7 Langkah Praktis Membuat Bisnis Plan Untuk Keperluan Usaha

  • 0
7 Langkah Praktis Membuat Bisnis Plan Untuk Keperluan Usaha

7 Langkah Praktis Membuat Bisnis Plan Untuk Keperluan Usaha

Sboplaza.com – Sebuah ungkapan mengatakan bahwa “gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan.” Untuk itu, bagi Anda yang hendak memulai langkah dalam berbisnis, perencanaan adalah hal penting yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu.

Terkadang banyak orang berfikir bahwa membuat konsep dalam bisnis atau yang lebih dikenal dengan istilah bisnis plan adalah hal yang benar – benar sulit untuk dilakukan. Nyatanya tidak demikian, membuat bisnis plan terbilang cukup mudah asalkan Anda tahu langkah – langkah yang perlu Anda lakukan. Berikut ini 7 langkah mudah membuat bisnis plan.

1. Tentukan siapa target market Anda

Langkah pertama, Anda perlu menentukan siapakah yang akan menjadi target market produk yang Anda tawarkan. Seberapa besar jangkauan pasar yang hendak Anda bidik. Perhatikan kebutuhan konsumen yang ingin Anda hadirkan sebagai solusi untuk mereka.

2. Tentukan produk bisnis Anda

Produk apa yang hendak Anda upayakan untuk menjawab solusi kebutuhan konsumen. Apakah produk tersebut termasuk ke dalam produk pengganti atau subtitusi, produk mewah atau produk kebutuhan utama.

7 Langkah Praktis Membuat Bisnis Plan Untuk Keperluan Usaha

3. Nilai keunikan produk

Pada poin ini, Anda dapat bertanya pada diri Anda sendiri. Apa keunikan dari produk yang Anda tawarkan. Mengapa mereka harus mempercayakan kebutuhan produknya pada Anda? Apa yang membuat mereka akan setia dengan produk yang Anda tawarkan.

4. Membangun komunikasi

Fikirkan cara agar konsumen dapat mengkomunikasikan kebutuhannya pada Anda. Hal ini berkaitan dengan bagaimana agar konsumen dapat melakukan repeat order atau melakukan pembelian berulang kali bahkan merekomendasikannya pada banyak orang.

5. Pilih media penjualan yang hendak Anda gunakan

Pilih media penjualan yang hendak Anda gunakan untuk menjaring lebih banyak konsumen. Apabila target market lebih sering bersosialisasi di media sosial. Maka, taka da salahnya bila Anda menggunakan sosial media sebagai tempat berpromosi.

6. Mengoptimalkan sumber daya

Sumber daya tidak sebatas modal secara materi melainkan bisa dengan keterampilan, relasi bisnis dan sebagainya. Disini Anda menentukan potensi apa yang Anda memiliki sebagai modal dalam memulai bisnis. Jika ada beberapa hal yang belum terpenuhi, Anda dapat mencari mitra bisnis.

Baca : Menguak 3 Rahasia Penting Strategi Marketing Perusahaan Apple

7. Biaya operasional bisnis

Hitunglah kebutuhan operasional bisnis Anda. Pisahkan antara kebutuhan yang rutin maupun tidak rutin. Jangan lupa, untuk mempersiapkan anggaran untuk kebutuhan yang mendadak. Tuliskan dalam bentuk laporan yang tertata rapi agar Anda dapat dengan mudah melakukan pengecekkan setiap waktu.

Demikianlah 7 langkah praktis membuat bisnis plan. Semoga ulasan artikel ini dapat memberikan manfaat nyata bagi Anda yang hendak membuat konsep bisnis atau bisnis plan demi kelancaran bisnis terbaik Anda.


Leave a Reply