Algoritma Instagram untuk Bisnis Online

  • 0

Algoritma Instagram untuk Bisnis Online

Sboplaza.com – Algoritma Instagram untuk Bisnis Online

Instagram yang menjadi salah satu social media teramai saat ini, beberapa waktu lalu merubah sistem algoritmanya. Dahulu ketika Mak membuka akun Instagram Mak akan melihat postingan terbaru paling atas.

Tetapi sekarang tidak seperti itu Instagram merubahnya sesuai dengan interaksi kita dengan para followers kita. Meski kita sering memposting foto setiap sejam sekali tetapi tidak pernah melakukan interaksi dengan followers postingan kita tidak akan muncul di bagian paling atas malah kadang tidak terlihat sama sekali oleh mereka.

Lalu bagaimana dengan nasib para pebisnis online yang menggunakan Instagram untuk berjualan? Percuma dong sudah sering upload produk tetapi para followersnya tidak pernah melihat postingan kita. Tenang Maak, Mak bisa ikuti langkah ini untuk membuat followers Mak notice dengan produk yang Mak jual.

1. Engagement

Dengan algoritma instagram yang baru sering-seringlah Mak mengingkatkan Engagement. Engagement seperti apa? Sering seringlah Mak like postingan-postingan follower Mak, meskipun hanya sekedar like tidak apa-apa tetapi alangkah baiknya jika Mak meninggalkan comment juga.

Ingat JANGAN PERNAH berkomentar tentang menawarkan barang seperi

“Cek IG kita kaka ada banyak hijab-hijab lucu terbaru”
“ Muka berjerawat dan susah dihilangkan? Kunjungi IG kita untuk solusinya” atau kata-kata lainnya seperti ini.

Kenapa tidak boleh? Karena nanti orang yang dikomentari fotonya akan merasa terganggu dan berfikiran “nyepam banget sih ini olshop” yang akhirnya membuat mereka meunfollow bahkan mereport akun olshop kita. Jadilah pebisnis online yang berkelas Mak 😛 hihihi

Bangunlah sebuah hubungan yang membuat Mak dan followers Mak nyaman seperti

“ MasyaAllah lucu sekali anaknya Mba..”
“ Semoga selalu diberi kebahagian dan keberkahan”
“Alhamdulillah…” atau kata kata positif lainnya

Dengan meningkatnya Engagement kita dengan followers sudah otomatis postingan kita akan muncul di timeline mereka.

2. DM (Direct Message)

Untuk mendekatkan diri kepada followers kita DM atau Direct Message bisa digunakan sebagai salah satu cara yang ampuh. Jika Mak melihat ada seseorang yang bertanya di kolom comment mengenai stok, harga, size dll yang berhubungan dengan produk Mak coba langsung japri info lengkapnya melalui DM ini. Comment tetap dibalas cukup dengan “cek DM ya Mba”.

Jadi akun olshop kita terlihat lebih aktif dimata pengurus Instagram 😀 hehehe Jangan lupa sapa followers kita dengan lemah lembut dan selalu sebutkan nama disetiap percakapannya ya Mak, mereka akan merasa spesial.

3. Insta Story

Fitur yang satu ini lebih disenangi oleh pengguna instagram saat ini dibandingkan dengan memposting foto. Insta Story ini akan hilang dalam waktu 24 jam, coba Mak atur waktu untuk membuat insta story. Isinya bisa berupa keadaan kantor, tim yang sedang mempacking orderan, atau stock produk, testimoni dll. Karena Insta story lebih disenangi pengguna instagram otomatis Mak otomatis followers Mak akan melihat story Mak dan akan membuat produk dan olshop lebih dikenal oleh follower Mak.

4. Live

Instagram sekarang sudah dilengkapi dengan fitur LIVE. Sesekali Mak melakukan Live, bisa dengan memberika informasi terbaru, atau ketika membeli bahan, ketika mau launching produk baru atau live lainnya yang bisa membuat followers Mak lebih aware dengan kita.

Baca: Cara Memangkas Biaya untuk Meningkatkan Profit

Dengan mengikuti 4 langkah ini pasti Mak akan lebih dekat dengan followers Mak, ketika sudah dekat? Berjualan pun akan lebih mudah.

Selamat praktek Mak, Semoga bermanfaat ^_^


Leave a Reply