak
– Kuliner
– Tas
– Busana Muslim

Kesempatan langka nih, cuma 100 orang aja yang bisa ikut KOPDAR SBO. Karena ruangannya gak muat Mak 😀 Mereka yang daftar duluan ke Admin SBO melalui link ini m.me/sboplaza atau ke WA 0878-2446-8185 akan diprioritaskan.

NB:
– Boleh bawa anak 😉
– Suami mau ikut juga boleh.

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”


  • 0

Bisnis Gulung Tikar Karena Tidak Menjaga Kestabilan Harga Jual

Bisnis Gulung Tikar Karena Tidak Menjaga Kestabilan Harga Jual – Kisah ini berawal dari curhatan teman-teman saya. Seperti biasa 😅 Dari yang masih kalem sampe yang udah nada tinggi curhatnya.

Ini Distributor nyebelin banget sih, ngeyel kalo dikasih tau! Dia jual murah banget, katanya biar cepet laku. Tapi kan reseller jadi pada protes 😂 Akhirnya jadi pada banting harga 😂 gitu katanya.. Ada yang pernah ngalamin juga?

Semua kekacauan harga sebenarnya bersumber dari kantor PUSAT menurut saya. Tidak adanya peraturan yang jelas dan tegas mengenai ketentuan harga jual. Salah satu alasannya karena mereka takut gak laku 😂 bikin peraturan ini itu, nanti malah bikin Mitra merasa ribet dan gak mau join.

Alhamdulillah menjelang 6 tahun di Mei 2017, RAZHA menerapkan peraturan BATAS BAWAH HARGA JUAL, tetep laku aja (izin Allah). Malah mereka senang dengan adanya peraturan itu. Jualan jadi lebih adem, gak banting harga.

Bahkan di Tokopedia sekalipun, yang terkenal banting harga, srtategi harga murah padahal ada biaya-biaya tambahan untuk konsumen, Mitra RAZHA gak ada yang jual dibawah harga standar. Mereka selalu mencantumkan harga yang sudah ditentukan dari pusat. Eh tapi ada yang jual lebih tinggi, kalo ini diperbolehkan.

Contohnya…

Inner Ninja Diva RAZHA harga ecernya Rp.75.000
Mitra WAJIB jual minimal Rp.75.000
Gak boleh jual 70.000, 72.000 atau bahkan 74.900 pun gak boleh.
Tapi kalo jual diatas Rp.75.000 itu boleh. Bahkan ada yang jual lebih dari Rp.200.000 😅

Ya maklum aja, dia jualnya di Amerika 😂 ongkirnya juga udah berapa juta ya. Jadi sesuaikan dengan Target Market yang dimiliki. Misal jual ke ibu-ibu arisan sosialita yang gak keberatan beli Rp.100.000 ya silahkan aja 😍

Semua PERATURAN dibuat, diatur dan dikontrol oleh pusat. Biasanya nanti Mitra akan saling ngaduin ke pusat jika ada yang jual dibawah harga ecer standar. Kalo ada Mitra yang gak nurut, diajak silaturahim aja dulu.

Chat pribadi, ajak ngobrol masalah pribadi, baru masuk ke bisnis. Kalo dia masih ngeyel juga gak ganti harga jualnya. Ya udah PUTUS aja 😅 Artinya dia udah gak cinta lagi sama kita 😂

Jika perlu, saat proses pendaftaran Mitra, wajib cantumkan foto KTP. Buatlah format sederhana tapi rapi supaya terkesan profesional.

Nama:
Facebook Pribadi:
HP:
Alamat:
No.KTP:
Email:
Nama Toko Offline:
Nama Toko Online:
Facebook Jualan:
FanPage FB:
Instagram:
Marketplace:

Dengan ini saya menyatakan bersedia bergabung menjadi Mitra RAZHA sebagai Distributor/Agen/Reseller (hapus yang tidak dipilih) dan akan mengikuti semua peraturan dari kantor pusat RAZHA.

Peraturan yang akan saya ikuti adalah:

1. Menjual ecer sesuai dengan harga yang sudah ditentukan oleh kantor pusat RAZHA.
2. Boleh menjual diatas harga ecer yang ditentukan. Namun tidak diperkenankan menjual dibawah harga standar ecer yang ditentukan kantor pusat RAZHA.
3. Menjaga nama baik RAZHA.
4. Melakukan pembayaran maksimal 2×24 jam.
5. Barang tidak akan dikirim sebelum pembayaran diterima oleh kantor pusat RAZHA.
6. Hanya melakukan transfer ke rekening…..
7. ….

