Cara Bangkit Dari Kegagalan Usaha

  • 0

Cara Bangkit Dari Kegagalan Usaha

Sboplaza.com Pada dasarnya tidak ada seorangpun yang menginginkan usaha yang mereka rintis mengalami kegagalan. Setiap orang yang memiliki sebuah usaha pastinya menginginkan yang terbaik untuk usaha mereka. Para pengusaha pastinya ingin agar usahanya menguntungkan, sukses dan dapat berjalan dengan lancar.

Hanya saja tidak sedikit dari usaha yang mereka rintis pada akhirnya mengalami kegagalan. Baik karena faktor dalam atau dari faktor luar.

Berikut adalah cara bangkit dari kegagalan usaha:

1. Berfikiran Positif

Jika Anda ingin menjadi salah satu pengusaha yang sukses maka Anda harus tetap berfikiran positif. Walaupun tidak berpengaruh secara langsung, namun seseorang yang berfikiran negatif akan selalu memberikan dampak yang tidak baik dan akan mempengaruhi dan menghambat kesuksesan mereka. Segala sesuatu yang terjadi pasti akan mengalami perubahan. Setidaknya dengan berfikiran positif Anda dapat memotivasi diri sendiri untuk tetap bangkit dan kembali memulai usaha.

2. Menerima Keadaan

Mereka yang bisa Sukses adalah orang-orang yang tidak pernah lari dari kenyataan. Tidak ada yang selalu berjalan serba mulus di dunia ini, termasuk usaha yang Anda miliki. Jika Anda tidak pernah mengakui kegagalan Anda, bagaimana Anda bisa bangkit dan merintis kembali usaha Anda? Menerima kenyataan disini bukan pasrah dan berhenti berharap. Tapi menerima bahwa Anda sadar kalau usaha Anda telah mengalami kebangkrutan dan Anda bersedia mencari jalan keluar yang terbaik.

3. Pelajari Kegagalan

Pasti ada satu atau bahkan lebih hal yang dapat membuat usaha Anda mengalami kegagalan. Selalu ada penyebab terhadap terjadinya sebuah masalah, termasuk kegagalan yang Anda alami. Teliti dan cemati terlebih dahulu apa penyebab tersebut dan kemudian pelajari. Anda harus mengetahui apa penyebab kegagalan usaha Anda agar Anda tidak mengulangi kejadian yang sama dan lebih berhati-hati ketika muncul permasalahan yang sama.

4. Memperluas Wawasan

Mulailah dari pengetahuan dasar dan pengetahuan umum yang berkaitan dengan usaha anda. Tentunya Anda bukan orang pertama yang mengalami kegagalan. Pengalaman adalah pelajaran yang berharga. Cobalah untuk mencari tahu tentang pengalaman para senior yang terlebih dahulu menghadapi masalah yang sama namun tetap kembali bangkit dan berjaya.

5. Mencari Peluang

Hal penting lainnya setelah Anda mempelajari kesalahan adalah menemukan beberapa solusi yang tepat. Selalu ada solusi dan selalu ada peluang jika Anda memahami kesalahan dan mempelajari pengalaman-pengalaman para pebisnis lainnya. Pastikan peluang tersebut benar-benar bagus untuk perkembangan bisnis Anda.

6. Mengikuti Perkembangan Zaman

Prediksi kebutuhan pasar dan lebih selektif dalam memulai kembali usaha Anda. Kegagalan memang hal yang sulit, namun jika Anda bisa mengikuti perkembangan zaman, pastinya Anda bisa kembali bangkit dan mengembangkan usaha Anda.

7. Sedekah

Bersedekah atau menyisihkan sebagian dari pendapatan kepada orang yang lebih membutuhkan tentunya terlihat sebagai sebuah pemborosan apalagi ketika Anda sedang berupaya bangkit dari kegagakan. Tapi apakah Anda tahu? Bahwa memberi tidak selalu mengurangi pendapatan kita. Kebanyakan orang yang sukses adalah ia yang dermawan. Jadi sisihkan sedikit penghasilan Anda untuk disedekahkan.

8. Berusaha Dan Berdoa

Langkah terakhir untuk bangkit dari kegagalan adalah dengan berusaha sebisa mungkin dan jangan lupa untuk berdoa. Yakin saja, usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Baca Juga: Keuntungan Memulai Bisnis Tanpa Rekan


Leave a Reply