Cara Mengatasi Keluhan Pelanggan Bagi Pemilik Online Shop

  • 0
Cara Mengatasi Keluhan Pelanggan Online Shop

Cara Mengatasi Keluhan Pelanggan Bagi Pemilik Online Shop

Sboplaza.com – Tentu anda pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa “Pembeli adakah raja” dan pastinya hal ini sangat tepat dengan maraknya pelaku bisnis yang tersebar dimana – mana. Mulai dari jual beli produk elektronik hingga merambah dunia fashion dan makanan ringan pun kini telah berhasil di jual secara online.

Lain halnya dengan bisnis offline yang bertatap muka langsung dengan pelanggan. Tentu dalam menjalani bisnis online, anda memiliki tantangan untuk bertransaksi dengan pelanggan yaitu jarak. Terlebih lagi, pelanggan juga tidak dapat melihat barang yang hendak dibelinya secara langsung. Melainkan hanya mengandalkan karakteristik yang nampak di dalam sebuah foto.

Namun, diluar dugaan. Barang yang hendak dikirimkan pada pelanggan mengalami kendala seperti hambatan dari pengiriman yang tak pernah diprediksikan sebelumnya atau adapun masalah kondisi barang yang diterima pelanggan tidak sesuai dengan yang diinginkannya. Seringkali khususnya para pemilik online shop merasa kebingungan untuk menghadapi complain dari pelanggannya. Berikut ini Cara Mengatasi Keluhan Pelanggan Bagi Pemilik Online Shop.

1. Dengarkan keluhan pelanggan dengan seksama

Ketika pelanggan mengutarakan complain atau keluhan, ada baiknya anda mendengarkannya dengan seksama. Jangan sampai anda memotong pembicaraannya. Terlebih lagi bila pelanggan anda berbicara dengan nada yang terkesan emosional. Anda cukup mendengarkannya dan barulah anda memberikan penjelasan yang berarti setelah pelanggan anda menyelesaikan ucapannya. Selain itu, anda juga jangan sampai terpancing atau bahkan tersulut emosi karena nada bicara pelanggan anda tersebut.

Cara Mengatasi Keluhan Pelanggan Online Shop

Source : Google.com

2. Pastikan anda tetap menjaga wibawa dan tidak terlihat kaku

Tak jarang banyak ditemui pelanggan yang merasa keluhannya tidak ditanggapi karena sikap pemilik online shop tersebut yang terkesan kaku. Sebaiknya anda gunakan Bahasa yang santai namun tetap sopan dan hindari menggunakan kata – kata yang tidak dipahami oleh pelanggan.

Menjaga wibawa adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan, khususnya oleh anda piemilik online shop. Dan apabila mendapatkan complain, jangan sampai anda menyalahkan pelanggan atau terlalu menyalahkan diri sendiri.

3. Ajukan solusi pada pelanggan

Saat pelanggan anda menyampaikan keluhannya, anda dapat memberikan pilihan solusi yang efektif sebagai jalan keluar dari permasalahan anda dan pelanggan anda. Pastikan solusi yang diajukan tidak membuat pelanggan merasa rugi dan juga tidak merugikan anda selaku penjual. Solusi tersebut bias berupa retur atau pengembalian barang dan juga bias dalam bentuk refund alias penawaran uang kembali.

Baca juga : Tahap Mendelegasikan Tugas ke Karyawan

4. Berikan kepastian berupa kabar follow up

Ketika semua telah disepakati dan masing – masing antara pembeli dan penjual telah mendapatkan solusi. Pastikan anda konsisten untuk menjalankan solusi tersebut. Setelah, menjalankan solusi tersebut, anda juga jangan lupa untuk memberi kabar terhadap pelanggan guna menghindari complain lagi dari pelanggan.

Demikian cara mengatasi complain pelanggan bagi pemilik online shop. Semoga cara yang telah kami paparkan tadi dapat memberikan manfaat dan solusi nyata bagi anda yang ingin menyelesaikan permasalahan complain dari pelanggan.


Leave a Reply