Jika saya melanggar peraturan tersebut, maka saya bersedia menjalanin proses secara hukum yang berlaku di Indonesia.

***

Galak ya 😂 silahkan di ATM (Amati Tiru Modifikasi) jika mau. Sesuaikan dengan kebutuhan di bisnis Anda. Intinya kedua belah pihak saling menjaga, saling cinta, saling bantu…semua bahagia. Tidak ada maksud untuk menzolimi siapapun disini ya 😉

Tujuannya supaya bisnis berkah berlimpah dan panjang umur. Daripada rame tapi sesaat 😂 Saya do’akan bisnis Anda panjang umur, bahagia owner, karyawan, mitra dan konsumennya 😍

Oh iya ada kasus gini. Si oknum Mitra ini nampaknya mau mengacaukan bisnis teman saya. Entah dia kompetitor atau hanya dengki secara pribadi. Dia daftar atas nama A. Ketahuan pusat kalo dia banting harga.

Diberhentikan lah oleh pusat. Eh dia daftar pake data B. Namun karena pusat datanya kurang rapi, jadi dia gak tahu kalo si B ini adalah si A, karena alamat kirimnya sama. Bener kejadian, si B banting harga lagi. Misal harga ecer 100rb. Harga diatributor 60rb. Tapi dia jual 70rb.

Kemudian saya sarankan untuk menggunakan formulir pendaftaran yang lengkap. Kalo perlu cek semua sosmednya. Demi menyelamatkan bisnis ya gak apalah capek 😂

Lalu bagaimana dengan stock yang sudah ada di si B. Mitra yang lain nanti jadi marah donk, atau bahkan ikutan banting harga. Kalo saya sih lebih memilih untuk membeli semua barang dia dengan harga 70rb tadi.

Baca: Jangan sampe Mak ngalamin seperti ini, PERIH HATI INI Mak hiikss…

Tapi belinya jangan atas nama saya. Suruh aja karyawan yang beli dan kirim ke alamat dia. Barang di dia kan habis, data di pusat juga sudah kebongkar kalo dia si A, lalu kita jangan supply lagi, maka dia gak bisa jualan lagi kan 😉

Mudah-mudahan Allah senantiasa melindungi kita dari orang-orang jahat. Ujian kecil ini menurut saya bukan musibah. Tapi beginilah cara Allah mendidik kita untuk terus belajar dan bertumbuh.

Dengan ujian tersebut akhirnya teman saya jadi bisa punya formulir yang bagus dan membuat peraturan yang lebih tegas. InsyaAllah malah bikin laris manis 😍 kamu juga ya.. iya kamu.. yang baca tulisan ini.. semoga makin laris manis ya 😉 aamiin..

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”


  • 0

Jangan sampe Mak ngalamin seperti ini, PERIH HATI INI Mak hiikss…

Tiba-tiba dapet laporan mendadak dari tim.

– Bu plastik kemasan habis. Sedangkan ini harus kirim ke Mitra 200pcs sekarang.
+ Duh udah jam segini, gak sempet cari plastik. Mau pesen pake ojek, saya gak ada nomor telepon tokonya, gak tau juga alamat lengkap tokonya. Kenapa sih baru ngasih tau sekarang?
– Iya bu maaf kirain masih banyak.
+ Ya udah minta maaf ke Mitra, bilang dikirim besok ya. Kasih aja bonus biar dia gak ngambek.

catet: KIRAIN

– Bu label kainnya kurang, penjahit minta 200 lagi.
+ Ya ampun, kenapa baru ngasih tau sih? Kan bikin label kain itu 1 minggu. Gak bisa dadakan.
– Seinget saya masih banyak bu, tapi tinggal dikit ternyata. Jadi kurang. Maaf bu.
+ Huufff.. ya udah jahit aja bagian lain, untuk labelnya nunggu jadi 1 minggu lagi 🙁

catet: SEINGET

– Bu solasinya kurang, ini lagi packing mau dikirim sekarang.
+ Kok bisa? Emang gak cek solasi tinggal berapa?
– Maaf bu, saya pikir masih ada 2 lagi. Ternyata ini yang terakhir.
+ Ya udah cari di toko yang deket aja. Biarin mahal dikit, daripada barangnya gak bisa dikirim.

catet: PIKIR

Pernah Mak ngalamin seperti ini? Ini makanan saya sehari-hari ahahaahaaa… Saya tuh tipe orang yang gak teliti, cuek, serabutan, berantakan. Alhasil, secara tidak sadar, POLA itu saya terapkan di bisnis. Jadi ya memang benar.. Tim/Karyawan itu tergantung pemimpinnya.

