4 Strategi Jitu Cara Menentukan Harga Jual Suatu Produk Atau Barang

  • 0
4 Strategi Jitu Cara Menentukan Harga Jual Suatu Produk Atau Barang

4 Strategi Jitu Cara Menentukan Harga Jual Suatu Produk Atau Barang

Sboplaza.com – Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini banyak sekali produsen yang melakukan kegiatan produksi dalam skala besar maupun skala kecil. Akan tetapi, dari sekian banyak produsen yang melakukan produksi.

Banyak diantaranya yang belum memahami cara menentukan harga jual untuk produk yang diproduksinya. Padahal seorang pebisnis menginginkan keuntungan berlipatgAnda dari bisnis yang dijalankannya.

Karena bagaimanapun juga, harga jual menjadi acuan para konsumen untuk menentukan apakah Anda pantas untuk dipercayakan sebagai solusi kebutuhannya atau bahkan sebaliknya. Terlebih lagi, harga jual yang Anda tentukan pada produk Anda akan memberikan pengaruh pada keberlangsungan bisnis Anda. Berikut ini strategi jitu dalam menentukan harga jual suatu produk.

1. Biaya produksi

Dalam upaya menentukan harga jual suatu produk, biaya produksi adalah salah satu anggaran yang perlu Anda perhatikan. Karena apabila Anda menentukan harga jual suatu produk namun terbebani dengan biaya produksi yang tidak tertutupi. Hal itu hanya akan membuat Anda semakin merugi.

4 Strategi Jitu Cara Menentukan Harga Jual Suatu Produk Atau Barang

2. Konsumen

Saat Anda menentukan harga jual suatu produk, Anda perlu memberikan prioritas pada pelanggan Anda. Apakah produk yang Anda tawarkan menawarkan kualitas yang sebanding dengan harga yang Anda tawarkan.

Kemudian, dalam hal ini Anda perlu memahami target konsumen Anda berada pada tingkatan seperti apa. Apakah produk yang Anda produksi untuk kalangan bawah, menengah atau atas. Apabila Anda tidak memperhatikan faktor yang satu ini, produk yang Anda tawarkan dapat berpotensi tidak laku.

3. Seberapa manfaatkah bisnis Anda

Maksud dari seberapa manfaatkah usaha Anda adalah bagaimana Anda menilai bahwa usaha yang Anda tawarkan dapat memberikan manfaat bagi orang lain sekaligus memenuhi kebutuhan dan mewujudkan pencapaian Anda. Apabila usaha yang Anda jalankan justru mendekatkan Anda dengan kerugian. Bisa jadi bahwa Anda belum memiliki kecocokan dengan usaha tersebut.

4. Kompetitor

Setiap pebisnis tentu memiliki kompetitor atau pesaingnya tersendiri. Dan untuk menentukan harga jual suatu produk, Anda dapat melihat harga jual yang diberikan kompetitor Anda pada konsumennya.

Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menentukan harga jual dari produk yang Anda produksi. Namun, perlu diingat bahwa Anda perlu menentukan harga jual tanpa mengabaikan keuntungan bisnis Anda. Jangan sampai Anda membanting harga namun malah akan berakhir dengan kekecewaan.

Baca juga : Ingin Produk Anda Direkomendasikan Oleh Konsumen? Berikut Ini Caranya

Demikianlah strategi jitu dalam menentukan harga jual suatu produk. Semoga artikel yang kami paparkan ini dapat memberikan manfaat nyata untuk Anda. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi kebingungan dalam menentukan harga jual untuk produk yang Anda tawarkan.


Leave a Reply