Monthly Archives: December 2018

  • 0

Tips Menjalankan Bisnis Meskipun Tidak Memiliki Gelar Akademik

Sboplaza.com – Faktanya, siapapun dapat menjalankan bisnis tanpa harus memiliki gelar akademik. Karena memang gelar akademik tidak menjamin kesuksesan bisnis Anda.

Justru upaya Anda dalam menjalankan bisnis adalah penentu kesuksesan bisnis Anda yang sebenarnya. Meskipun banyak materi bisnis yang didapat selama berada di bangku universitas. Nyatanya, kesuksesan bisnis hanya dapat terwujud dengan melakukan praktek.

Seperti halnya Ralph Lauren, seorang desainer yang sukses berbisnis di bidang fashion. Padahal ia tidak memiliki gelar bisnis. Hal itu tentu membuktikan bahwa bisnis memang tidak menuntut gelar akademik.

Namun yang pasti, Anda perlu berwawasan untuk menjalankan bisnis. Berikut ini langkah yang dapat Anda lakukan dalam membangun tips menjalankan bisnis meski Anda tidak memiliki gelar akademik sekalipun.

1. Temukan mentor bisnis yang tepat

Anda perlu menemukan mentor bisnis yang tepat dan berpengalaman. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis Anda. Seorang mentor bisnis tentu akan memberikan saran dan solusi yang tepat terhadap setiap permasalahan maupun kendala bisnis Anda. Tak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan solusi dalam upaya mempertahankan bisnis Anda.

2. Temukan investor yang tepat

Bila Anda belum memiliki cukup biaya untuk membiayai seluruh kebutuhan bisnis Anda. Solusinya adalah dengan mencari investor yang bersedia untuk melakukan investasi di dalam bisnis Anda. Dalam upaya meyakinkan investor, Anda perlu membuat perencanaan bisnis yang meyakinkan dan memiliki prospek yang menguntungkan.

3. Membangun partnership atau kerja sama bisnis

Agar bisnis Anda dapat berjalan dengan baik, Anda dapat mulai membangun kerja sama bisnis yang baik dengan berbagai pihak yang dapat mendukung perkembangan bisnis Anda.

Kerja sama bisnis akan memberikan manfaat mulai dari segi marketing, sumber daya manusia ( SDM ) maupun peralatan logistic lainnya. Tips untuk mendapatkan kerja sama bisnis adalah dengan menghadiri setiap perkumpulan para pebisnis.

4. Fokus dan konsisten dalam menjalankan bisnis

Bentuk konsistensi dalam menjalankan bisnis adalah dengan terus mengupayakan inovasi dalam berbisnis. Tapi dalam berinovasi, tentu Anda tidak diperkenankan untuk melakukan inovasi dengan kesan “terburu-buru” segala sesuatunya benar – benar harus diperhitungkan. Dengan melakukan konsistensi yang terstruktur, bisnis Anda pastinya akan mengalami perkembangan.

Baca : Cara Menemukan Ide Bisnis Yang Tepat Untuk Dijalankan

Demikianlah langkah yang dapat Anda lakukan dalam membangun bisnis meski Anda tidak memiliki gelar akademik sekalipun. Semoga ulasan yang kami paparkan dapat memberikan manfaat berharga bagi siapapun yang membacanya. Terlebih lagi khususnya untuk Anda yang ingin membangun bisnis serta mengembangkannya sekalipun tidak memiliki gelar akademik.


  • 0
Cara Menemukan Ide Bisnis Yang Tepat Untuk Dijalankan

Cara Menemukan Ide Bisnis Yang Tepat Untuk Dijalankan

Sboplaza.com – Gejolak peningkatan harga barang – barang kebutuhan tentu menjadi penyebab utama mengapa orang – orang memutuskan untuk berbisnis sekalipun bisnis tersebut adalah bisnis sampingan. Akan tetapi, terdapat kendala saat hendak menjalankan bisnis.

Kendala tersebut berupa ketidaktersediaannya ide bisnis yang hendak dijalankan. Sehingga tak jarang hal itu menimbulkan kebingungan. Oleh karena itu, bagi Anda ingin memulai bisnis namun belum memiliki ide bisnis yang tepat. Berikut ini sumber inspirasi bisnis yang dapat Anda jadikan ide bisnis yang tepat untuk dijalankan.

Cara Menemukan Ide Bisnis Yang Tepat Untuk Dijalankan

1. Hobi

Ide bisnis bisa Anda dapatkan dari hobi yang Anda tekuni. Berbisnis dengan mengandalkan kegemaran atau hobi tentu akan menjadi pilihan bisnis yang tepat. Karena Anda tentu akan sangat mendalami sesuatu yang Anda sukai. Terlebih lagi, Anda juga akan merasa lebih bersemangat saat menjalankannya.

2. Keterampilan yang dimiliki

Anda dapat menjalankan bisnis dari keterampilan yang Anda miliki. Adapun keahlian yang memiliki potensi menghasilkan diantaranya menulis, desain, memasak, farmasi, menjahit, mereparasi computer, meraparasi kendaraan, mereparasi gadget dan sebagainya.