Kalo pemimpinnya rapi, tegas, teliti. Maka dia akan menerapkan standar yang sama ke timnya. Suami saya nih yang paling cerewet soal kedisiplinan. Tapi terkadang cuma masuk telinga kanan, keluar telinga kiri hihihiiii.. iya..nanti deh, saya lagi ngerjain ini, lebih penting, itu nanti aja. Nah itu kalimat yang sering saya lontarkan.

Tapi akibatnya? kekacauan kecil terus menerus terjadi. Ternyata menguras tenaga juga ya Mak. Bikin bad mood, akhirnya jadi gampang ngomel ke anak dan suami hiiiksss…

Alhamdulillah saya sudah tobat ahahaa… Makasi banyak Mak Lya Herlyanti sayangku. Sekarang saya sudah punya pencatatan stock untuk bahan baku pembantu. Semua tim yang mau ambil si barang-barang perintilan itu, wajib lapor ke Admin. Sehingga Admin setiap saat mengetahui berapa jumlah stocknya secara NYATA.

Iya Mak secara nyata. Bukan berdasarkan KIRAIN, saya PIKIR, SEINGET saya :p

Gampang Mak, bikin aja di excell. Ada barang masuk, barang keluar, sisa. Kalo Mak belum ada laptop, bikin aja manual di buku. Intinya semua harus TERCATAT. Buat pencatatan prinsipnya, kita mudah membacanya dan bisa digunakan untuk menganalisa. Artinya setiap saat sudah bisa dilihat hasil akhirnya.

Jadi gak pake menjumlah ulang lagi. Kalo Mak mau contoh yang lengkapnya bisa ikut program SBO dengan tema KMK (Kelompok Mentoring Keuangan).

Nah usahakan sebulan sekali Mak lakukan stock opname. Seminggu sekali lebih bagus. Bisa dilakukan di hari terakhir kerja, Jumat/Sabtu.

Apaan sih Mak Stock Opname?

Stock opname adalah istilah lain dari penghitungan fisik persediaan atau stock. Tujuan diadakannya stock opname adalah untuk mengetahui kebenaran catatan dalam pembukuan, yang mana merupakan salah satu fungsi sistem pengendalian intern (SPI).

Baca : Jualan Laris Tapi Bisa Bangkrut Gara-gara Ini

Biarlah sekarang capek sebentar ngurus stock opname dan rutin catetin barang masuk dan keluar. Yang penting hari esok kita gak kelabakan karena data berantakan ya Mak.

Semangat membangun sistem Emak Setrooong. Supaya prinsip kita bisa terwujud. Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus 😉
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”


  • 0

Jualan Laris Tapi Bisa Bangkrut Gara-gara Ini

Sboplaza.com – Semakin banyak yang curhat ke saya, semakin banyak ilmu yang saya dapatkan Mak. Itulah sebabnya saya senang membuka diri untuk temen-temen yang mau curhat, baik secara online maupun offline.

Mendengar kisah hidup mereka, membuat rasa syukur saya semakin tinggi. Bayangkan Mak, dulu saya pernah setres banget gara-gara rugi produksi Rp.40 juta. Saat itu saya ngerasa menjadi orang paling SENGSARA sedunia.

Ealaaaah.. ternyata penderitaan saya itu hanya butiran debu Mak. Ada seorang Emak Setroong yang punya piutang 12 Milyar. Orang-orang ngutang ke dia Mak, dan ternyata itu sudah hampir 10 tahun, setelah dihitung…uwooooww 12 Milyar.

Piutang belum dibayar, tapi tagihan dari pabrik kan kudu dilunasin. Akhirnya dia pun mencari pinjaman ke bank 6 Milyar. Sisanya entah dari mana lagi dia nutupinnya. Mak main ke gudangnya deh, kalo dilihat dari kasat mata, sedaaap itu stock banyak banget.

Bikin ngiri! Eh pas denger ceritanya… hadeeeh kaga pengen deh. Bisnis yang bikin gak bisa tidur nyenyak. Utangnya gede bener! Sereeem.. Setelah ditelusuri, salah satu penyebabnya adalah kurang SDM untuk mengelola bisnisnya. Gak ada orang yang ngurusin bagian penagihan katanya.

