Cara Sederhana Memanage Stok yang Baik

  • 0

Cara Sederhana Memanage Stok yang Baik

Sboplaza.com – Cara Sederhana Memanage Stok yang Baik

Sistem manajemen barang ini sering luput dari perhatian pebisnis baru. Manajemen barang tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan kenapa? Karena hal ini bila tidak diperhatikan sedetail mungkin bisa menyebabkan kerugian. Coba Mak perhatikan lagi apakah sistemnya sudah benar? Sering dicek atau tidak? Ngaku 😛 hihih

Beberapa point sederhana yang bisa memanage stok barang dengan baik:

1. Administrasi

Administari merupakan proses pencataran penerimaan dan pengeluaran barang secara akuntasi, pengendalian dokumen, authorisasi sampai pelaporan stok barang
 

 

2. Penerimaan Barang

Buatlah prosedur bagaimana penerimaan barang misal dari konveksi ke kita bisa berupa invoice, lalu cocokan barang yang datang sama atau tidak, jika sudah akurat simpang barang ke gudang.

3. Penyimpanan Barang

Setelah barang datang dan diterima masukan barang tersebut ke gudang tapi sebelum dimasukan Mak harus mempunyai pencatatan di gudang (kartu stok) disetiap raknya dan tidak boleh disatukan, pisahkan rak dan catatan sesuai variant barang.

Kalau di RAZHA saya pakai kertas biasa yang dilaminanting lalu di tempelkan sticker untuk buku yang bisa ditulis pakai pinsil itu Mak. Setiap barang yang masuk kegudang selalu dicatat di dalam kartu stok ini sesuai variant dan warnanya Mak.

4. Pengeluaran Barang

Setiap ada orderan dan barang keluar jangan lupa di kartu stok pun harus dihapus atau dikurangi jumlah barangnnya, ingat ya Mak harus selalu dihapus untuk menghindari ketidak akuratan barang yang ada dengan catatan, ketika customer order hijab warna merah di catatan ada eh tapi pas cek stok malah kosong.

Kartu stok ini harus selalu digantung di rak jangan hanya di buku agar tidak kelupaan, siapapun yang ambil barang digudang tim harus selalu mengurangi jumlahnya.

 
Baca: Mengubah DP (Display Picture) Facebook Menjadi Animasi Pendek Untuk Promosi

5. Stock Opname

Selalu lakukan stock opname minimal 2 minggu sekali karena namanya manusia pasti pernah melakukan kesalahan atau lupa dan pengimputan data barang masuk dan keluar jadi barang selalu dicocokan keakuratan datanya.

5 hal ini selalu dilakukan oleh tim RAZHA sayapun masih perlu mengevaluasi lagi untuk menjadi lebih baik dalam memanage nya.

Ayo Mak Erita Zurahmi ngajar di SBO ajarkan saya dan juga Mak-Mak Setrong ilmu dahsyatnya untuk memanage stok biar makin mantap Mak hihihi 😀


Leave a Reply