7 Tips Mengatasi Persaingan Dalam Bisnis

  • 0

7 Tips Mengatasi Persaingan Dalam Bisnis

Sboplaza.com Untuk menjalankan sebuah usaha sangatlah tidak mudah, sebagai wirausahawan anda harus mempertimbangkan usaha yang sedang anda jalankan. Mulai dari modal, ide, dan mental harus anda siapkan. Jangan sampai pada saat di tengah jalan ide anda untuk mengembangkan usaha habis karena beratnya persaingan karena kalau anda tidak sungguh-sungguh dalam menjalankan usaha anda sendiri, dapat menyebabkan usaha anda menjadi bangkrut dan mengalami kerugian.

Berikut ini ada beberapa tips agar bisnis anda dapat bersaing di dalam persaingan yang ketat :

1. Mengamati Dan Mempelajari Saingan Usaha

Anda harus memperlajari apa saja yang dapat membuat produk mereka di minati banyak konsumen. Anda juga harus mempelajari kapan bisnis mereka sepi atau ramai dikunjungi konsumen. Hal ini akan menjadi strategi usaha yang bisa anda lakukan.

2. Memahami Karakter Usaha 

Anda harus mengerti dan memahami karakter usaha anda. Karena ini bertujuan agar anda dapat mencapai target market. Lakukan prinsip ekonomi yaitu mengeluarkan modal kecil untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

3. Amati, Tiru, Dan Modifikasi

Cobalah untuk mengamati perilaku pesaing, tirulah cara tersebut, dan modifikasi untuk usaha anda. Cara ini sudah banyak dilakukan untuk mengembangkan sebuah usaha.

4. Mencari Mitra Usaha

Mitra usaha berguna untuk menanam modal di usaha kita atau dengan kata lain menjalin kerjasama dengan perusahaan yang berkaitan dengan usaha anda.

5. Diskon

Memberikan diskon bertujuan untuk menarik minat konsumen, cara ini juga dapat menjadi cara untuk meningkatkan penjualan yang bisa kita terapkan di event tertentu.

6. Memberikan Pelayanan Prima

Pelayanan merupakan salah satu cara yang dapat membuat orang senang, karena di kehidupan manusia orang yang berperilaku baik ke pada orang lain itu disenangi, begitupun sebuah perusahaan ke konsumen nya. Hal ini bisa memberikan kepuasan terhadap konsumen dalam hal pelayanan.

7. Bersikap Jujur

Bersikaplah menjadi pribadi yang jujur, karena ini adalah hal yang paling penting dalam melakukan  segala sesuatu. Jangan sampai karena hanya untuk mendapatkan keuntungan yang besar anda harus membohongi konsumen anda, yang lambat laun pasti akan terbongkar dan mungkin akan menyebabkan kebangkrutan terhadap usaha anda.

Baca Juga : Tips Agar Mendapatkan Pelanggan Yang Banyak ( Bisnis Online )


Leave a Reply