Laporan keuangan juga sesempetnya, kadang ada, kadang gak ada 🙁 Kerjanya rangkap, tumpang tindih, saling lempar tanggung jawab. Intinya mah gak ada jobdes, SOP dan KPI yang jelas.

Bisnis bisa bertahan 12 tahun kan keren banget ya Mak. Tapi ternyata… kusut banget didalam manajemennya. Semoga Mak gak ngalamin kaya gini. Wajar bagi kita sang pemula untuk lebih dulu fokus dulu pada PENJUALAN dibanding SISTEM. Lah kalo gak ada penjualan, apanya yang mau dihitung dan diurus? 😀

Tapi…jangan terlalu lama keasikan belajar jualan aja Mak. Manajemen keuangan dan membangun sistem kudu dipelajari juga. Kan kita mau bisnisnya jangka panjang dan bisa berjalan tersistem. Supaya tujuan awal kita RESGIN dari kantor benar-benar terwujud.

Hayoooo.. masih inget apa tujuan Mak RESIGN? Kan pengen punya banyak waktu sama ANAK. Lah kalo sekarang Emaknya super rempong ngurus jualan sampe anak terlantar, ini apakah sesuai dengan tujuan awal?

Sip…sekarang udah jago jualan. Nah tugas berikutnya adalah kudu bangun tim supaya bisnis bisa berjalan auto pilot. Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus. Mau kan Mak?

4 point dasar yang wajib ada di bisnis Mak:

1. Ada yang ngurus pencatatan dan laporan keuangan.
2. Ada yang ngurus pemasaran.
3. Ada yang ngurus pelayanan.
4. Ada yang ngurus pengiriman, gudang dan produksi/supplier.

Mak boleh pilih salah satu dari 4 point tersebut. Jika dirasa bakat Mak ada di point 1, maka point 2-4 bisa Mak cari karyawan. Atau jika Mak lebih suka point 2, seperti saya, maka point 1, 3, dan 4 kudu cari orang lain untuk ngurusnya. Atau Mak gak suka dengan semua hal tersebut, nah Mak bisa jadi CEO (atau apalah namanya hihiihiii…),

Mak ngurus SDM dan mengontrol semua kinerja karyawan (saya menyebutnya Tim).
Nah yang jadi PR berikutnya adalah gimana caranya nyari karyawan? Gimana hitungan gajinya? Cara ngelolanya gimana? Apa aja pekerjaan mereka? Supaya kinerja mereka bagus gimana?

Hari gini pengangguran banyak, tapi kok susah ya cari yang mau kerja dengan kita? Duh apalah kita, UKM rumahan yang baru aja dirintis. Siapa yang mau kerja sama kita? Belum sanggup kasih UMR pula.

Tenang Mak.. bisa kok, mudah kok asal tahu caranya heheeheee… Intinya saya mau nyemangatin Mak untuk terus giat belajar dan gak menunda bangun tim. Ingat…tujuan awal kita bangun bisnis adalah SUPAYA BANYAK WAKTU UNTUK ANAK.

Baca : Jurus Jitu Poles Kelemahan Jadi Kekuatan

Doain ya Mak, saya dan Teh Lya Herlyanti lagi beresin buku tentang hal ini. Supaya banyak Emak Setrooong yang berani dan mampu membangun tim sehingga bisnisnya bisa berjalan dengan sistem yang baik dan benar. Saya juga masih terus bebenah di RAZHA. Rasanya tuh PR gak ada habisnya. Yah begitulah bisnis.. ketika kita berhenti belajar maka kesuksesan akan meninggalkan kita.

Saya doakan bisnis Mak makin sukses cetar membahana. Makin banyak manfaat untuk keluarga dan juga ummat. Keluarga keurus, bisnis jalan terus 😉 aamiin…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”


  • 2

Jurus Jitu Poles Kelemahan Jadi Kekuatan

Sboplaza.com – Suami saya itu dari nenek moyangnya keturunan fotografer eheheheee.. Lebay ya.. Jadi suami saya itu memang dari kecil sudah akrab dengan dunia fotografi Mak. Kakek fotografer, Om fotografer, Adik fotografer dan yang lainnya juga ada yang di dunia fotografi. Jadi gak aneh kalo suami saya menekuni dunia fotografi.

