Bingung Menentukan Merk Bisnis? Kenali 3 Jenis Merk Berdasarkan Tujuan Produknya

  • 0

Bingung Menentukan Merk Bisnis? Kenali 3 Jenis Merk Berdasarkan Tujuan Produknya

Sboplaza.comBingung Menentukan Merk Bisnis? Kenali 3 Jenis Merk Berdasarkan Tujuan Produknya Satu poin yang tak akan mungkin terlupakan dalam mengembangkan bisnis adalah merk. Ya, merk memang terbukti menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan. Karena merk akan mencerminkan identitas Anda yang sebenarnya.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih merk yang tepat serta dapat memberikan keuntungan untuk bisnis Anda. Sebelum Anda menemukan merk yang tepat untuk bisnis Anda, berikut ini macam – macam merk berdasarkan tujuan produk itu sendiri.

1. Merek Citra

Sesuai namanya, merek jenis ini memiliki tujuan penting untuk mengangkat citra siapapun yang memakai produknya. Jadi, merk yang satu ini mampu memberikan nilai tambah bagi si pemakai produk. Misalnya seorang produsen memberikan label gaun glamour pada produknya. Kata glamour ditambahkan pada merk dalam rangka mengangkat citra pemakainya untuk selalu terlihat glamour dan akan terlihat elegan saat menggunakan gaun dengan merk tersebut.

Umumnya, orang yang menggunakan merk seperti ini mayoritas adalah bisnis yang memiliki target kelas atas. Kemudian bisnis menggunakan merek citra juga memperhatikan strata maupun gengsi pemakainya.

2. Merek Fungsional

Merek fungsional adalah merk yang dibubuhkan dalam upaya memberikan presepsi pada konsumen bahwa produk maupun layanan bisnis yang kita tawarkan dapat memberikan kenyamanan pada konsumen. Dalam pemilihan merek fungsional, upayakan untuk tidak salah memilih karena apabila salah memilih justru malah citra buruk yang akan ditangkap oleh presepsi konsumen Anda.

Sebagai contoh, saat Anda membuka bisnis laundry dan memberikan merk laundry tersebut dengan merk harum. Hal itu akan memberikan kesan positif pada konsumen bahwa jasa laundry yang ditawarkan akan memberikan keharuman yang nyata untuk konsumen.

3. Merek Eksperiensial

Tujuan merk selanjutnya adalah merek eksperiensial. Kata eksperiensial sendiri bermakna kesan atau menunjukan realita yang ada. Jadi, tujuan dari merk ini adalah untuk memberikan pengalaman berupa kesan nyata yang dapat dinikmati oleh konsumen.

Contohnya dapat terlihat dengan merk Café Jadul. Semua orang tentu pergi ke café dalam rangka menghabiskan waktu sambil menikmati sajian makanan dan minuman yang dihidangkan disana. Dengan kata jadul yang menjadi merek atau nama café itu. Konsumen dapat dengan mudah menangkap kesan yang tampak. Bahwa café tersebut pastinya akan menawarkan desain café se-jadul mungkin.

Baca : Agar Tidak Salah Pilih, 5 Hal Ini Penting Untuk Dipertimbangkan Sebelum Memilih Lokasi Bisnis

Merek yang satu ini memang memiliki segmentasi khusus. Sehingga tak heran bila orang yang datang ke café jadul adalah orang – orang yang ingin menikmati serta menyukai konsep jadul. Untuk itu, sebelum menentukan tujuan merk seperti ini. Anda perlu melakukan pertimbangan khusus agar target konsumen yang hendak dibidik tepat pada sasaran.

Demikianlah ulasan mengenai macam – macam merk berdasarkan tujuan produk itu sendiri. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi Anda yang hendak menentukan merk yang tepat untuk bisnis Anda.


Leave a Reply