Cara Mengelola Serta Mengamankan Gaji Bulanan Agar Tidak Habis Percuma

  • 0

Cara Mengelola Serta Mengamankan Gaji Bulanan Agar Tidak Habis Percuma

Sboplaza.com – Mungkin Anda pernah bertanya – Tanya pada diri sendiri. Mengapa gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya seringkali habis tak tersisa? Padahal gaji yang Anda dapatkan mungkin lebih mencukupi kebutuhan sehari – hari Anda selama sebulan. Bila Anda merasakan hal demikian, mungkin Anda melewatkan aktivitas penting yang seharusnya Anda lakukan yakni mengelola keuangan pribadi.

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Maka dari itu, pengelolaan gajinya pun berbeda. Namun, yang terpenting bagi Anda adalah cara bagaimana gaji yang Anda gunakan tidak habis atau terbuang secara percuma. Berikut ini tips mengelola gaji bulanan Anda agar tidak cepat habis.

  1. Menentukan prioritas

Saat Anda menerima gaji bulanan, silahkan membuat pembagian prioritas yang harus Anda utamakan. Utamakan gaji Anda untuk kebutuhan pokok misalnya untuk membayar tagihan telepon, tagihan internet, tagihan air, tagihan listrik dan berbagai tagihan lain yang bersifat penting. Yang manakala Anda tunda pembayarannya, maka akan berdampak buruk pada kehidupan Anda.

  1. Sisihkan uang di dalam dompet secukupnya

Disarankan Anda tidak banyak mengantongi uang dalam dompet dengan jumlah yang banyak. Karena hal itu justru akan membuat Anda tergoda untuk menggunakanannya. Jadi, pastikan Anda hanya membawa uang sesuai dengan jumlah yang Anda butuhkan. Dengan begitu, uang gaji Anda akan utuh tak tersentuh.

Baca : Tips Jitu Agar Mendapatkan Kepercayaan Dalam Tim Bisnis

  1. Jangan lupa menabung

Menyisihkan uang untuk ditabung hendaknya menjadi kebiasaan yang tak boleh Anda lewatkan. Dan menabung itu hendaknya dilakukan di awal Anda menerima gaji Anda. Jangan menunda – nunda untuk melakukan aktivitas menabung. Karena biasanya, uang sering terlanjur habis bahkan sebelum Anda berhasil menyisihkannya. Terlebih lagi, menabung juga bermanfaat untuk keperluan mendadak yang mendesak di masa yang akan datang.

  1. Membuat jadwal kapan Anda berbelanja kebutuhan

Usahakan Anda menentukan hari dimana Anda berbelanja kebutuhan pokok Anda. Jangan lupa untuk menuliskannya, agar tidak ada kebutuhan yang terlewatkan. Dengan mengagendakan waktu yang tepat untuk berbelanja. Ini akan membantu Anda untuk mendisiplinkan diri agar tidak berbelanja diluar dari waktu yang telah Anda jadwalkan sebelumnya.

Baca : 3 Jenis Pilihan Investasi Yang Tepat Untuk Anda Yang Memiliki Uang Kurang Dari 1 Juta

  1. Kurangi aktivitas nongkrong atau main diluar rumah

Mungkin hal ini terdengar cukup berat dilakukan, namun tak masalah bila Anda melakukannya sesekali. Hanya saja, jangan sampai Anda melakukannya berulang kali atau bahkan sering. Karena hal ini tentu akan menguras dompet Anda lebih dalam lagi.

 


Leave a Reply