Tapi… persaingan bisnis fotografi saat ini sadis Mak menurutku. Apalagi kami yang cuma modal seonggok kamera DSLR standar. Jika dibandingan Darwis Triadi, kamera kami ya cupu lah ahahahaa… Ditambah lagi, kami gak punya studio.

Pernah cobain ambil segmen “tarkam”. Apaan tuh tarkam? “Antar Kampung” :p Jadi terima job foto pernikahan yang rumahan, sesekali pernah yang gedung sih. Tapi menurut saya marginnya kecil Mak, jika dibanding proses pengerjaannya.

Karena banyak fotografer amatir yang berani kasih harga rendah. Akhirnya konsumen juga milih kan yang murce. Ah kalo main di segmen ini terus, kapan kayanya :p Kelamaan nabung untuk punya rumah dan pergi haji.

Untuk main di segmen kelas atas, fasilitas kami tidak mendukung. Kami pun tidak punya studio. Boro-boro studio ya, rumah juga masih kontrak sana kontrak sini :p rumah petakan pula hihihiiii.. Hmmm puter otak lagi. Gimana cara bersaing di dunia foto.

Hingga akhirnya Allah kasih petunjuk Mak.. Dengan kondisi kami tidak memiliki studio, justru itu menjadi keunggulan kami. Loh kok bisa? Ya.. karena kami adalah “Spesialis Fotografi Outdoor” ^_^

Kalau studio di ruangan nggak punya, kenapa nggak menjadikan alam sebagai studio kita? Menarik! Akhirnya kami membranding bisnis yang dijalankan dengan kalimat “Spesialis Foto Outdoor”.

Setelah menemukan feel tagline ini, Saya dan suami mulai gerilya mencari customer yang ingin menggunakan jasa kami. Dan tahukah Mak, dalam satu bulan itu kami mendapatkan 30-an klien yang menggunakan jasa yang kami tawarkan.

Dapet dari mana? Online Mak… yes.. 100% online! Saya hanya memanfaatkan iklan gratis. Dari melek mata sampe merem mata saya nguplek didepan komputer untuk ngiklan.

Saya dan suami membuktikan bahwa bisnis nggak perlu modal besar. Lalu yang diperlukan apa? ILMU dan KERJA CERDAS. Nah kemudian muncul lagi masalah baru. Setelah klien menghubungi mau menggunakan jasa kami, mereka mau main ke kantor kami.

Waduuuh gimana ini? Malu donk kalo mereka dateng ke kontrakan petakan kami ahahahaa.. Dengan sigap saya bilang gini Mak: Mba rumahnya dimana? Kita ketemuan di tengah aja yuk, biar Mba gak kejauhan kalo kesini. 😀

Alhasil resto/cafe menjadi titik pertemuan kami ^_^ Disanalah terjadi transaksi yang menggiurkan heheheee… Jadi jaman sekarang mah gak wajib kok punya kantor di pinggir jalan :p

Oh iya, ada lagi nih Mak. Sebagai nilai tambahnya, saya menyediakan jasa Make Up gratis untuk pemotretan. Lalu menjadi biaya tambahan donk untuk kami? oh tentu tidak, kan yang Make Up in saya hihihiii.. belajar kilat dari adik dan juga teman saya yang memang bisa Tata Rias.

Ya modal dikit lah untuk peralatannya, tp yg biasa aja. Nanti gimana kalo diprotes hasil Make Up nya gak bagus atau mereka mau yang super duper Make Up nya? Tenang Mak.. saya punya jurus untuk yang satu ini.

Kembali fokus kita adalah Kelemahan Menjadi Kekuatan. Disaat kami meeting dengan klien, kami pun membahas mengenai si Make Up ini. Saya menjelaskan, Make Up yang bagus itu yang natural. Supaya orang yang melihat foto bisa fokus ke si object foto, bukan ke make up yang aneh-aneh.

Lagi pula kita ini konsepnya outdoor, jadi lebih cocok makeup natural. Dan yang lebih pentingnya lagi, kalo motret outdoor, kita dikejar waktu. Kalo kelamaan ngurus makeup, nanti keburu siang, cahaya mataharinya terlalu keras, fotonya jadi kurang bagus.

Apakah klien setuju? Ya tentu saja heheheee….

Tapi lama-lama bosen juga main di segmen ini. Hingga akhirnya 2012 kalo gak salah. Kami punya ide lagi untuk bisnis foto. Kalo dulu kita cari klien 1-1. Sekarang saya mau dikerubutin klien sekaligus 😀 Saya membuat Lomba Foto dengan tema “Make Over Me”.

