Cara Terlindung Dari Kejahatan Dunia Maya Saat Bertransaksi via Online

  • 0
Cara Terhindar Dari Kejahatan Dunia Maya

Cara Terlindung Dari Kejahatan Dunia Maya Saat Bertransaksi via Online

Sboplaza.com – Perkembangan bisnis online yang selalu meningkat dengan pesat memang terbukti menawarkan peluang yang menakjubkan bagi para pebisnis. Akan tetapi, masih ada persoalan krusial yang cukup menghambat para pebisnis online di Indonesia. Persoalan tersebut ialah masalah kepercayaan. Masih banyak orang yang belum mempercayai kemudahan berbelanja di dunia online.

Dikarenakan proses yang dilewati harus melalui online dan tidak memungkinkan bagi penjual dan konsumen untuk bertatap muka secara langsung. Selain itu, konsumen masih banyak yang ragu terkait cara melakukan transaksi di dunia online. Banyak diantaranya mengaku takut tertipu dan belum siap untuk mempercayakan nomor kartu kredit ke pihak online shop.

Bila ditelusuri secara mendalam, krisis kepercayaan seperti ini sebenarnya memiliki solusi pemecahannya. Yaitu dengan memanfaatkan layanan transaksi yang telah dibekali tingkat keamanan tinggi. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan transaksi online dengan memanfaaatkan internet banking dan mobile banking.

Cara Terhindar Dari Kejahatan Dunia Maya

Namun, di dunia internet. Seringkali pencurian data kerap kali terjadi. Seperti hack, virus, malware, spam dll. Untuk itu, berikut ini cara untuk terlindung dari berbagai macam kejahatan di dunia maya saat bertransaksi online.

1. Selalu ganti password secara berkala

Pastikan Anda untuk selalu mengganti kata kunci atau pin secara berkala. Misalnya saja sebulan sekali jika memungkinkan. Selain itu, jangan pernah memasukkan kata kunci yang sama untuk setiap bank yang berbeda. Kemudian untuk pilihan dalam membuat password. Pastikan password tersebut cukup unik, terdiri dari kombinasi angka, huruf ataupun symbol.

2. Terapkan perlindungan ekstra

Selain menggunakan password, Anda juga dapat memberikan pelindungan ekstra dengan mekanisme login menggunakan username dan password tambahan. Contohnya ketika Anda mengirimkan kode melalui layanan sms ke nomor handphone pelanggan sebelum menyelesaikan seluruh pembayaran. Anda juga dapat memasang kode captcha atau kode yang dapat membuat situs web Anda terhindar dari bot.

3. Hati – hati saat berkirim data via perangkat mobile

Agar terhindar dari bahaya kehilangan data yang dapat mengancam Anda dan konsumen Anda. Anda disarankan untuk tidak sembarangan menggunakan wifi di tempat publik. Matikan fitur konektivitas bila tidak dipakai.

Demikian cara untuk terlindung dari berbagai macam kejahatan di dunia maya saat bertransaksi online. Semoga dengan informasi yang kami hadirkan ini. Dapat membantu Anda untuk terhindar dari bahaya bertransaksi online yang dapat mengancam Anda kapanpun dan dimanapun.


Leave a Reply