5 Cara Ampuh Menumbuhkan Sikap Loyalitas Pada Karyawan

  • 0

5 Cara Ampuh Menumbuhkan Sikap Loyalitas Pada Karyawan

5 Cara Ampuh Menumbuhkan Sikap Loyalitas Pada Karyawan – Bagi seorang pebisnis, hendaknya karyawan tidak hanya sekedar sosok yang memiliki hubungan kerja semata. Melainkan sebagai sosok yang tak boleh Anda abaikan karena memiliki peran penting dalam kesuksesan bisnis Anda.

Dalam hal ini, tentu karyawan dapat disejajarkan sebagai asset berharga yang perlu Anda perhatikan. Buatlah karyawan Anda merasa betah dan mencintai pekerjaannya secara maksimal. Berikut ini cara ampuh menumbuhkan sikap loyalitas pada karyawan.

1. Menciptakan kultur yang menyenangkan di perusahaan

Loyalitas karyawan dapat dipupuk dengan cara menciptakan kultur menyenangkan di perusahaan. Kultur menyenangkan ini bisa berbentuk acara outing bersama, nonton bersama, makan bersama atau berbagai hal yang tidak melulu soal pekerjaan.

Dengan begitu, akan tumbuh kebersamaan di dalam perusahaan. Karena sesungguhnya kehidupan tidak hanya bercerita tentang bagaimana memenuhi perut yang lapar namun ada sisi lain bernama kebersamaan.

2. Berikan karyawan kebebasan

Kebebasan yang diberikan pada karyawan bukanlah kebebasan tanpa batasan. Melainkan kebebasan yang mampu menciptakan loyalitas pada karyawan. Berikan kebebasan pada karyawan untuk bekerja sesuai bidangnya dan mempelajari hal yang dicita-citakannya. Dengan begitu, karyawan akan merasa loyal bekerja di perusahaan Anda.

3. Memberikan apresiasi atas prestasi karyawan

Metode yang penting untuk Anda praktekkan di perusahaan Anda. Adalah dengan selalu memberikan apresiasi pada karyawan setiap kali mereka mengukir prestasi maupun mengerjakan tugas yang diamanahkan dengan baik. Jangan ragu untuk memberikan pujian pada karyawan Anda. Dan pastikan, berikan pujian terbaik yang paling tulus dari lubuk hati terdalam.

4. Memenuhi hak karyawan

Sebagai pemimpin bisnis, karyawan tentu tidak semata – mata direkrut untuk memenuhi kewajibannya saja. Melainkan ada hak – hak yang perlu Anda upayakan serta penuhi seperti upah, fasilitas di tempat kerja, tunjangan hari raya, keamanan dan sebagainya. Jika semua hak karyawan terpenuhi maka karyawan akan merasa nyaman dan lebih fokus saat bekerja.

5. Memberikan bonus pada karyawan

Demi meningkatkan loyalitas karyawan, Anda dapat memberikan bonus. Bonus yang dapat Anda berikan sifatnya bisa bermacam – macam. Seperti bonus profit keuntungan, bonus akhir tahun, bonus kinerja karyawan dan sebagainya. Dengan begitu, perusahaan juga akan terlihat lebih professional dan mengapresiasi karyawan.

Baca : Tips Jitu Menghemat Pengeluaran Di Bulan Ramadhan

Intinya, loyalitas karyawan memang tidak dapat diukur menggunakan standar tertentu. Namun, menerapkan rangkaian tips yang telah dipaparkan sebelumnya merupakan upaya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga serta meningkatkan loyalitas karyawan.


Leave a Reply