Bagi Pemilik UKM, Begini Cara Memanfaatkan Pameran Untuk Meningkatkan Branding Dan Penjualan

  • 0

Bagi Pemilik UKM, Begini Cara Memanfaatkan Pameran Untuk Meningkatkan Branding Dan Penjualan

Sboplaza.com – Bagi pemilik bisnis skala usaha kecil menengah atau UKM, kegiatan pameran dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk melakukan aktivitas promosi yang potensial. Selain menjadi upaya untuk mengenalkan produk, diharapkan nantinya dapat menjadi pelanggan berkelanjutan. Itu sebabnya pameran UKM selalu banyak diikuti oleh khususnya pengusaha UKM itu sendiri.

Mengingat betapa menggiurkannya keuntungan yang bisa didapat dalam pagelaran pameran. Lalu bagaimana cara memanfaatkan pameran sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas branding dan penjualan?

1. Lihat tema pameran yang diselenggarakan

Sebagai pemilik usaha kecil menengah, meneliti tema pameran yang hendak diikuti menjadi suatu kewajiban yang perlu Anda penuhi. Jangan sampai Anda mengikuti pameran yang tidak sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Bila bisnis Anda bergerak di bidang fashion dan retail maka tema pameran yang wajib Anda ikuti adalah tema pameran produk local atau fashion.

2. Lihat event organizer penyelenggar dan telusuri pengalamannya

Saat ini pameran yang merangkul pengusaha UKM banyak diselenggarakan. Untuk menarik perhatian unit usaha, pihak penyelenggara seringkali menawarkan beragam keunggulan baik dari segi fasilitas maupun harga. Akan tetapi, tidak jarang pameran seringkali berakhir dengan kekecewaan yang harus diterima oleh para unit usaha yang bergabung akibat dari pola manajemen event organizer yang jauh dari kata baik.

bagi-pemilik-ukm-begini-cara-memanfaatkan-pameran-untuk-meningkatkan-branding-dan-penjualan

Untuk itu, sangat penting bagi Anda selaku pebisnis UKM untuk dapat menelusuri pengalaman event organizer dalam menyelenggarakan suatu kegiatan. Karena semakin banyak event yang pernah ditangani, semakin baik dan terstrukturlah pula pameran yang akan dijalankan nantinya. Sehingga Anda tak perlu merasakan kebimbangan lagi saat mengikuti pameran.

3. Lihat lokasi dimana pameran akan diselenggarakan

Lokasi adalah komponen penting yang perlu diperhatikan dalam berbisnis. Karena lokasi yang strategis tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi bisnis yang dijalani. Sebelum Anda mengikuti pameran, pastikan bahwa lokasi pameran tersebut diselenggarakan di tempat yang strategis. Dengan begitu, potensi kunjungan pameran akan lebih banyak mengingat tempat yang strategis tentu akan memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk berkunjung ke lokasi pameran.

Dan apabila Anda hendak memilih lokasi stand di pameran. Pastikan bahwa stand yang Anda pilih memiliki lokasi yang strategis, memiliki view yang luas dan mudah dilihat dengan jelas. Sebagai rekomendasi, lokasi stand bisa berada di area pintu masuk, di persimpangan dan di tempat yang banyak dilalui orang – orang.

4. Lengkapi alat – alat promosi

Saat Anda berupaya untuk mengikuti pameran. Sangat penting bagi Anda untuk melengkapi stand Anda dengan atribut promosi yang dibutuhkan. Seperti spanduk, souvenir, stand banner, pamphlet, sample produk atau bahkan Anda juga dapat melengkapinya dengan TV LCD yang diisi dengan iklan produk Anda. Sebagai bahan untuk memfollow-up konsumen, Anda dapat menyediakan form kunjungan konsumen. Sehingga data tersebut nantinya dapat digunakan untuk menghubungi konsumen.

Baca juga : 3 Jenis Pilihan Investasi Yang Tepat Untuk Anda Yang Memiliki Uang Kurang Dari 1 Juta

Demikianlah cara memanfaatkan pameran sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas branding dan penjualan. Semoga informasi yang kami tawarkan untuk Anda dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang ingin memanfaatkan pameran sebagai moment berharga untuk meningkatkan penjualan dan branding.


Leave a Reply