Jangan Sampai Anda Terkena Hack, Hindari 4 Aktivitas Ini Saat Internetan Sekarang Juga

  • 0

Jangan Sampai Anda Terkena Hack, Hindari 4 Aktivitas Ini Saat Internetan Sekarang Juga

Sboplaza.com – Tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran internet memberikan banyak manfaat. Mulai dari memberikan kemudahan dalam berkomunikasi hingga dijadikan sebagai ladang penghasilan yang menakjubkan.

Ditengah fakta mengenai kemudahan yang diberikan internet, hal itu juga berbanding lurus dengan kemudahan yang bisa saja terjadi pada Anda. Yakni kemudahan melakukan pencurian data. Pasalnya, jika Anda jengah dari kata waspada. Yang terjadi justru akan mengakibatkan hal fatal yang tidak diinginkan. Yaitu Anda bisa kena hack.

Namun sebenarnya Anda tak perlu khawatir, ditengah ramainya pencurian identitas, Anda dapat mulai menghindari melakukan aktivitas – aktivitas berikut ini saat sedang menjelajahi dunia maya.

1. Membagikan informasi pribadi di media sosial

Media sosial memang menjadi ajang yang menyenangkan untuk membagikan hal apapun. Namun, perlu disadari bahwa tidak semua hal dapat dibagikan ke media sosial.

Karena bila Anda tidak waspada, hal itu justru akan membahayakan diri Anda. Hal pribadi yang tidak dianjurkan untuk dibagikan ke media sosial diantaranya alamat lengkap, nomor kontak, tempat tanggal lahir. Selain itu, menaruh foto pribadi di media sosial juga sangat tidak disarankan.

2. Menyebarkan berita palsu

Berita palsu yang Anda sebarkan tentu akan mengancam kehidupan Anda. Selain dapat memicu kebencian, rupanya tindakan ini juga mendapat ancaman pidana.

3. Mengakses data yang sifatnya penting menggunakan fasilitas wifi umum

Siapapun tentu senang mendapatkan kesempatan wifi gratis di tempat umum. Namun perlu digarisbawahi bahwa tidak diperkenankan untuk mengakses sembarangan data saat tengah terkoneksi dengan Wifi.

Hindari mengakses web yang memiliki informasi penting didalamnya seperti informasi mengenai perbankan, data kontak pribadi dan sebagainya. Ternyata Wifi di tempat umum lebih rentan terkena ancaman hacker. Agar tetap terjaga, alangkah baiknya bila Anda hanya menggunakan Wifi yang resmi.

4. Sembarangan mengisi formulir online

Biasanya pelaku cyber crime sering memanfaatkan formulir online dalam rangka mengumpulkan data ataupun identitas. Untuk itu, jangan sembarangan mengisi formulir online. Khususnya yang tidak berasal dari situs resmi.

Baca : Waspada ! Ini Dia 5 Faktor Penyebab Meledaknya Baterai Smartphone

Demikianlah aktivitas yang perlu dihindari saat berselancar di dunia maya. Semoga ulasan ini dapat memberikan pencerahan bagi khususnya Anda yang ingin tetap aman dan terhindar dari bahaya cyber crime atau hacker.


Leave a Reply