Cara Menentukan Target Market yang Potensial.

  • 0

Cara Menentukan Target Market yang Potensial.

Sboplaza.com – Cara Menentukan Target Market yang Potensial.

Penentuan target market yang tepat sangat berpengaruh bagi perkembangan bisnis Mak. Apalagi bagi pemula hal utama yang perlu dilakukan adalah menentukan target market sebelum berjualan. Kalau tidak ditentukan diawal lalu mau dijual kemana barangnya?

Kebanyakan dari pebisnis awal tidak begitu memperhatikan dan masuk banyak yang tidak mengerti mengenai target market ini. Berbisnis tidak hanya memikirkan produk habis, produk laku, itu terus yang ada di benaknya tetapi masih banyak hal yang perlu dibenahi dan target market adalah salah satunya.

Saya beri gambarannya ya Mak. Mak tahu ice cream Haagen Dazs?  Harganya itu bisa terbilang mahal bagi sebuah ice cream. Seukuran magnum saja harganya bisa sampai 80.000-120.000 bahkan ada yang lebih dari 200.000 sedangkan magnumnya sendiri hanya berada disekitaran 12.000-15.000.

Apakah Haagen Dazs laku? Yaaa laku Mak, banyak peminatnya karena Haagen Dazs sudah tahu dan faham target market yang mereka butuhkan dan tepat sasaran. Haagen Dazs tidak dijual di sekolah-sekolahan atau di kampus-kampus dan hanya tersedia di supermarket besar atau Mall.

Kenapa? Soalnya sekolah atau kampus bukan target mereka, anak sekolahan atau mahasiswa akan berfikir berkali-kali untuk membeli ice cream ini dan sistem penjualannya pasti akan sangat lambat. Haagen Dazs dijual di Mall karena itu memang tempat yang tepat bagi dia hehehe sebanding dengan tempat dan juga harganya.

Memang ada beberapa dari anak sekolahan atau mahasiswa yang diberi uang jajan cukup besar oleh orang tuanya dan bisa hangout menghabiskan waktu di Mall belanja barang-barang mahal. Tetapi tetap meraka hanyalah bonus bagi Haagen Dazs bukan target market yang sesungguhnya.

 

Baca: 5 Langkah Sukses di Usia Muda


Gimana Mak udah ngerti? Coba sekarang ambil buku dan juga pensil lalu jabarkan produk-produk yang Mak jual, berapa harganya, produknya bisa digunakan untuk general atau khusus laki-laki atau khusus perempuan, produknya untuk anak muda atau untuk Mak-Mak. Kalau baju anak kecil target maketnya siapa Mak? Ya orang tuanya Mak  😀 kan nanti yang bakalan beli orang tuanya buka anaknya hihihi

Segini dulu materi hari ini ya Mak semoga bermanfaat dan selamat praktek 😉


Leave a Reply