Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online?

  • 0

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online?

    Banyak orang yang ingin memulai membuka usaha bisnis online, tetapi bingung harus dari mana  untuk memulainya. Bukan modal yang besar untuk memulai membuka usaha bisnis online, tetapi hal terpenting yang harus dimiliki calon pebisnis online adalah pengetahuan tentang bagaimana cara memulai sebuah usaha online. Langsung aja kita simak yuk cara memulai Bisnis Online?

1. Menentukan Produk Apa Saja yang Akan Dijual

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan produk apa saja yang akan dijual secara online. Seperti tas, sepatu, baju, dan lain-lain.

Pilihlah produk yang Anda sukai dan kuasai karena itu akan membuat Anda lebih senang dalam menjalankan usaha tersebut.

2. Menjadi Produsen, Reseller Atau Dropshiper?

Langkah selanjutnya adalah Anda harus menentukan, apakah anda akan menjadi produsen, reseller, atau dropshiper, Anda harus menyesuaikannya tergantung dengan kondisi Anda saat ini. Lalu apa yang dimaksud dengan Produsen, Reseller, Atau Dropshiper?

Produsen adalah seseorang yang mempunyai produk. Misalnya membuat sepatu, jilbab, atau baju sendiri. Untuk menjadi produsen tentunya modal yang dikeluarkan akan lebih besar.

Sedangkan untuk menjadi reseller berarti Anda harus menjual produk orang lain dan Anda harus stok barang.  Misalnya Anda membeli barang dari produsen lalu menjualnya kembali dengan mengambil keuntungan dari harga tersebut. Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga ecer. Dan modal yang dikeluarkan pun tidak sebesar menjadi produsen.

Nah untuk menjadi dropshiper, Anda tidak butuh modal. Koq bisa? Karena seorang dropshipper bisa menjual produk orang lain tanpa perlu stok barang terlebih dahulu, dan tidak perlu pusing memikirkan proses packing dan pengiriman barang. Semua proses pengiriman akan dilakukan oleh supplier Anda.

3. Media  Promosi

Untuk menjalankan bisnis online, Anda perlu menggunakan media promosi untuk mengenalkan produk yang Anda jual kepada pelanggan.  Biasanya orang mempromosikannya lewat sosial media Facebook, Instagram dan lain-lain. Anda juga bisa menggunakan marketplace seperti Shopee, Lazada sesuai dengan marketplace yang paling cocok dengan produk Anda.

4. Strategi Promosi

Anda harus menemukan strategi promosi yang tepat untuk bisnis online Anda. Tanpa adanya strategi promosi yang tepat maka kemungkinan besar produk yang Anda jual akan sulit laku atau tidak memiliki konsumen yang setia.

Untuk itu kita bisa menggunakan strategi endorse, promosi dengan menggunakan Media Facebook Ads dan Google Adwords jika itu bisa menjadi pilihan yang tepat. Dan tentu saja kita harus banyak melakukan promosi agar peluang kita untuk berhasil akan semakin besar.

Baca Juga : Tips Pengembangan Diri yang Bermanfaat Untuk Pengembangan Bisnis Anda


Leave a Reply