5 Tips Cara Membuat Laporan Keuangan yang Tertata Rapi

  • 0
5 Tips Cara Membuat Laporan Keuangan yang Tertata Rapi

5 Tips Cara Membuat Laporan Keuangan yang Tertata Rapi

Sboplaza.com – Laporan keuangan yang tidak tertata rapi tentu akan mempengaruhi keberlangsungan bisnis. Bahkan resiko yang ditimbulkan dari kelalaian dalam merapikan keuangan bisnis dapat menyebabkan kebangkrutan. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan tersebut, maka Anda perlu menata laporan keuangan bisnis Anda sebaik mungkin.

Tips Cara Membuat Laporan Keuangan

Mungkin Anda merasa bahwa Anda telah membuat catatan laporan keuangan dan menyusunnya dalam selembar kertas. Namun, seringkali lembaran demi lembaran kertas tersebut tak ubahnya seperti coretan yang kemudian terlupakan atau bahkan tak sengaja terbuang begitu saja. Jika Anda masih dihantui rasa kesulitan dalam menyusun serta membuat laporan yang baik dan rapi. Berikut ini 5 tips cara membuat laporan keuangan yang tertata rapi.

  1. Periksa setiap bentuk transaksi yang dijalankan

Sangat penting bagi Anda untuk membiasakan diri dalam melakukan pencatatan terhadap setiap bentuk transaksi yang ada. Gunakan buku tersendiri yang akan menjadi tempat untuk memuat berbagai macam bentuk transaksi yang terjadi. Dengan membuat buku tersendiri, pastinya akan memudahkan bagi Anda untuk melakukan cek atau pemeriksaan kembali.

  1. Lakukan evaluasi keuangan akhir tahun berdasarkan laporan bulan yang ada

Apabila Anda telah senantiasa merapikan laporan keuangan setiap bulannya. Maka tidak akan sulit untuk mengevaluasi keuangan pada akhir tahun. Dengan memanfaatkan laporan keuangan bulanan, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam menyusun laporan keuangan tahunan. Karena bagaimanapun juga, laporan keuangan tahunan perlu didukung oeh berbagai macam data statistik serta beragam buki transaksi.

  1. Periksa ulang alur transaksi, minimal setiap satu minggu sekali

Anda perlu melakukan pengecekan pada setiap jenis alur transaksi keuangan adalam dalam seminggu. Jangan lupa untuk memeriksa utang – piutang usaha. Utamakan untuk menangani masalah keuangan yang telah mendekati jatuh tempo pada minggu – minggu tersebut. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah melakukan pemetaan dan strategi keuangan Anda. Sehingga apabila waktunya tutup buku, semua masalah keuangan Anda telah teratasi.

5 Tips Cara Membuat Laporan Keuangan yang Tertata Rapi

  1. Cek kas perusahaan yang ada setiap hari

Mungkin memang terdengar cukup melelahkan apabila Anda harus melakukan pengecekkan keuangan setiap hari. Namun, hal itu penting dilakukan agar Anda dapat mengetahui besarnya dana yang dimiliki untuk melanjutkan bisnis Anda. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat meminimalisir kondisi dimana Anda bisa saja kehabisan uang dalam memenuhi kebutuhan operasional bisnis Anda.

  1. Selalu selesaikan transaksi yang belum sempat terselesaikan.

Saat Anda mulai memasuki tahap kalender kerja dalam waktu sebulan, Anda perlu memperhatikan setiap rincian transaksi yang ada. Pastikan Anda memprioritaskan transaksi yang belum terselesaikan dan mendekati jatuh tempo. Jangan lupa, serasikan laporan keuangan Anda sesuai dengan jadwal keuangan yang seharusnya. Berhenti melakukan penundaan karena apabila hal ini tak dihindari. Akan berakibat pada penumpukan laporan yang justru akan memberikan kesulitan bagi Anda saat hendak menyusun laporan.

Baca : 9T Ini Adalah Jurus Pamungkas Mengalahkan Kompetitor Bisnis

Demikianlah 5 tips cara membuat laporan keuangan yang tertata rapi. Semoga informasi yang kami berikan dapat memberikan kemudahan dalam melakukan penyusunan keuangan bisnis Anda. Sehingga bisnis yang Anda jalankan dapat berkembang dengan baik karena laporan keuangan Anda tertata rapi.


Leave a Reply