4 Tips Cara Mempromosikan Bisnis Dengan Memanfaatkan Merchandise

  • 0

4 Tips Cara Mempromosikan Bisnis Dengan Memanfaatkan Merchandise

Sboplaza.com – Dalam istilah marketing, tentu dikenal suatu media promosi yang digunakan sebagai hadiah ataupun mempromosikan bisnis yakni merchandise. Jenis merchandise ini sifatnya beragam. Mulai dari barang pecah belah, kaos, tas, buku catatan dan beberapa barang yang memiliki kaitan langsung dengan bisnis yang dipromosikan.

Faktanya, strategi marketing dengan cara memberikan produk merchandise sebagai bentuk hadiah masih banyak diminati. Hal ini terbukti dari banyaknya konsumen yang senang memilih produk karena alasan hadiah tambahan. Bagi konsumen, merchandise dalam sebuah produk bisa memberikan kebanggaan dan keuasan tersendiri. Terlebih lagi, produk merchandise pun memiliki nilai guna yang bisa dimanfaatkan.

Kemudian bagaimana cara terbaik agar langkah promosi bisnis dengan memanfaatkan merchandise ini dapat berhasil? Berikut ini 4 tips cara mempromosikan bisnis dengan memanfaatkan merchandise.

  1. Beri merchandise yang bermanfaat bagi konsumen

Saat Anda hendak menentukan merchandise yang tepat untuk produk bisnis Anda. Pastikan bahwa produk tersebut dapat memberikan manfaat bagi konsumen. Mungkin Anda pernah melihat dimana sabun colek dapat berhadiah piring cantik. Pada poin ini, dapat dilihat bahwa brand sabun colek tersebut memberikan piring sebagai merchandise. Dan mengapa piring dipilih sebagai barang merchandise karena piring terbukti memiliki nilai kegunaan bagi konsumen.

  1. Perhatikan masalah anggaran keperluan promosi

Menjalankan strategi promosi dengan memanfaatkan merchandise tentu akan mengeruk anggaran lebih banyak. Maka dari itu, saat hendak menjalankannya Anda perlu mempertimbangkannya dengan matang. Jangan biarkan anggaran promosi merugikan dan menghambat perkembangan bisnis Anda.

tips-cara-promosi-menggunakan-merchandise

Sumber : cargocollective.com

Namun, perlu dicatat adalah hanya karena berkeinginan untuk menghemat anggaran lalu kualitas merchandise menjadi sesuatu yang Anda abaikan. Anda perlu berhati – hati karena ini akan menjadi boomerang bagi bisnis Anda sendiri. Karena saat konsumen mendapati merchandise tidak berkualitas, tentu mereka akan kecewa.

  1. Pilih merchandise yang sesuai dengan target market

Saat Anda menentukan merchandise sebagai media promosi Anda. Pertimbangkan terlebih terlebih dahulu target market yang hendak dibidik. Sederhananya adalah seperti contoh pemilihan piring cantik sebagai merchandise pada produk sabun colek. Alasannya karena target marketnya adalah kaum wanita juga ibu rumah tangga.

  1. Menyesuaikan merchandise berdasarkan event yang sedang ngetrend

Dengan mengikuti trend yang sedang berkembang, tentu hal ini akan mempermudah bagi Anda untuk menarik minat konsumen Anda melalui merchandise. Tidak ada batasan untuk memilih tren apa yang sesuai. Anda hanya perlu berfikir kreatif tentang merchandise apa yang dapat gunakan sebagai media promosi.

Baca : Berhenti Berdo’a Sekarang Juga !

Demikianlah 4 tips cara mempromosikan bisnis dengan memanfaatkan merchandise. Semoga ulasan ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda yang hendak menjalankan strategi promosi jitu menggunakan merchandise. Cara ini tentu dapat Anda terapkan pada bisnis Anda.


Leave a Reply