Jadi peserta datang ke studio, kami Make Up, ada pilihan pakaian dan aksesoris, ada pengarah gaya. Dijamin mereka akan beda dibanding kesehariannya. Dan jangan lupa, wajahnya di edit di Photoshop supaya lebih kinclong. Perempuan mana sih yang gak suka terlihat cantik 😀

Lalu bagaimana dengan hadiahnya? Apakah saya keluar modal? Hampir tidak Mak. Karena hadiah saya dapatkan dari para sponsor 😀 Yang merupakan teman-teman saya di Facebook sesama Olshop. Profit saya dimana? Dari biaya pendaftaran peserta ^_^

Ternyata dari 1 bisnis, ketika di ulik, ada banyak sumber income. Tidak sampai disitu, suami saya pun pernah saya sarankan untuk membuat proposal “Ekstrakulikuler Fotografi untuk SLTA” dan ditawarkan ke beberapa sekolah. Alhamdulillah nyangkut di sekolah internasional, beberapa tahun suami saya ngajar disana. Enaknya ekstrakulikuler, pelajarannya basic, ngajarnya sebentar. Waktu kosong, bisa tetap ngurus bisnis.

Ternyata suami saya ini ada bakat di dunia pendidikan. Pola dan cara ngajarnya bagus menurut saya. Karena saya matre :p maka saya cari ide lagi gimana supaya suami saya ngajar dengan bayaran lebih besar. Akhirnya saya membuka Wokrshop Photography untuk Online Shop. Alhamdulillah banyak peminat dan banyak income bagi saya heheheheee.. Kan jadi istri kudu matre ya Mak, soalnya biaya hidup sekarang mahal 😀 Apalagi biaya ke salon wakakkakaaa…

Baca : GAWAAAAT!! Jangan – Jangan Nasib Kita Akan Berakhir Seperti Ini 🙁

Ada lagi ide baru saya untuk suami di bidang fotografi. Tapi saya belum bisa bocorin sekarang.. karena ini masih coming soon 😀 Mulai sekarang, berhenti mengeluh ya Mak. Buka mata dan hati, Allah maunya apa?

Allah maunya kita terus belajar dan bertumbuh, agar semakin banyak manfaat kita di muka bumi untuk bekal nanti di kehidupan yang sebenarnya. Dan waspada Mak, sifat kita yang suka mengeluh, nanti dicontoh anak-anak looh..

Saya doakan Mak menjadi Emak Setrooong kebanggan dan tauladan anak-anaknya. aamiin..

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”


  • 0

GAWAAAAT!! Jangan – Jangan Nasib Kita Akan Berakhir Seperti Ini :(

Sboplaza.com – Merintis bisnis dari NOL, jungkir balik gedeeinnya, nangis-nangis mempertahankannya. Eh ternyataaa… uang di rekening kosong 🙁

  • Pas mau gaji karyawan, saldo kurang 🙁
  • Bentar lagi anak mau masuk SD/SMP/SMA/KULIAH ternyata belum cukup tabungan untuk memenuhi angkanya yang super fantastis 🙁
  • Ngedadak keluarga sakit, tapi cash gak ada 🙁
  • Bosen jadi kontraktor (ngontrak rumah sana sini) tapi tabungan habis terus untuk hal gak jelas, kapan bisa punya rumah 🙁

Padahal…kayanya…perasaan..omset lumayan loh. Tapi kemana ya uangnya? 🙁

Banyak bisnis bangkrut, bukan karena produknya yang jelek sehinggak gak laku. Bahkan ada bisnis yang omsetnya milyaran tapi akhirnya gulung tikar, bukan karena dikalahkan kompetitor.

Ternyata bisnis mereka bangkrut karena dikalahkan DIRI SENDIRI.

Waduuuuuh? Yes.. karena ownernya tidak punya ilmu dalam mengatur keuangan. Sebanyak apapun uang yang dihasilkan, ujung-ujungnya hilang tak berbekas, bagaikan kentut yang tertiup angin. Awalnya saja bikin kaget, tapi kemudian hilang dalam sekejap. 😀

Apakah Anda termasuk yang kesulitan dalam mengatur keuangan? Maka 2017 adalah saat yang tepat untuk Anda meningkatkan kapasitas diri dalam hal finansial. Selamatkan dirimu, maka bisnismu akan selamat 😉
Jika belum siap tobat, maka jangan ikut acara ini!

