5 Langkah Jitu Mempromosikan Suatu Produk di Bulan Ramadhan

  • 0
5 Langkah Jitu Mempromosikan Suatu Produk di Bulan Ramadhan

5 Langkah Jitu Mempromosikan Suatu Produk di Bulan Ramadhan

Sboplaza.com – Keberkahan bulan Ramadhan memang tidak hanya dirasakan oleh umat muslim saja, namun keberkahan dari bulan Ramadhan juga dirasakan oleh para pebisnis. Berdasarkan penelitian, perusahaan yang bergerak di bidang kuliner mendapatkan peningkata pendapatan hingga 43%.

Tak hanya perusahaan yang bergerak di bidang kuliner saja, perusahaan yang bergerak di bidang fashion juga mengalami peningkatan yang signifikan. Akan tetapi, agar dapat memanfaatkan peluang yang tersedia di bulan Ramadhan. Dibutuhkan langkah – langkah mempromosikan suatu produk di bulan Ramadhan.

1. Amati tingkah laku konsumen di bulan Ramadhan

Tak dapat dipungkiri bahwa konsumen biasanya melakukan transaksi pembelian dengan jumlah yang lebih banyak saat berada dalam kondisi lapar. Selain dengan jumlah yang banyak, konsumen juga bahkan tidak mempedulikan harga.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk meningkatkan layanan dari barang yang Anda tawarkan. Karena pada saat ini, konsumen sedang sibuk melakukan persiapan mudik dan mempersiapkan buah tangan atau oleh – oleh yang akan siap mereka bawa ke kampong halamannya.

5 Langkah Jitu Mempromosikan Suatu Produk di Bulan Ramadhan

2. Buatlah penyesuaian waktu saat melakukan promosi secara online

Di bulan Ramadhan, banyak orang yang mengakses internet pada dini hari. Hal itu terjadi karena banyak orang yang siap melakukan santap sahur. Maka dari itu, sangat tepat bagi Anda untuk melakukan promosi pada jam 03.00 -04.30 sesuai dengan zona waktu di daerah target pemasaran Anda.

Kemudian, pada siang hari juga merupakan waktu yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan promosi. Karena pada saat ini, banyak orang yang mengakses internet. Biasanya orang – orang mengisinya dengan aktivitas makan siang namun saat bulan Ramadhan tentu banyak orang yang akan berselancar di dunia maya lebih lama daripada saat diluar bulan Ramadhan karena tidak ada aktivitas makan siang.

3. Ciptakan konten promosi yang kental dengan nuansa bulan Ramadhan

Dalam upaya menghormati agama islam khususnya, Anda dapat membuat konten yang bernuansa Ramadhan. Konten bernuansa ramadhan biasanya di tAndai dengan symbol bulan sabit yang merupakan symbol umat muslim. Selain itu, kaligrafi arab juga dapat Anda gunakan dalam konten promosi Anda.

4. Pilih produk yang sesuai untuk Anda promosikan di bulan Ramadhan

Produk yang banyak diminati pada bulan Ramadhan adalah makanan dan minuman. Karena banyak orang mencari makanan dan minuman saat menjelang berbuka puasa. Namun, yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa varian makanan dan minuman yang Anda tawarkan mampu menarik minat konsumen.

5. Lakukan langkah promosi secara online maupun offline

Anda dapat melakukan langkah promosi secara offline maupun online. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk menarik banyak konsumen. Apabila Anda melakukan promosi offline Anda dapat mulai dengan memasang plang atau spanduk. Dan untuk promosi online, Anda dapat memanfaatkan sosial media.

Baca juga : 6 Contoh Ide Peluang Usaha Menjanjikan di Bulan Ramadhan

Demikianlah ulasan lengkap mengenai langkah – langkah cara mempromosikan suatu produk di bulan Ramadhan. Semoga artikel yang kami tawarkan ini dapat memberikan manfaat terbaik bagi Anda yang ingin memanfaatkan peluang berharga di bulan Ramadhan untuk meningkatkan pendapatannya.


Leave a Reply