Tips Cara Melakukan Komunikasi Dengan Karyawan Pertama Yang Anda Rekrut

  • 0

Tips Cara Melakukan Komunikasi Dengan Karyawan Pertama Yang Anda Rekrut

Sboplaza.com – Salah satu ciri pertumbuhan bisnis dapat dilihat dari jumlah karyawan yang dimiliki. Semakin besar perusahaan, tentu akan semakin membutuhkan banyak karyawan. Untuk menjaga kelanggengan bisnis, seorang pemimpin perlu menjaga komunikasi yang baik dengan karyawan.

Karena bila komunikasi kurang terjaga dan tidak lancar, akan terjadi kesalahpahaman atau bahkan menimbulkan masalah yang baru pada bisnis yang Anda jalankan. Bila bisnis yang Anda rintis masih berada pada tahap pengembangan.

Tentu Anda baru pertama kalinya dalam hal memperkerjakan seorang pekerja. Akan sangat bijaksana bila Anda menjaga komunikasih dengan penuh kehati-hatian. Berikut ini tips berkomunikasi dengan karyawan yang pertama kali Anda rekrut.

1. Buat daftar rinci terkait job desk yang harus dikerjakan

Sebelum Anda mulai untuk merekrut seorang karyawan, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu job desk atau tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan yang nanti akan Anda rekrut.

Buatlah tugasnya serinci mungkin agar karyawan Anda nantinya akan memahami apa saja yang harus dikerjakan. Terlebih lagi hal ini juga penting untuk meminimalisir terjadinya kesalahan atau sesuatu yang terlewatkan.

2. Bangun kedekatan dengan bersikap lebih santai

Pasti ada rasa kaku saat Anda mulai membangun komunikasi dengan karyawan baru yang baru saja Anda rekrut. Untuk mengatasinya, Anda dapat bersikap lebih santai. Karena perasaan kaku justru akan membuat karyawan dihantui rasa takut melakukan kesalahan yang berlebihan. Sehingga membuat karyawan menjadi tertekan hingga akhirnya kualitas komunikasi menurun yang berakibat pada penurunan kualitas kinerja karyawan.

Cobalah berkomunikasi lebih santai. Hal ini juga memiliki manfaat lain. Diantaranya Anda dapat memahami lebih dalam terkait karyawan Anda. Namun, perlu diingat bahwa bersikap santai tidak sama dengan bersikap tidak tegas.

3. Selalu konsisten dalam melakukan komunikasi

Pastikan Anda meluangkan waktu untuk melakukan komunikasi langsung dengan karyawan Anda meskipun hanya beberapa jam dalam seminggu. Pada saat berkomunikasi langsung dengan karyawan, pastikan Anda menghindari penggunaan alat komunikasi.

Baca : Pemahaman Yang Tidak Dipercayai Oleh Orang – Orang Sukses

Karena memfokuskan diri pada hal lain saat tengah berkomunikasi hanya akan membuat komunikasi menjadi buruk bahkan karyawan akan cenderung mengurangi respect mereka terhadap Anda.

4. Bersikap jujur pada karyawan Anda

Pastikan Anda selalu jujur terhadap karyawan Anda. Kejujuran akan membuat karyawan Anda menjadi lebih menghargai Anda sebagai seorang pemimpin. Meskipun kejujuran itu mungkin menyayat hati. Tapi yang pasti, kejujuran akan mengantarkan siapapun pada proses belajar yang lebih baik.


Leave a Reply