Konsumen Anda Suka Membanding – Bandingkan Harga? Berikut Ini Cara Mengatasinya

  • 0
Cara menyikapi konsumen yang suka membandingkan harga

Konsumen Anda Suka Membanding – Bandingkan Harga? Berikut Ini Cara Mengatasinya

Sboplaza.com – Dalam menjalankan bisnis, tentu Anda akan seringkali bertemu konsumen dengan berbagai karakter unik yang dimilikinya. Disisi lain, hal itu akan menguji kesabaran Anda, namun kehadiran konsumen dengan berbagai karakter unik tentu menjadi ajang untuk meningkatkan mutu pelayanan Anda pada konsumen.

Dari banyaknya tingkah laku konsumen, salah satu karakter konsumen yang sering Anda temui adalah karakter konsumen yang senang sekali membanding-bandingkan harga. Sebagai penjual yang professional, pastinya Anda tidak boleh salah kaprah dalam menyikapi konsumen dengan karakter seperti itu. Berikut ini kiat ampuh cara menyikapi konsumen yang senang membanding – bandingkan harga.

1. Mencoba memahami bahwa harga yang bervariatif adalah sebuah kewajaran

Faktanya, setiap pebisnis tentu memiliki perhitungannya masing – masing. Hal itulah yang kemudian mempengaruhi harga jual suatu produk. Memang banyak konsumen mendambakan produk dengan kualitas baik dan harga terjangkau.

Akan tetapi, Anda harus tetap percaya diri dengan harga produk yang Anda tawarkan. Paparkan keunggulan yang tak akan konsumen temukan di dalam produk lain. Sehingga konsumen akan tertarik dan memilih produk yang Anda tawarkan.

Cara menyikapi konsumen yang suka membandingkan harga

2. Jangan sampai Anda terpedaya dan terprovokasi

Bersikaplah tenang dalam menghadapi konsumen yang membanding – bandingkan harga. Jangan langsung memberikan keputusan untuk menurunkan harga. Karena bagaimanapun juga, keputusan dalam menurunkan harga harus menyesuaikan dengan jumlah keuntungan yang akan didapat.

Dan apabila yang kita tawarkan adalah harga tetap, maka pastikan harga tersebut tetap Anda pertahankan. Jangan sampai Anda berubah fikiran. Ungkapkan pada konsumen bahwa produk Anda memiliki keunggulan terbaik.

3. Kenali calon konsumen Anda

Setiap orang tentu memiliki kecenderungan yang berbeda – beda. Terlebih lagi hal itu juga karena setiap orang memiliki tempat tinggal yang berbeda pula. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari teknik negosiasi yang digunakan calon konsumen. Sehingg Anda dapat dengan mudah mengambil langkah yang tepat untuk menghadapinya.

4. Paparkan stigma ada harga ada kualitas

Bagian terpenting dari produk yang Anda miliki adalah kualitas dari produk Anda tersebut. Karena akan sangat percuma bila produk yang Anda tawarkan tidak memiliki kualitas terbaik. Yang ada, calon konsumen Anda pasti tidak akan mempercayakan kebutuhannya pada Anda.

Selain itu, Anda tidak boleh memanfaatkan ketidaktahuan konsumen terhadap produk. Pertahankan kredibilitas Anda sebagai pebisnis dengan menawarkan harga produk yang sesuai dengan kualitas produk yang Anda tawarkan.

Baca juga : Alasan Mengejutkan Mengapa Produk yang Anda Tawarkan Tidak Memikat Hati Konsumen

Demikianlah kiat ampuh cara menyikapi konsumen yang senang membanding – bandingkan harga. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat nyata serta solusi untuk Anda yang seringkali berhadapan dengan konsumen yang suka membanding – bandingkan harga.


Leave a Reply