8 Disiplin Finansial
by Coach Darmawan Aji

***

Ini contoh copywriting yang saya buat pagi ini dalam waktu hitungan menit untuk iklan acara TDA Bandung (WWC). Duluuuu susah bangeeeet merangkai kata. Salah satu mata pelajaran yang saya tidak suka adalah Bahasa Indonesia. Paling males disuruh mengarang bebas. Hadeeeeh buntu mau nulis apa.

Saat ini menulis menjadi suatu KEWAJIBAN bagi saya pebisnis online. Kudu bikin orang baper biar mau ngelirik kita, yang ujung-ujungnya nyangkut soal orderan. Setelah saya renungkan.. sepertinya ada 3 skill wajib yang harus dimiliki anak kita dimasa depan. Dimana persaingan semakin sengit.

1. Berbicara yang didengar dan berpengaruh. Apapun profesi anak-anak kita nantinya, mereka harus mampu menyampaikan produk/jasa/kebaikan/manfaat kepada dunia secara lantang.

Kita sudah melihat bagaimana pidato orang-orang hebat dapat memberikan pengaruh kepada dunia. Nah masalahnya jika orang yang jago bicara itu adalah “orang jahat” bagaimana nasib peradaban kita? Mari Mak kita cetak pejuang tangguh penegak kebenaran.

2. Menulis yang mampu menggugah dan menggerakkan. Era digital membuat issue bisa beredar dalam hitugan detik. “Penjahat” gak lagi hanya merusak bumi melalui tindakan fisik. Mereka merancang konten tulisan dengan sedemikian rupa untuk bisa menggiring opini, menghasut, melecehkan, membohongi publik secara halus.

Hingga akhirnya orang yang membaca tulisan tersebut tidak sadar, dia sedang “dicuci otak” oleh para penjahat. Ayo Mak kita cetak generasi penegak keadilan yang mampu membuat tulisan dengan indah, menggugah dan bisa menggerakkan peradaban menjadi lebih baik.

3. Berjejaring seluas-luasnya. Ah ini sih sudah tidak diragukan lagi ya Mak. Silaturahim membawa rejeki. Bukan hanya rejeki secara materi saja tentunya. Perdamaian di dunia juga bisa kita jaga jika sesama manusia di muka bumi menerapkan ilmu silaturahim.

Ajak anak-anak bangkit dari tempat duduknya, lepaskan dia dari gadget. Kenalkan mereka pada dunia, perbanyak teman hingga manca negara, buka cakrawalanya, giring visi dan misi hidupnya bukan hanya untuk perut sendiri.

Baca : Strategi Meningkatkan Penjualan Secara Mudah

Mari kita singsingkan daster Mak. Tugas kita sebagai ibu banyak banget ya ternyata 😀 Udah gak ada lagi waktu buat gosip, sinetron serta rumpi gak jelas. Dan jangan lupa Adab, Iman dan Islam keluarga juga terus kita perbaiki setiap hari.

Jadi kalo ada yang tanya “kesibukannya apa Mba?”

Kita jawabnya “Mencetak generasi yang bisa membawa peradaban menjadi lebih baik.” Sedaaaap hehehehee… jadi gak boleh lagi bilang “cuma ibu rumah tangga”. Emang lo kira jadi ibu itu gampang? :p

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”


  • 0

Strategi Meningkatkan Penjualan Secara Mudah

Sboplaza.com – Perjalanan singkat ke Cirebon kemarin memberikan banyak limpahan ide menarik bagi saya. Yah begitulah ya Mak, otak dagang hahahahaaa… Kalo jalan-jalan tuh tetep aja selalu berusaha melihat segala sesuatunya dari sudut pandang “pelajaran bisnis” bagi saya.

Begitu sampe Cirebon…beeeuuuuhhh itu foto Mba Sally Giovanny cantik banget segede gambreng di jalan. Saya bisikin ya Mak, Mba Sally itu bukan cuma cantik luarnya aja, cantiknya lahir batin Mak. Duuuuh bikin ngiri.. eeiiitttsss ngiri yang positif boleh loh. Biar kita termotivasi untuk terus berproses menjadi lebih baik.

Yang bikin saya tergelitik adalah kalimat di papan iklan Batik Trusmi. Bahasanya mudah diingat dan unik. Calon konsumen diminta untuk memfoto papan iklan tersebut dan akan mendapatkan hadiah dari Batik Trusmi. Saat itu saya gak foto, karena udah kadung ngebut mobilnya.

