4 Cara Mengatur Keuangan Bagi Seorang Pengusaha

  • 0

4 Cara Mengatur Keuangan Bagi Seorang Pengusaha

Sboplaza.com – Selain memiliki kebebasan dalam mengatur jam kerja, seorang wirausaha juga memiliki peluang untuk meningkatkan jumlah pendapatan. Namun, dibalik semua hal yang terlihat menggiurkan dari seorang pengusaha. Sebenarnya kondisi akan menjadi sangat buruk apabila Anda lalai dalam mengelola keuangan.

Bukan hal yang mustahil apabila Anda lalai dalam melakukan perencanaan keuangan, Anda akan mendapati kenyataan buruk terkait bisnis Anda. Seperti bisnis yang gulung tikar, merugi dan sebagainya. Untuk itu, mulai sekarang Anda perlu mengetahui cara mengatur keuangan bagi seorang wirausaha. Berikut ini ulasannya:

1. Saat mendapatkan untung berlimpah, hindari membeli barang yang tidak dibutuhkan

Saat mendapatkan keuntungan yang berlimpah, Anda perlu melakukan pengendalian diri agar tidak terjebak pada keinginan untuk membeli barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Agar Anda dapat melakukan pengendalian diri, bayangkan bila di bulan selanjutnya Anda belum tentu memiliki keuntungan dengan jumlah yang saat ini Anda miliki.

Atau bayangkan bahwa diluar sana masih banyak orang yang membutuhkan pertolongan Anda. Dengan mengingat hal itu, diharapkan Anda tergerak hatinya untuk mengalokasikan dana atau keuntungan yang Anda miliki untuk memberikan manfaat yang terbaik pada orang – orang di sekitar Anda.

2. Buatlah rancangan pengeluaran anggaran berdasarkan rata – rata penghasilan bersih Anda

Langkah pertama, Anda perlu mengetahui berapa jumlah pengeluaran yang harus Anda keluarkan setiap bulannya. Selanjutnya, setelah Anda mengetahui berapa jumlah pengeluaran Anda. Anda dapat menjalankan aksi disiplin budget.

Dimana Anda memiliki keyakinan teguh bahwa seberapa banyak penghasilan yang Anda dapatkan. Anda hanya akan mengeluarkan uang sejumlah pengeluaran yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Hal ini sangat penting Anda lakukan demi menjaga kestabilan finansial Anda.

3. Bayarkan seluruh tagihan saat Anda masih mengantongi uang

Faktanya, akan selalu ada godaan yang menerpa saat Anda memiliki uang. Seringkali ada keinginan yang tiba – tiba saja mengudara di kepala Anda saat Anda memiliki uang. Untuk itu, pastikan Anda telah membayarkan seluruh tagihan yang Anda miliki. Jangan sampai Anda melewatkan semua tagihan yang Anda miliki. Setelah Anda selesai membayarkan seluruh kewajiban yang Anda miliki. Barulah Anda dapat memanfaatkan sisanya.

4. Memisahkan antara rekening untuk kebutuhan pribadi maupun operasional

Bagi khususnya seorang pengusaha, kesalahan dalam mengatur finansial yang sering terjadi adalah mencampuradukkan antara uang investasi, pribadi maupun tabungan dalam satu rekening.

Baca juga : Sebelum Berpartner, Simak Ini Dulu Biar Gak Nangis Di Pojokan

Padahal, mencampuradukkan uang yang Anda miliki dalam satu rekening hanya akan membuat Anda kesulitan untuk mengelolanya. Terlebih lagi, tanpa sengaja bisa saja uang yang tadinya hendak digunakan untuk kebutuhan investasi malah terpakai tanpa sengaja.

Demikianlah 4 cara mengatur keuangan bagi seorang pengusaha. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat serta pencerahan bagi Anda yang khususnya ingin terhindar dari bahaya penyalahgunaan finansial yang dapat membahayakan perkembangan bisnis Anda.


Leave a Reply