Cara Mengatasi Keraguan Dalam Memulai Bisnis

  • 0

Cara Mengatasi Keraguan Dalam Memulai Bisnis

Sboplaza.com Begitu banyak orang yang bermimpi bisa membangun usahanya sendiri. Sayangnya, niat itu terkadang tak pernah terwujud karena terhalang oleh rasa takut yang mendalam. Mereka merasa tak mempunyai bakat sebagai seorang wirausaha, tidak memiliki pengalaman, atau bahkan tidak memiliki modal yang besar. Namun, jika  Anda memulai bisnis sesuai dengan passion Anda, tak ada lagi yang perlu Anda takutkan. Ikuti saja cara mengatasi keraguan dalam memulai bisnis berikut ini :

1. Fokus Pada Sisi Positifnya

Belum apa-apa sudah memikirkan bagaimana kalau gagal, itu artinya Anda kalah sebelum berperang. Jangan kaget bila kekuatan pikiran membuat Anda menjadi gagal betulan. Ubahlah pola fikir Anda dari “Saya tidak tahu apakah saya bisa” menjadi “Saya bisa memulai bisnis sekarang dan saya bisa menjadi sukses”.  Awali langkah Anda dari hal yang terkecil seperti mulai memikirkan apa yang akan saya jual, menentukan lokasi dan mencari partner bisnis.

2. Melakukan Riset

Jika Anda melakukan riset pasar dan mempelajari segmen pasar, Ada baiknya Anda membuat keputusan yang benar dan memberikan petunjuk bagaimana harus menjual produk, serta di mana dan siapa yang harus menjualnya. Anda juga harus membuat visi dan misi agar tujuan Anda menjalankan bisnis jelas dan bisa sukses.

3. Menyiapkan Rencana Cadangan

Miliki modal yang cukup sehingga Anda tidak menginvestasikan semua tabungan kehidupan Anda. Jika Anda berencana berbisnis sambil tetap bekerja, Anda bisa sedikit menabung dan menyusun rencana cadangan jika ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana. Kalau Anda berniat mengundurkan diri dari perusahaan untuk menjalankan bisnis, akan lebih baik jika Anda juga sudah memiliki tabungan yang memadai. Persiapan keuangan tak boleh sekedar mampu membiayai usaha, tetapi juga mampu membiayai hidup Anda selanjutnya ketika bisnis Anda gagal.

4. Memulainya Sekarang

Jangan terlalu lama berpikir dan menunggu dalam memulai sebuah usaha. Yakini diri Anda serta visi dan misi yang telah Anda buat, lakukanlah riset, dan buatlah keputusan yang tepat. Atasi segala kekhawatiran Anda dan segera jalankan bisnis Anda. Apalagi, jika bisnis ini berhubungan dengan passion Anda. Dengan passion, Anda akan memiliki kekuatan untuk menjalankannya dengan tekun.

Baca Juga : Tips Agar Mendapatkan Karyawan Yang Berkualitas


Leave a Reply