3. Melihat kesempatan yang ada

Untuk memulai bisnis yang berasal dari kesempatan yang ada tentu membutuhkan kemampuan untuk menganalisis lingkungan sekitar. Dalam hal ini, Anda dapat menciptakan bisnis yang disesuaikan dengan kebutuhan orang banyak.

Misalnya saja, Anda dapat menciptakan bisnis di bidang jasa pembuatan website dengan target market para pebisnis yang ingin meng-online kan bisnis nya namun terkendala dengan kemampuan untuk membuat website. Diluar sana, masih banyak peluang bisnis yang dapat Anda temukan dengan syarat Anda benar – benar jeli dalam menganalisa.

4. Ide bisnis dari sesuatu yang diciptakan sebagai suatu kebutuhan

Anda dapat menciptakan bisnis dengan maksud menciptakan sesuatu yang dibutuhkan. Misalnya, bisnis kuliner di bidang kebab. Pada awalnya, kebab menjadi sesuatu yang tidak dibutuhkan. Namun pada akhirnya menjadi suatu kebutuhan karena ternyata banyak pecinta kebab yakni makanan khas turki tersebut.

5. Menjalankan bisnis karena faktor permintaan

Anda dapat menjalankan bisnis yang sifatnya untuk memenuhi kebutuhan. Karena pastinya bisnis di bidang kebutuhan tak akan pernah ada habisnya. Misalnya, Anda berbisnis di bidang penjualan beras atau barang sembako.

Baca : Cara Mendapatkan Pertolongan Allah

Setiap orang tentu membutuhkan beras untuk bertahan hidup dan hal ini dapat Anda manfaatkan. Selain daripada bisnis di bidang kebutuhan sembako, Anda juga dapat berbisnis di bidang penjualan sarana ibadah seperti mukena, sarung dan sebagainya.

Demikianlah sumber inspirasi bisnis yang dapat Anda jadikan ide bisnis yang tepat untuk dijalankan. Semoga ulasan ini dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang mendambakan bisnis yang tepat untuk dijalankan. Karena pada akhirnya, berbisnis adalah tentang bagaimana Anda melakukan yang terbaik untuk diri Anda dan bisnis yang Anda jalankan.


  • 0

Cara Mendapatkan Pertolongan Allah

Sboplaza.com – Saya kan juga manusia biasa ya 😅 Bukan wonderwoman. Kadang lelah jiwa raga, kadang muncul rasa males, jenuh, mumet, pusing jawabin chat lebih dari 100 tiap harinya 😅

Seperti hari ini.. setelah kmaren 2 hari ikut pelatihan FINANCE & ACCOUNTING, pikiran jadi kusut 😅 banyak banget PR nya 😱 Duuuuh chat masih banyak yang belum dijawab.

Tiba-tiba saya inget.. kalo kita bantu orang lain, Allah akan bantu kita 😍 gitu katanya Mak. aamiin.. mari kita bongkar inbox 😉 eh nemu chat dari peserta yang rajin ngerjain PR. Duuuh rasanya energiku terisi kembali 😍

Ternyata dengan melihat kebahagiaan orang lain, kita akan ikut jadi bahagia. Dan energi positif yang dihasilkan mampu meluluhan energi negatif.

Duh aku bingung berbuat baik apa ya? Nolongin orang gimana, aku juga lagi susah.
Mak… yang namanya nolongin gak harus dalam suatu hal yang besar. Banyak kegiatan kecil namun bisa menghasilkan energi positif yang besar.
Misalnya..

– Gabung bersama Tim Kecanduan Sedekah bersama Teh Rochma Firdaus
– Sedekah nasi bungkus sehari 1.
– Kasih telor sekilo ke tetangga yang kurang mampu.
– Beli sendal jepit 1 pasang, taro di Masjid
– Beli kain pel/lap kasih ke Masjid.
– Lemari udah penuh sesak, pilihin yang udah gak dipake, sedekahin.
– Jadi tempat curhat teman yang lagi ada masalah. Lalu beri nasehat yang baik atau menyemangatinya.
– Cek didapur. Berapa banyak piring, gelas, sendok dan peralatan lainnya yang gak dipake, sedekahin aja.
– Bisa akutansi, ajarin ke temen yang lagi kusut keuangannya.
– Bisa gambar, bikinin logo teman-teman.
– Jadi jembatan antara 2 orang yang saling membutuhkan.

Baca : Ssssttt…Jangan Bilang Siapa – Siapa Ya, Ini Harga Yang Harus Saya Bayar Untuk Mempertahankan Razha

Buka mata dan hati untuk lebih peka terhadap KEBAIKAN yang bisa kita berikan. Dengan harapan nencari ridho Allah. Jadi ketika lagi kusut dengan MASALAH yang kita hadapi. Jangan terlalu fokus pada masalah. FOKUS PADA SOLUSI. Salah satu caranya dengan memohon pertolongan Allah. Bantu orang lain…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”