Jam 7.30 malam kami sampai di Cirebon, gak mau langsung ke hotel, mau kulineran dulu. Sesuai rekomendasi Mba Sally dan teman-teman lainnya, saya pun meluncur ke Nasi Jamblang Bu Nur.

Ya ampuuun lagi-lagi saya menemukan papan iklan (kali ini ukurannya kecil, karena berada di dalam ruang tempat makannya, tepatnya di atas sang kasir) dari Batik Trusmi yang isinya pun menggelitik saya. Jika memfoto iklan tersebut, maka akan mendapatkan kain batik gratis dari Batik Trusmi. Kali ini saya gak mau kelewatan, saya foto lah.

Keesokan harinya selesai acara kami menyempatkan diri main ke Batik Trusmi. Ya nasib… belum jodoh ketemu Mba Sally Lagi. Ketika saya menghubungi Mba Sally, beliau menjelaskan “sedang menemani suami buka puasa” aaaah so sweeeet, dalam hati spontan saya ucapkan. Menomor satukan keluarga, itu yang paling utama.

Info penting buat Mak… Nasi Tutug Ikan Asin di Batik Kitchen enaaak bangeeet 😀 ah rasanya pengen bungkus untuk disimpen dirumah ahahhahaa.. Kami juga pesen beberapa menu lainnya yang menyesal saya gak ikut makan wakakakaa.. recommended Mak, harganya juga bersahabat. Suasananya nyaman dan unik.

Lagi-lagi pikiran saya melayang sambil melihat setiap detail ruang yang ada disana. Oh begini…oh begitu… noted. Pelayanannya pun ramah. sssttt.. jangan bilang-bilang ya.. saya tuh makan disana gak bayar loh. Kok bisa? Saya gak kabur kok ahahhahaa… Kami terkejut saat mau bayar, eh gak boleh bayar, waduh… ternyata sudah dibayar oleh Mba Sally. Tuh kan bener..Mba Sally romantis hihiiii.. Gak cuma ke keluarga, teman dan kerabatnya juga dibikin romantis cwiwiiiit… Makasi cintaaa 😉

Namanya Emak-Emak kalo gak belanja oleh-oleh itu gak sah :p Untungnya di Batik Trusmi itu konsepnya one stop shopping, segala ada Mak, lengkap. Maklum badan udah merentek dan cuaca hujan, males lah kemana-mana. Ada ruang bermain anak juga loh..cucok nih anak-anak main Bunda puas belanja ahahahaaa…

Ketika di kasir, saya mau menghilangkan kepo atas iklan yang tadi saya foto. Mbak..ini maksudnya apa ya ada keterangan kalo difoto dapet batik gratis? Iya bu kami menyediakan batik gratis untuk konsumen dengan pembelian tertentu.
AHA..cerdas nih… bisa kita terapkan Mak di Bisnis Online 😉

Silaturahim dan Kolaborasi menjadi 2 kata kunci dalam strategi promonya. 2 bisnis yang memiliki Target Market yang sama, melakukan cross marketing. Contohnya gini Mak, saya jualan RAZHA, saya akan ajak kerjasama dengan produsen/toko gamis. Karena di online, jadi harus kita modifikasi konsep iklannya, gak bisa sistem foto kan ya. Bisa dengan: belanja di toko A, gratis Inner Ninja RAZHA.

Yang tadinya konsumen di toko A gak kenal RAZHA, akhirnya jadi kenal. Dan konsumen di toko A juga senang karena merasa mendapat bonus. Namun. ada syarat ketentuan berlaku. Konsumen harus belanja langsung di RAZHA atau Mitra RAZHA. Jadi hadiah tidak diberikan oleh toko A.

Nah sekarang sebaliknya.. Belanja produk RAZHA, dapet produk A gratis ataupun potongan harga. Dengan syarat konsumen menghubungi langsung toko A dan ada minimum pembelanjaan.

Baca : Jurus Ampuh Mengalahkan Kompetitor Bisnis dengan 9T

Silaturahim membuka pintu rejeki… ayo Mak kita kolaborasi 😉 Seru ya proses belajar..kapan aja, dimana aja, sama siapa aja. Kuncinya: Buka hati dan pikiran untuk menerima hal baru dan menikmati proses belajarnya.

Saya salut banget dengan semangat belajarnya Mba Aisha owner ARFAH, pantes aja bisnisnya terus bertumbuh, makin laris manis, termasuk khimar yang saya pake ini 😉 recommended!

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”